Mudik Makin Nyaman dengan Menggunakan E-Money

Bulan Ramadan sudah hampir separuh jalan, atau tepatnya sudah berjalan selama 14 hari. Dengan begitu, bisa dibilang kita sudah semakin dekat untuk merayakan Idul Fitri. Di hari kemenangan, sudahkah Anda memiliki rencana untuk merayakannya? Selama ini, lebaran selalu identik dengan tradisi bermaaf-maafan, membeli baju baru, atau makan makanan enak di hari lebaran. Selain ketiga hal itu, salah satu tradisi yang selalu dilakukan ketika Idul Fitri tiba adalah mudik ke kampung halaman.

Menurut Wikipedia, mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Setelah berpisah lama, maka di momen Idul Fitri ini mereka akan pulang kembali tempat asalnya. Pada saat itulah, ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua.

Mudik Lebaran 2017

Mudik

Mudik ke Kampung Halaman via beritatrans.com

 

Mengutip dari Merdeka.com, Pengamat Transportasi Unika, Soegijapranata Djoko Setijowarno mengatakan jumlah pemudik di tahun 2017 akan mencapai 19,04 juta orang. Naik 4,85 persen ketimbang realisasi pemudik pada Lebaran tahun lalu yang sebesar 18,16 juta orang.

Secara rinci, pemudik yang pulang kampung dengan menggunakan pesawat terbang diperkirakan mencapai 5,4 juta orang, naik 9,75 persen dari 2016. Kemudian kapal laut 960 ribu orang atau naik 3 persen, kereta api 4,37 juta atau naik 7,16 persen, ferry atau angkutan penyeberangan laut 3,98 juta atau naik 4,57 persen, dan bus 4,32 juta atau turun 2,11 persen.

Di sisi lain, jumlah pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi ditaksir diprediksi mencapai 9,55 juta orang, naik dari tahun lalu yang sekitar 8,18 juta. Perinciannya, pengguna mobil pribadi diperkirakan mencapai 3,48 juta atau naik 13,92 persen dan sepeda motor 6,07 juta atau naik 18,18 persen dari 2016. Dari data tersebut, kita mengetahui kalau mudik dengan kendaraan pribadi tetap menjadi primadona bagi masyarakat di Indonesia.

Baca Juga: Tetap Semangat dan Sehat Saat Puasa, Ini Dia Caranya

Mudik Aman dan nyaman dengan Menggunakan E-Money

emoney

Tapcash, contoh emoney dari BNI via blogspot.com

 

Faktor-faktor yang selalu diperhatikan orang-orang ketika memutuskan untuk mudik ke kampung halaman adalah dalam hal keamanan dan kenyamanan. Tidak hanya menyangkut kondisi alat transportasi yang digunakan, faktor keamanan akibat membawa harta yang terlalu banyak juga patut untuk dipikirkan. Sebagai gambaran, di Indonesia, saat lebaran datang biasanya orang-orang tua atau yang sudah bekerja akan membagikan uang untuk dijadikan angpao guna diberikan kepada sanak famili. Dalam kaitannya dengan mudik, terkadang mereka akan membawa uang itu di dalam kendaraan untuk nantinya diberikan kepada anggota keluarga yang berada di kampung.

Masalahnya, terkadang uang yang dibawa itu bisa berjumlah sangat besar. Jumlah itu belum termasuk uang yang dibawa sebagai ongkos di perjalanan seperti untuk membeli makanan ketika beristirahat atau membayar tol. Tentu itu bukanlah keputusan yang bijak mengingat adanya ancaman kriminalitas yang selalu mengintai. Untuk itu, guna mengatasi masalah ini, sangat disarankan bagi Anda untuk membawa uang elektronik atau e-money. Dengan uang elektronik, kita bisa menyimpan uang yang nilainya cukup besar ke dalam satu buah kartu yang bisa ditaruh di dalam dompet. Tentu akan sangat membantu ketika berangkat mudik nanti.

Tidak hanya itu, tentunya dengan membawa uang dalam bentuk e-money juga tidak akan terlalu menarik perhatian orang-orang yang tidak bertanggung jawab, terutama pelaku kriminalitas. Isi uang elektronik Anda dengan nominal sesuai dengan kebutuhan selama mudik, seperti untuk membayar tol, membeli makanan di supermarket, dan sebagainya. Jikalau kurang, Anda masih bisa mengisi ulangnya lagi di ATM atau tempat lain yang memberikan layanan ini.

Baca Juga: Mengapa Asuransi Kendaraan Saat Mudik Penting? Ini Alasannya

Ada Diskon Tol untuk Pemudik yang Menggunakan E-Money

Gerbang tol

Ada Diskon Tol untuk Pembayaran dengan Emoney via tengokberita.com

 

Untuk menambah kenyamanan saat mudik nanti, terutama bagi yang mudik menggunakan kendaraan roda empat yang melewati tol, Anda akan menikmati diskon yang khusus ketika melakukan pembayaran. 

Info Terkini : 

- Diskon 20% untuk tol yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk

- Diskon 10% untuk tol yang dikelola PT Marga Mandala Sakti, PT Marga Harjaya Infrastruktur, dan PT Lintas Marga Sedaya 

Diskon hanya berlaku bagi pengguna e-toll dengan pembayaran : 

e-Money Bank Mandiri, Brizzi BRI, TapCash BNI, Blink BTN, dan Flazz BCA.

Promo ini hanya berlaku pada saat arus mudik Lebaran 2017, tepatnya H-3 sampai H-2 lebaran. Sedang saat arus balik Lebaran 2017 berlaku mulai H+4 sampai H+6 lebaran.

Dengan adanya promo ini tentu akan membuat perjalanan semakin mudah, mengingat proses pembayaran tol dengan menggunakan e-money akan berjalan lebih cepat dibandingkan tunai. Kita tentu masih ingat, ketika kepadatan parah yang terjadi di pintu tol Brebes Timur pada tahun lalu. Akibat kepadatan yang sangat parah (kabarnya ada yang mengantre tol sampai 2 hari), mengakibatkan lebih dari 10 orang meninggal dunia akibat kelelahan hebat ketika menunggu antrean. Tentu kejadian itu menjadi pelajaran bagi kita untuk mulai beralih ke sistem pembayaran tol dengan uang elektronik.

Baca Juga: Zakat Online: Cek Aplikasi dan Tips Menggunakannya Biar Berkah

Manfaatkan E-Money Anda Ketika Mudik

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa Anda dapat dengan menggunakan e-money, tentu sangat sayang jika Anda tidak menggunakannya ketika mudik nanti. Di samping lebih aman, tentu mudik Anda juga akan menjadi lebih nyaman. Jadi, ayo buat mudik Anda lebih menyenangkan dengan menggunakan e-money!