Motivasi Kerja Mulai Hilang? Ini Cara Untuk Mengembalikannya

Sadar atau tidak, akan ada saat dimana seseorang mulai merasa bosan dengan aktivitas yang dilakukannya sehari-hari. Ada juga saat dimana seseorang tidak ingin beranjak dari tempat tidur karena rasa malas yang menimpa dirinya. Ini wajar, rasa lelah yang berlebihan membuat seseorang tidak bernafsu untuk beraktivitas.

Semangat kerja juga seringkali hilang di Hari Senin. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ungkapan “Skip Monday, please” dan perkataan lain yang menjelaskan betapa banyaknya orang yang membenci hari Senin.

Oke, motivasi kerja yang mulai hilang tidak boleh didiamkan, segera ambil langkah cepat agar dirimu kembali termotivasi untuk bekerja. Bagaimana caranya?

Baca Juga: 4 Negara yang Berhasil Maju, Tanpa Karyawan Harus Lembur

1. Jangan Biarkan Keadaan Menguasai Dirimu

Ambil Waktu Cuti untuk Menenangkan Diri dari Segala Pekerjaan agar Bisa Lebih Semangat Nantinya
Ambil Waktu Cuti untuk Menenangkan Diri dari Segala Pekerjaan agar Bisa Lebih Semangat Nantinya

Kewalahan ini dan itu memang seringkali kita alami. Keterbatasan diri membuat kita tidak mampu untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Akan tetapi, bukan berarti keterbatasan ini membuat kita malas. Atau bahkan tidak bernafsu untuk bekerja.

Rasa malas adalah sesuatu yang harus dilawan. Jangan pernah biarkan rasa malas terus menerus menguasai diri Anda. Ingat, Anda berkuasa penuh atas diri sendiri. Jangan biarkan keadaan sekitar malah membuat atau menambah rasa malas. Bangkitlah dan mulai beraktivitas!

2. Berolahraga di Pagi Hari

Rutin Berolahraga
Rutin Berolahraga

Percaya atau tidak, berolahraga dapat membuat Anda sedikit bersemangat. Usahakan untuk meluangkan waktu di pagi atau sore hari untuk selalu berolahraga. Selain membuatmu kembali semangat, olahraga juga bagus untuk kesehatan tubuh.

3. Buat Spesifikasi Tugas Berat dan Ringan

Menulis Prioritas tentang Pekerjaan Apa yang Harus Diselesaikan Terlebih Dahulu
Menulis Prioritas tentang Pekerjaan Apa yang Harus Diselesaikan Terlebih Dahulu

Membuat spesifikasi kerja sangat membantu dalam menyelesaikan tugas. Anda bisa memilah mana tugas yang berat, mana pula tugas yang ringan. Sewaktu menyelesaikannya, lebih baik mengerjakan tugas ringan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah beralih ke tugas yang lebih berat.

Dalam hal ini, jangan lupakan deadline atau batasan waktu pengumpulan tugas kantor. Jika tugas berat akan segera dikumpulkan, fokuslah untuk mengerjakan tugas berat tersebut. Setelah itu, kembalilah untuk mengerjakan tugas yang ringan.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

4. Tetap Fokus

tetap fokus
Tetap Fokus

Menjaga diri tetap fokus memang sedikit sulit, apalagi jika tidak adanya dukungan dari lingkungan sekitar. Misalnya, lingkungan yang terlalu ribut, suasana kerja yang kacau balau, dan rekan kerja yang tidak bisa diajak kerjasama.

Agar diri tetap fokus, ciptakanlah lingkungan yang kondusif selama berada di tempat kerja. Tegurlah karyawan yang kerap kali membuat keributan. Selain itu, jauhkan diri dari pengaruh gadget. Matikan suara smartphone dan non-aktifkan notifikasi dari semua sosial media yang dimiliki. Tetaplah fokus agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

5. Ingat Apa yang Menjadi Tujuanmu

Jangan Sampai Lupa dengan Tujuanmu
Jangan Sampai Lupa dengan Tujuanmu

Jika semangat sudah mulai hilang, ingatlah apa yang menjadi tujuanmu dalam hidup ini. Mengingat tujuan akan membuatmu kembali bersemangat dan merasa termotivasi untuk bekerja. Jika rasa malas menghalau, dapat segera mengatasinya dengan cepat.

Apabila belum memiliki tujuan hidup, rancanglah hal apa yang ingin dicapai. Baik dalam waktu singkat, menengah, maupun jangka panjang. Jangan biarkan diri bekerja tanpa tujuan. Karena alam semesta ini akan senantiasa membantumu untuk menggapai hal-hal yang menjadi tujuanmu.

6. Jangan Mempersulit Keadaan

Jangan Sampai Kamu Stress dengan Beban Kerja yang Ada
Jangan Sampai Kamu Stress dengan Beban Kerja yang Ada

Tugas yang semakin banyak, bukan untuk dipersulit, melainkan untuk dipermudah. Tujuannya agar tugas tersebut cepat selesai, Anda pun kembali senang dan lebih rileks. Saat menyelesaikan pekerjaan, anggaplah kalau semua tugas yang diberikan padamu bukan tugas yang berat. Anggap kalau semua proses yang bakal dihadapi tanpa liku-liku. Dengan demikian, Anda dapat semangat untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan hasil yang maksimal.

7. Stay Positive!

Stay Positive
Stay Positive

Kegagalan dalam bekerja akan selalu terjadi dan tidak dapat dielakkan. Akan tetapi, kegagalan ini bukanlah sesuatu yang harus dipikirkan secara mendalam. Apalagi kalau sampai membuat motivasi dalam dirimu hilang.

Baca Juga: 12 Perusahaan Besar ini Memiliki Tunjangan Karyawan Paling Menarik

Selalu Bersikap Optimis

Kegagalan adalah sebuah pelajaran berharga yang akan menjadikan dirimu lebih baik lagi di kemudian hari. Belajarlah dari setiap kesalahan yang terjadi dan jangan pernah iri atas kesuksesan yang diraih orang lain. Karena akan ada waktu dimana dirimu juga akan merasakan kesuksesan itu.

Motivasi kerja yang hilang adalah suatu pertanda jelek yang akan mengganggu perkembangan karirmu. Untuk itu, lakukan 7 tips di atas untuk membantumu mengembalikan motivasi yang sempat hilang.

Baca Juga: 7 Alasan Pegawai Betah Bekerja Selain Gaji