Momen Pensiun Lebih Menyenangkan dengan Produk Investasi yang Tepat

Saat usia masih produktif, kita lebih sering berfoya-foya, hangout, makan di restoran mahal tanpa memikirkan kehidupan di hari esok. Menikmati masa muda memang tidak salah, tapi bukan dengan cara berfoya-foya mengingat perjalanan hidup yang masih panjang.

Masih ada hari tua yang akan menunggu kita beberapa tahun ke depan. Kalau kita tidak punya persiapan keuangan yang matang, yang ada hari tua akan penuh dengan kesengsaraan. Padahal hari tua merupakan momen dimana kita membutuhkan ketenangan, terutama dalam urusan finansial.

Pada umumnya, orang akan mengikuti beberapa investasi untuk mempersiapkan hari tua yang indah. Tertarik untuk berinvestasi di hari tua? Simak jenis investasi yang tepat agar hari tua lebih tenang dan nyaman.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Investasi Properti

investasi properti

Seperti yang kita tahu, properti adalah salah satu investasi jangka panjang yang bisa dijadikan sebagai sumber pemasukan, bukan hanya saat hari tua tapi juga saat kita masih muda. Rumah, apartemen, atau ruko yang kita miliki bisa disewakan kepada orang lain. Disisi lain kita akan mendapat uang yang bisa digunakan untuk keperluan lain, termasuk untuk membeli properti lain.

Sayangnya, properti bukan investasi lancar yang dapat diuangkan dengan cepat. Jadi saat kita membutuhkan uang untuk sesuatu yang sifatnya mendadak, properti tidak bisa membantu karena mekanisme penjualannya membutuhkan proses yang cukup lama.

Baca Juga: Keuntungan, Cara dan Syarat Jadi Lender di P2P Lending untuk Milenial

2. Investasi Emas

investasi emas

Investasi emas juga layak dilirik karena emas tahan terhadap laju inflasi. Jadi ketika kondisi perekonomian melonjak naik, harga emas pun akan naik. Coba bayangkan kalau kita punya emas yang banyak, kita bisa mendapat keuntungan yang besar kalau emas tersebut dijual. Apalagi proses menjual emas tidaklah sulit karena emas sangat mudah diuangkan.

Jadi selagi masih muda, kita bisa mengumpulkan emas secara perlahan, misalnya 1 gram per bulan. Kita bisa menerapkan sistem tabung emas agar jumlah emas yang kita miliki cukup untuk membiayai hari tua kelak.

3. Investasi Saham

investasi saham

Dividen yang diperoleh dari hasil investasi saham menjadi jaminan yang tidak kalah bagusnya untuk hari tua nanti. Tidak tanggung-tanggung, jumlah dividen yang didapat bisa mencapai 10 kali lipat dari modal yang kita tanamkan di awal. Agar hal ini bisa tercapai, investasikan uang pada saham yang memiliki prospek kerja yang baik, seperti saham perbankan, BUMN, atau saham blue chip.

Risiko dari investasi saham memang sangat besar, tapi jika kita pandai memilih saham yang bagus, risiko tersebut dapat diminimalisir sedangkan keuntungan dapat dimaksimalkan.

4. Tabungan Biasa

tabungan

Bagi yang suka menyimpan uang secara konvensional, maka menabung di bank bisa dijadikan pilihan terbaik.  Apalagi mekanisme penarikannya sangat mudah, sehingga saat kita butuh uang, kita bisa mencairkan uang tersebut dengan cepat melalui mesin ATM. Selain itu, kita juga akan mendapat keuntungan dari suku bunga bank yang jumlahnya lumayan menggiurkan, apalagi kalau jumlah tabungan di bank cukup besar.

Baca Juga: Bernilai Hingga Miliaran Rupiah! Ini Dia Kiat Sukses Investasi Barang Mahal

5. Investasi Bisnis

investasi bisnis

Bagi Anda yang memiliki basic di dunia bisnis, mengapa tidak coba untuk investasi bisnis saja? Bisnis yang dikelola dengan baik mampu mendatangkan keuntungan yang optimal bahkan kesejahteraan saat kita tua nanti. Namun, investasi bisnis harus dimulai sejak kita masih muda, sehingga kekurangan yang ada pada bisnis dapat segera diperbaiki demi keberlangsungan bisnis di masa yang akan datang.

Tentukan jenis bisnis apa yang akan digeluti, apakah itu bisnis kuliner atau jasa. Yang pasti bisnis yang dipilih harus sesuai dengan passion agar proses pengembangan bisnis menjadi lebih mudah. Sehingga bisnis tersebut tidak hanya mendatangkan keuntungan, tapi juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sambilan agar kita tetap produktif di hari tua.

6. Investasi Barang Antik

investasi barang antik

Barang-barang antik yang kita koleksi di rumah juga bagian dari investasi karena semakin tua umur barang antik tersebut, harganya pun akan semakin mahal. Bayangkan kalau kita mempunyai mobil antik misalnya dan kebetulan mobil tersebut lagi ramai diperbincangkan di dunia maya, kita akan mendapat keuntungan yang besar jika mobil tersebut dijual. Begitu juga dengan barang-barang antik lainnya.

7. Investasi Asuransi

investasi asuransi

Asuransi tidak hanya berguna sebagai bentuk perlindungan saja, tapi juga berguna sebagai investasi yang menjamin kehidupan kita di hari tua. Sebab ketika usia bertambah tua, sejumlah penyakit pun akan muncul dengan sendirinya. Dalam situasi seperti ini, asuransi dapat dicairkan dalam nominal tertentu untuk membiayai sebagian biaya perobatan di rumah sakit.

Pilih jenis asuransi seperti apa yang dibutuhkan agar kita bisa mendapat manfaat yang optimum dari asuransi yang dipilih untuk masa yang mendatang.

Fokus Menata Hari Tua dengan Jenis Investasi yang Menguntungkan

Masa tua akan lebih baik jika ditata sejak usia muda. Untuk itu, jangan habiskan masa muda hanya untuk berfoya-foya demi memenuhi hasrat duniawi, tapi pikirkan juga hari tua yang sebentar lagi akan menghampiri kehidupan kita. Tata hari tua dengan pilihan investasi yang menguntungkan agar masa tua kita lebih sejahtera.

Baca Juga: Memahami Obligasi Negara Ritel ORI015, Investasi Bermodal Rp 1 Juta untuk Milenial