Millenial Ingin Beli Properti? Yuk, Simak 3 Tips dari Ayu Gani

Pada umumnya, bagi pekerja pada kalangan millenial memiliki penghasilan yang terbilang cukup besar. Seharusnya walau masih di retang usia 20-30 tahun tak ada salahnya memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, termasuk membeli properti. Sebab, kebanyakan millenial pastinya masih tinggal bersama orang tua dan secara tidak langsung kebutuhan lainnya masih dipenuhi oleh orang tua.

Namun pada kenyataannya, justru diprediksi tidak akan mampu membeli properti seperti rumah atau apartemen sebagai hunian pribadi. Hal ini tentu saja gaya hidup tinggi yang dijalani selama ini menjadi penyebab utamanya.

Selalu mengikuti tren fashion, teknologi, hingga memakai brand ternama membuat millenial cenderung melupakan pentingnya menabung dan investasi dalam bentuk perumahan. Padahal di sisi lain, memiliki properti dalam bentuk hunian pribadi begitu penting dan menjadi salah satu aset yang wajib dimiliki.

Untuk membangkitkan tingkat kesadaran, yuk simak kisah Ayu Gani menyoal pentingnya hunian pribadi serta ada tiga tips darinya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Ayu Gani: Jangan Tunda Terlalu Lama

 

A post shared by Ayu Gani 🐘 (@ganegani) on

Ayu Gani adalah millenial yang berprestasi di bidang modeling Indonesia. Mulai dikenal semenjak dirinya memenangi Asia’s Next Top Model.

Dara cantik ini menyadari betul betapa pentingnya memiliki hunian pribadi sejak muda. Tinggal di apartemen dengan kawasan ramainya ibukota, menjadi pilihan Ayu Gani sebagai hunian pribadinya. Pikirnya, daripada menyewa dan mengeluarkan budget sekitar Rp6 jutaan setiap bulannya, gadis ini memutuskan untuk membeli apartemen pertamanya beberapa tahun yang lalu.

Menggunakan budget yang hampir sama dengan rata-rata biaya sewa yang dikeluarkannya setiap bulan, Ayu Gani bisa menyelesaikan cicilan untuk apartemen pertamanya tersebut.

Bukan hanya itu saja, setelah sukses dengan cicilan apartemen pertamanya, Ayu Gani juga memberanikan diri untuk mengambil beberapa cicilan apartemen yang baru. Pembelian ini dimaksudkan sebagai bentuk investasi properti yang kelak akan menjadi jaminan masa depan.

 

Menurutnya, harga apartemen yang selalu meningkat setiap tahunnya, sehingga investasi di properti merupakan langkah yang cukup menjanjikan di masa yang akan datang.

Jika melihat kesuksesan gadis yang satu ini, maka memiliki hunian di masa muda tentu bukan sebuah hal yang tidak mungkin, bukan?

Bagi millenial yang masih ragu memiliki hunian pribadi atau terjun di investasi properti seperti apartemen, simak tipsnya dari Ayu Gani:

  • Pilih Lokasi yang Tepat

lokasi
Pilih lokasi properti yang tepat

Pertimbangan lokasi tentu menjadi hal utama dalam investasi properti, sebab hal ini akan sangat mempengaruhi harga properti itu sendiri. Bukan hanya itu saja, pemilihan lokasi ini juga perlu pertimbangan lainnya, jika ternyata kelak properti yang dibeli akan digunakan secara pribadi.

Pilihlah lokasi terbaik, dimana kondisi lingkungan dan juga fasilitas pendukung lainnya seperti akses jalan raya, stasiun kereta, terminal bus hingga mal dan sebagainya sangat memadai.

Baca Juga: Investasi Apartemen di Luar Negeri, Apakah Menguntungkan?

  • Pertimbangkan Reputasi Developer

deal properti
Pertimbangkan reputasi developer

Sebagaimana investasi lainnya, membeli properti seperti apartemen akan memiliki risiko. Hal ini tentu sangat penting diketahui oleh investor pemula menyoal bagaimana mengelola berbagai risiko yang akan dihadapi nantinya dengan baik sejak awal.

Untuk meminimalisir terjadinya risiko, sebaiknya pilih developer yang memiliki reputasi terbaik di pasaran. Artinya pilihlah mereka tidak memiliki kasus ataupun masalah lainnya terkait dengan bisnis properti yang dijalankan. Cermati juga izin pembangunan dan hal lainnya yang terkait dengan properti yang akan Anda beli, sehingga kelak investasi ini tidak menimbulkan masalah yang bisa saja akan mengalami kerugian di masa yang akan datang.

  • Sisihkan Pendapatan untuk Cicilan

tabungan bank
Sisihkan pendapatan untuk cicilan properti

Jadikan cicilan properti sebagai salah satu pos terpenting di dalam keuangan. Segera sisihkan 30-40% penghasilan untuk kebutuhan prioritas yang satu ini. Hal ini akan sangat membantu mengatasi berbagai masalah, seperti gagal bayar atau terjadinya penunggakan cicilan di masa yang akan datang. Kelola juga keuangan dengan baik, yakni dengan melakukan penghematan untuk berbagai pengeluaran yang tidak begitu penting.

Baca Juga: Lebih Baik Membeli Apartemen atau Rumah? Ini Jawabannya

Beli Sejak Muda dan Jadikan Prioritas

Memiliki properti menjadi hal yang kerap terlupakan ketika masih muda, terutama kalangan millenial yang cenderung memilih gaya hidup yang tinggi ketimbang membeli properti. Mulailah ubah pikiran tersebut, sebab properti menjadi salah satu bentuk investasi yang sangat penting. Beli dan jadikan investasi properti sebagai prioritas sejak muda. Dengan begitu, kelak investasi ini akan menghasilkan dan memberi manfaat maksimal di keuangan di masa mendatang.

Baca Juga: Tips Mudah untuk Berinvestasi Properti bagi Pemula