Mudah dan Praktis, Begini Cara Cek Tagihan dan Bayar BPJS Kesehatan di Traveloka

Program layanan BPJS Kesehatan diharapkan akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi biaya-biaya kesehatan mereka seperti biaya rawat inap, biaya rawat jalan, biaya ICU, dan biaya obat-obatan. 

Setelah daftar dan resmi menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam layanan kesehatan BPJS Kesehatan mulai dari cek kesehatan, berobat, rawat inap atau jalan, obat-obatan dan sebagainya. Namun, sebagai peserta juga jangan lupa menyelesaikan kewajibannya membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. 

Untuk mempermudah setiap peserta, sekarang ini banyak metode pembayaran tagihan BPJS Kesehatan secara online dengan berbagai platform yang bisa dijadikan pilihan, seperti yang baru ini Traveloka. 

Tak hanya sebagai platform yang memenuhi kebutuhan liburan bagi banyak orang saja dalam pemesanan tiket pesawat dan pemesanan hotel, tapi kini Traveloka juga bisa dijadikan pilihan peserta BPJS Kesehatan dalam melakukan pengecekan dan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan.

Agar proses pengecekan dan pembayarannya BPJS Kesehatan makin mudah, simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari traveloka.com.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

bpjs kesehatan
Layanan BPJS Kesehatan via republika.co.id

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Traveloka

Sebelum membayar tagihan BPJS Kesehatan, baiknya mengecek tagihan BPJS Kesehatan Anda dan keluarga terlebih dahulu untuk memastikan kebenaran jumlah tagihan yang harus dibayarkan. 

Traveloka memberikan layanan baru kepada para penggunanya berupa pembayaran BPJS Kesehatan online. Dengan layanan ini diharapkan masyarakat akan lebih mudah dalam membayar tagihan BPJS Kesehatannya. Berikut cara untuk mengecek tagihan dari BPJS Kesehatan lewat aplikasi Traveloka dengan mudah.

  1. Pertama, kunjungi laman Traveloka di browser atau chrome, atau bisa juga melalui aplikasi Traveloka yang sudah diunduh pada smartphone.
  2. Lalu login dengan akun Traveloka Anda. Jika belum memiliki akun maka Anda bisa mendaftar akun Traveloka secara gratis.
  3. Setelah itu pilih Bayar Tagihan atau Bill Payment dan pilih menu BPJS Kesehatan.
  4. Masukkan nomor Virtual Account Anda dan keluarga serta jumlah tagihan pada bulan tagihan pembayaran. Maka secara otomatis jika nomor Virtual Account yang Anda masukkan sudah benar, maka jumlah tagihan akan muncul.
  5. Terakhir pada menu Traveloka pop-up akan menampilkan informasi tagihan BPJS Kesehatan Anda pada bulan tersebut.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Resmi Naik 100%, Semua Biaya Kanker Bakal Ditanggung?

Cara Membayar Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Traveloka

Setelah Anda sudah memastikan tagihan BPJS Kesehatan sudah benar, selanjutnya Anda bisa langsung membayar tagihan BPJS Kesehatan. Berikut ini adalah cara membayar BPJS Kesehatan lewat Traveloka dengan mudah.

  1. Pertama, kunjungi laman Traveloka di browser atau chrome, atau bisa juga melalui aplikasi Traveloka yang sudah diunduh pada smartphone.
  2. Setelah itu login dengan akun Traveloka Anda, jika belum memiliki akun bisa mendaftarnya secara gratis.
  3. Klik menu Bayar Tagihan atau Bill Payment, kemudian pilih BPJS Kesehatan.
  4. Masukkan nomor Virtual Account Anda dan keluarga di kotak yang ada di menu tersebut dan pilih bulan tagihan Anda dan keluarga bayarkan. Nah, disini Anda dan keluarga bisa membayar tagihan BPJS Kesehatan sampai 5 bulan kedepan.
  5. Pembayaran BPJS Kesehatan di Traveloka ini akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1.500 Rupiah untuk sekali transaksi. Maka jumlah tagihan Anda akan bersamaan dengan biaya administrasi tagihan BPJS Kesehatan di Traveloka.
  6. Klik Beli Sekarang atau Buy Now
  7. Setelah itu akan muncul pop-up menu yang berisi rincian tagihan BPJS Kesehatan beserta dengan nomor Virtual Account. Periksa kembali informasi data diri, nomor virtual account, beserta dengan jumlah tagihan BPJS Kesehatan. Jika dirasa sudah benar klik Lanjutkan atau Continue.
  8. Lakukan pembayaran tagihan BPJS ini bisa dengan UANGKU, kartu kredit, transfer, KlikPay BCA, ATM, dan juga Alfamart. Bayar sesuai dengan waktu yang ada di rincian pembayaran.
  9. Jika sudah melakukan pembayaran maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan pesan dari Traveloka untuk transaksi pembayaran BPJS Kesehatan yang sudah berhasil dilakukan.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Tanpa Antre lewat Call Center

Traveloka Menambah Kemudahan Peserta dalam Bayar Tagihan BPJS Kesehatan

Dengan Traveloka, memberikan kemudahan bagi peserta BPJS dalam membayar BPJS Kesehatan. Tentu layanan ini sangat bermanfaat bagi semua peserta dalam membayar tagihan BPJS Kesehatan dengan tepat waktu. Namun, untuk layanan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan lewat Traveloka ini tidak tersedia pukul 23:00 sampai dengan 00:59, jadi perlu dicek jam terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Tanya-Jawab BPJS Kesehatan, Ini Fakta Penting Layanan BPJS yang Perlu Diketahui