Minuman Kopi Lada Hitam dan Prospek Bisnisnya. Berani Coba?

Lada Hitam
Ilustrasi lada hitam butir dan lada hitam bubuk

Cermati.com, Jakarta – Kopi dengan susu, kopi dengan jahe, dan paling ‘banter’ kopi dengan cheese memang hal yang lumrah. Tapi bagaimana bila kopi dicampur dengan lada hitam?

Baru-baru ini mencuat viralnya menikmati secangkir kopi yang tak biasa, karena dibubuhi rempah yang umumnya sebagai bumbu masakan. Kedengannya memang aneh, tapi inilah faktanya, fenomena kopi lada hitam mulai jadi minuman kekinian.

Kebayang enggak rasanya? Minum kopi tapi ada rasa ladanya? Mungkin yang ada di benak adalah “Ini minum kopi apa makan sop?” Ya, sepertinya tak bisa hanya sekadar dibayangkan, baiknya dicoba saja.

Bukan hanya soal mencicipi rasanya, tapi bisa menjajalnya buat peruntungan dalam berbisnis minuman kopi yang lagi naik daun belakangan ini. Seperti apa sebenarnya rasa kopi lada hitam dan prospek bisnisnya? Cermati.com ulas lebih lanjut.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Rasa Unik dari Pedasnya Lada Hitam dan Pahitnya Kopi

Kopi
Ilustrasi secangkir kopi

Tepatnya pada 2013, BPTP Balitbangtan Kepulauan Bangka Belitung sebagaimana dilansir dari KabarTani, menemukan racikan kopi lada hitam ini. Penasaran bagaimana rasanya?

Merica atau kerap disebut lada memang punya ciri rasa tersendiri, yakni pedas khas lada yang cenderung hangat atau bukan pedas terbakar laiknya cabai. Dipadukan dengan asam serta pahitnya kopi, menghasilkan sensasi rasa minuman kopi yang unik.

Minuman kopi lada hitam ini biasanya bisa dinikmati dengan racikan murni ataupun dibubuhi bahan lain seperti gula, krimer, susu, dan lainnya. Rasa unik dari pedasnya lada hitam dan pahitnya kopi diakui oleh para penikmat kopi.

Apa kata mereka tentang minuman kopi lada hitam ini? Berikut sepenggal kumpulan penikmati kopi yang mencicipi minuman kopi lada hitam.

“Sepertinya ada sensasi tersendiri dari kopi yang dicampur lada hitam ini. Cukup tertarik mencoba,” kata Cahyadi, mahasiswa IKIP PGRI Pontianak seperti dikutip dari Tribunnews.

“Suka banget, enak rasanya. Nyari ini (kopi lada hitam) susah banget, jarang yang jual,” tulis Stephanie dalam ulasan dari pembelianya pada penjual di marketplace Tokopedia.

Baca Juga: Strategi Manajemen Pemasaran Tepat: Konsumen Terpikat, Bisnis Anda Maju Pesat

Khasiat Minuman Kopi Lada Hitam

Minum Kopi
Ilustrasi minum kopi

Kopi lada hitam memang bukan minuman baru lagi. Minuman ini sudah dikenal sejak beberapa tahun lalu dan diketahui memiliki khasiat bagi kesehatan, salah satunya karena bisa menghangatkan badan.

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada beberapa manfaat atau khasiat dari minuman kopi lada hitam ini karena zat yang terkandung dalam kopi dan lada hitam, di antaranya:

1. ‘Mood Booster’ dan Bikin Kinerja Fisik Meningkat

Mood Booster
Tingkatkan suasana hati yang baik

Semua juga tahu bahwa kafein yang terkandung dalam biji kopi bisa memberikan mood booster atau mendorong suasana hati bagus dan meningkatkan kinerja fisik alias jadi bersemangat dalam beraktivitas. Karena kafein merangsang sistem saraf yang akan memecah lemak dalam tubuh.

Selain itu, kafein juga memberikan dorongan kadar epinefrin atau adrenalin dalam darah, sehingga penelitian dalam ilmu biomedis Universitas Luton menyebutkan bahwa kinerja fisik meningkat 11-12 persen karena kafein.

Begitu juga dengan kopi yang dicampur dengan lada hitam ini, dengan kandungan kafein dalam kopi ditambah manfaat lada hitam karena kandungan capsaicin yang menyebabkan rasa pedas, membuat tubuh semakin hangat dan segar.

2. Bikin Semangat karena Menekan Stres dan Depresi

Stres Pekerjaan
Ilustrasi stres dengan pekerjaan

Karena kandungan dalam kedua bahan tersebut, minuman kopi lada hitam disebut-sebut bisa menambah semangat karena menekan stres dan depresi. Kafein merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, noradrenalin, dan neurotransmiter yang memperbaiki suasana hati.

Diketahui lada hitam juga mengandung senyawa piperin. Senyawa piperin dalam lada hitam ini dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu menurunkan ringkat depresi. Hal inilah yang bisa bikin merasa tenang setelah meminumnya.

3. Menjaga Memori dan Membersihkan Pencernaan hingga Menjaga Jantung

Lupa
Ilustrasi lupa

Kandungan kafein dalam kopi juga dinilai mampu menjaga dan meningkatkan memori otak serta memberishkan pencernaan karena kopi memiliki sifat diuretic. Racun-racun dalam tubuh larut dalam urin yang dikeluarkan setiap kencing, sehingga membantu membersihkan perut dari bakteri.

Piperin yang terkandung dalam lada hitam memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang bisa meningkatkan kesehatan dan mengatasi masalah pencernaan. Sebab lada hitam bisa membantu tubuh dalam menyerap kurkuma (curcumin) yang membantu mencegah penyakit jantung.

4. Bisa Mencegah Kanker dan Menyembuhkan Berbagai Gangguan Sakit

Sakit
Ilustrasi sedang sakit

Dari hasil penelitian di Universitas Kansas, Amerika Serikat, lada hitam mengandung zat yang bisa menyingkirkan zat kimia heterocyclic amines (HCAs) yang bisa menyebabkan kanker.

Lada hitam juga memiliki sifat antibakteri, antioksidan, penambah kekebalan tubuh, dan penurun deman. Bahkan lada hitam dinilai juga bisa menurunkan berat badan karena pencernaan yang sehat.

Manfaat lain dari lada hitam juga ternyata bisa meningkatkan kesuburan pria karena kandungan zinc dan magnesium yang berfungsi sebagai peningkat kadar testosteron. Zat dalam lada hitam juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan mulut.

Peluang Bisnis Kekinian Kopi Lada Hitam

Bisnis Kopi
Ilustrasi bisnis kafe

Tahu ‘kan bila minuman kopi belakangan ini jadi minuman kekinian yang makin saja ngetren di berbagai kalangan, mulai dari kalangan mahasiswa, pekerja, anak muda, hingga orang tua menikmati kelezatan secangkir kopi di berbagai kesempatan.

Tak heran bila bisnis minuman berkafein ini makin menjamur, sebut saja Startbuck, Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa, Kopi Kulo, dan masih banyak lagi. Ke mana pun dan di mana pun tak akan sulit menemukan minuman yang satu ini.

Sebagai gambaran, sekarang ini banyak ditemukan gerai kopi, mulai dari minuman kopi dari merek terkenal hingga brand-brand minuman kopi franchise UKM. Tapi menu minuman kopi yang ditawarkan relatif masih sama saja.

Tentu saja, dari banyaknya gerai minuman kopi yang ada, sebagian besar masih menjual minuman-minuman kopi pada umumnya, seperti kopi susu, kopi jahe, kopi keju, dan beberapa tambahan racikan lainnya.

Tapi tidak dengan kopi yang dicampur lada. Dengan sensasi rasanya dan perpaduan yang unik serta khasiatnya, kopi lada hitam bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Gimana, tertarik mencoba peruntungan bisnis minuman kekinian dari kopi lada hitam? Bahkan peluang usaha dari minuman kopi lada hitam ini sudah mulai dikenalkan dalam Festival Cross-Border Entikong 2019, yang digelar awal tahun ini.

Kopi lada hitam ini diracik dengan komposisi yang tepat, dengan jumlah kopi tetap lebih banyak ketimbang lada. Sehingga menciptakan aroma dan rasa yang ‘pas’ buat dinikmati.

Jika ingin menjajal bisnis minuman kekinian dengan minuman kopi lada hitam tanpa ribet meracik sendiri bahan utamanya, sekarang sudah cukup banyak dijual kopi lada hitam serbuk dalam kemasan. Tinggal diseduh, tambahkan gula, susu atau bahan lain, buka gerai kopi sendiri dan raup keuntungannya.

Baca Juga: Kopi Kapal Api: Dari Jualan Keliling hingga Jadi Kopi Legendaris

Apa Minuman Favoritmu?

Minuman Kopi
Ilustrasi minum kopi

Minum kopi yang tak biasa memang menarik. Di tengah-tengah boomingnya boba yang awalnya sebagai campuran utama dari minuman milk tea ini, minuman kopi pun tetap jadi favorit dan tak kalah nikmatnya dengan berbagai macam topping untuk mempercantik tampilan dan memperkaya rasa, tak terkecuali kopi dengan campuran lada hitam.

Tertarik mencoba minum kopi yang dicampur lada hitam ini? Rasakan sensasinya dan tangkap peluang bisnisnya untuk raup pundi-pundi rupiah. Belum punya modal buat buka usaha? Coba ajukan pendanaan di Sini. Lalu, apa minuman favoritmu?

Baca Juga: 6 Bisnis Franchise Es Kopi Susu yang Lagi Hits, Modal Mulai dari Rp 5 Jutaan