Mobil Terlaris Di Indonesia Semester Satu 2015

Penurunan penjualan industri otomotif di semester satu  2015 ini sangat dipengaruhi oleh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan sejumlah faktor ekonomi lainnya. Namun tidak demikian dengan mobil MPV, mobil dengan kapasitas luas ini masih menjadi mobil yang paling diminati serta paling diburu oleh para konsumen.

Multi Purpose Vehicle atau disingkat dengan MPV  merupakan jenis mobil minivan yang digolongkan  menjadi beberapa tipe Low MPV, Medium MPV, Upper MPV. MPV  sendiri pertama kali diciptakan di Prancis pada tahun 1987 lewat kehadiran Renault Espace. Mobil ini menjadi salah satu terobosan sekaligus kemajuan besar karena memiliki daya tampung yang besar, yang mampu menampung lebih banyak barang dan penumpang dibandingkan mobil lainnya. 

Berikut Daftar mobil MPV terlaris di semester 2015 berdasarkan kelasnya :

 

Low MPV 

Low MPV adalah mobil MPV dengan harga murah dan target pasarnya adalah kalangan menengah ke bawah. Berikut tiga teratas mobil terlaris kelas Low MPV :

1. Toyota Avanza

Toyota Avanza - Mobil Terlaris 2015

Toyota Avanza via indianautosblog.com

Posisi pertama berhasil diduduki oleh Toyota Avanza dengan total penjualan 63.053 unit. Dengan predikat sebagai mobil keluarga Indonesia. Kapasitas yang dimiliki oleh mobil ini mampu menampung hingga 7 penumpang. Harga per unit mobil ini mulai dari Rp. 198 sampai dengan Rp. 218 juta.

 

2. Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia - Mobil Terlaris

Daihatsu Xenia via carmudi.co.id

Mobil jenis MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor ini memang sangat cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga  dengan kapasitas yang lumayan besar mobil ini dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Daihatsu Xenia berhasil menduduki posisi kedua di kelas Low MPV dengan total penjualan 19.612 unit di tahun 2015. Untuk harganya sendiri mobil ini dibandrol mulai dari Rp 144.000.000 hingga Rp 198.800.000

 Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana?

3. Suzuki Ertiga  

Suzuki Ertiga MPV - Mobil Terlaris

Suzuki Ertiga via s3.caradvice.com.au

Disebut sebagai jagoan Suzuki untuk kelas mobil Low MPV (Low Multi Purpose Machine). Suzuki Ertiga berhasil menduduki posisi ke tiga setelah Avanza dan Xenia, dengan penjualan hingga 15.485 unit.  Mobil keluarga yang dapat menampung hingga 7 orang penumpang ini di jual dengan  kisaran harga antara Rp. 171.500.000 dan 231.000.000           

 

Medium MPV

Medium MPV adalah kategori yang memilik banyak pilihan. Kelas ini disi oleh banyak merek dan jenis mobil. Berikut tiga teratas mobil MPV kelas Medium terlaris :

1. Toyota Innova 

Toyota Innova - Mobil Terlaris

Toyota Innova via motorbash.com

Dengan penjualan sebanyak 23.146 unit di semester ini. Mobil keluarga Toyota Innova ini berhasil menduduki posisi pertama untuk kelas medium MPV. Untuk harga per unitnya sendiri mulai dari Rp. 221.850.000 hingga 327.850.000 juta.

 

2. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina via blogcdn.com

Di posisi kedua untuk kelas Medium MPV ditempati oleh Nissan Grand Livina dengan  penjualan sebanyak 4.006 unit. Harga mobil Nissan Grand Livina disebut sebagai harga mobil keluarga terbaik saat ini. Dengan kapasitas 7 orang penumpang, mobil yang telah di produksi sejak tahun 2007 ini telah memiliki empat varian yaitu Nissan Grand Livina SV. Nisan Grand XV, Nissan Grand Livina  X- Gear, dan All net Grand Livina.

 

3. Honda Freed

Honda Freed - Mobil Terlaris

Honda Freed via jakartahonda.com

Sejak awal kehadirannya di Indonesia tahun 2009 mobil ini selalu mendapat smbtan yang luar bias dari masyarakat. Di tahun ini Honda memberikan sentuhan baru pada mobil New Honda Freed yang akan menarik perhatian para pecinta mobil mini MPV  ini. Hal ini terbukti dari total penjualannya yang mencapai 2.136 unit. Untuk harganya sendiri, Honda membandrol  dari mulai Rp. 227.500.000 hingga Rp. 289.000.000

Baca Juga: Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Saat Klaim Asuransi

Upper MPV

High MPV atau Upper MPV merupakan pasar terbatas produk MPV. Upper MPV adalah jenis mobil yang memiliki kapasitas mesin 1.500 cc, di mana kelas ini diisi oleh pemain Jepang da Eropa. Berikut tiga teratas mobil MPV terlaris untuk kelas Upper MPV :

1. Mazda Biante

Mazda Biante - Mobil Terlaris

Mazda Biante via batfa.com

Mazda Biante berhasil menduduki posisi  pertama untuk kelas Upper MPV terbukti  dengan penjualan  hingga 3.985 unit di semester satu  2015 ini. Kapasitas yang dimiliki oleh mobil keluarga ini dapat menampung hingga 8 penumpang dan bagasi yang luas. Biante juga merupakan mobil penghemat BBM karena dalam jarak  100 KM hanya menghabiskan 7,4 L. Untuk harganya sendiri berkisar 219 juta rupiah.

 

2. Nissan Serena

Nissan Serena - Mobil Terlaris

Nissan Serena via motorstown.com

Harga untuk Serena yang paling sederhana dan spesifikasinya berkisar antara 290  sampai dengan 350 juta. Ada tiga jenis tipe yang ditawarkan oleh Nissan Serena  yaitu Serena Highway Star yang tampil dengan sederhana, Serena Comfort Touring bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh atau touring bersama keluarga, atau  untuk Anda menginginkan mobil yang lengkap dengan spesifikasi lebih sempurna Anda bisa memilih Serena Autech Highway Star.

 

3. Toyota Alphard

Toyota Alphard - Mobil Terlaris

Toyota Alphard via s1.paultan.org

Pada tanggal 27 Maret 2015, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan All New Alphard Indonesia dan All New vellFire Indonesia. Dengan berbagai macam perubahan dan modifikasi.  Tahun ini saja, Toyota Alphard berhasil menjual hingga 642 unit. Dengan kapasitas hingga 7 orang penumpang, mobil ini dibandrol dari mulai Rp. 775 000.00 hingga Rp. 1.342.000.000.

Baca Juga : Yang Harus Dipikirkan Sebelum Membeli Mobil

Mobil Pilihan Keluarga

Terbukti memang MPV  masih menjadi idola masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga. Dengan semakin banyaknya mobil Jenis MPV yang beredar di pasaran, tentu saja akan mempermudah Anda dalam memilih mobil keluarga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Sebelum memutuskan mobil jenis apa yang akan Anda beli, ada baiknya Anda membicarakan terlebih dahulu dengan keluarga Anda, mengenai bagaimana cara pembeliannya serta sumber pembiayaan yang akan digunakan, agar  tidak mengganggu keuangan keluarga Anda nantinya.