Murah tapi Berkualitas Tinggi, 10 Negara Ini Bikin Kamu jadi Ingin Pindah Kewarganegaraan

Sudah pernah baca tentang negara terkaya? Atau negara termahal? Negara terbersih, terkotor dan lainnya. Artikel-artikel mengenai negara-negara tersebut biasanya masuk kedalam berbagai kategori, bisa untuk tujuan informasi semata, referensi tujuan liburan sampai tempat untuk menghabiskan masa pensiun.

Tapi jangan salah, artikel-artikel tentang daftar-daftar tersebut dibuat berdasarkan sebuah riset dan fakta yang ada dan dikumpulkan untuk mempermudah kamu dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Nah, dari sekian artikel tentang negara-negara terkaya, termahal, terbersih dan sebagainya. Ada lagi daftar negara baru yang dibuat berdasarkan murahnya biaya hidup yang dihabiskan di negara tersebut. Mulai dari uang makannya, transportasinya sampai propertinya. Murahnya biaya hidup di negara ini membuat negara-negara di dalam daftar ini dikatakan sebagai negara terbaik sekaligus termurah yang ada di dunia.

Tersebar dari ujung benua Eropa, Afrika sampai Asia, ini dia 10 negara terbaik dengan biaya hidup termurah di dunia oleh cermati.com dilansir dari Forbes.com:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Panama

Panama

Panama adalah negara yang menempati posisi pertama untuk daftar ini. Panama adalah negara yang sangat mudah dikunjungi dan beradaptasi. Masih menggunakan Dollar AS sebagai mata uangnya, kelebihan Panama adalah biaya perawatan medis yang rendah tapi berkualitas tinggi. Infrastruktur dan tata negara yang rapih membuat mata kamu akan termanjakan dengan keindahan negara ini.

Selain itu, Panama memberikan harga pajak yang sangat rendah untuk real estat, bahkan beberapa ada beberapa properti yang dibebaskan dari pajak dari 5 hingga 20 tahun. Jadi yang ingin memiliki bisnis properti, Panama adalah pilihan terbaik.

Negara yang terkenal dengan keindahan lautnya ini hanya menghabiskan sangat sedikit dari budget tabungan kamu yang ingin berlama-lama tinggal disini.

Biaya hidup yang bisa di habiskan di negara ini sekitar >$1000 (Rp14 juta) / bulan dengan biaya sewa apartemen >$650 atau Rp9,2. Apartemen dengan biaya sewa di atas $500 sudah termasuk kedalam apartemen dengan fasilitas lumayan elit dan terletak di ibu kota Panama.

Jadi kemungkinan mencari apartemen dengan biaya dibawah angka tersebut dengan kualitas apartemen yang biasa saja masih bisa banyak ditemukan di Panama.

Fakta Biaya-biaya murah menarik lainnya adalah:

  • Biaya makan 3x sehari bisa mencapai sekitar Rp299 ribu, sudah lengkap mulai dari appetizer sampai dessert disetiap restaurant atau food court di Panama. Harga itu sudah termasuk untuk sebuah set ‘Menu eksekutif’ loh. Jadi kemungkinan untuk biaya makan lebih murah bisa banget untuk diatur.
  • Di Panama kamu bisa mendapatkan sebuah rumah dengan 4 kamar tidur dengan harga dibawah $250 ribu atau Rp3M, tentu saja ini sangat murah, mengingat standar sebuah rumah dengan 4 kamar tidur bisa dibilang sebuah rumah dengan yang cukup luas dan besar. Harga ini tentu datang dengan sangat murah dibandingkan dengan negara lain di Amerika, dan dibarengi dengan beban harga pajak yang sangat rendah.
  • Menyewa sebuah Townhouse dengan 2 kamar tidur hanya seharga $800 atau Rp11 juta / bulan
  • Dan membeli sebuah kondomonium mewah dengan 1 kamar tidur hanya dengan kurang dari harga $189 ribu atau Rp2,6 miliar.

2. Costa Rica

Costa Rica

Kaya dengan keindahan alamnya dan kebersihannya di negara ini kegiatan yang akan paling sering kamu temukan adalah memancing, bermain golf, menunggang kuda, berselancar, mendaki, menyelam, dan berlatih yoga.

Selain bersih, kebanyakan gaya hidup yang diterapkan di negara ini adalah gaya hidup sehat. Berkat usaha komunitas dan dukungan pemerintahnya yang tidak berhenti, gaya hidup sehat menjadi kebiasaan sehari-hari yang melekat di Costa Rica. Kamu akan melihat sedikit sekali orang-orang yang memiliki berat badan berlebihan berlalu-lalang di setiap kota di negara ini.

Biaya hidup yang bisa di habiskan di negara ini sekitar $1.585 -$2.960 atau Rp22 juta – Rp 42 juta / bulan. Dan angka ini ditunjukkan untuk masyarakat dengan status ekonomi menengah – keatas. Jadi angka ini bisa lebih rendah lagi, jika kamu ingin menerapkan cara hidup yang lebih hemat lagi.

Fakta Biaya-biaya murah menarik lainnya adalah:

  • Di Costa Rica kamu bisa membeli sebuah rumah di pusat kota dengan harga kurang dari $200.000 atau Rp2,8M, dan rumah-rumah yang ditawarkan dengan harga tersebut biasanya sudah masuk kategori negara untuk sebuah keluarga yaitu rumah dengan 4 kamar tidur dan sebuah halaman + garasi.
  • Belum cukup tabungan untuk beli rumah, di Costa Rica kamu bisa mendapatkan rumah yang disewakan dengan harga mulai dari $500 atau Rp7 juta/ bulan
  • Untuk patokan biaya makan sehari-hari. Restaurant lokal di Costa Rica biasanya menawarkan harga makanan dengan biaya $4 - $5 (Rp57 ribu – Rp71 ribu) per menu. Jika dikalikan untuk 3x makan sehari. Artinya kamu hanya menghabiskan Rp199 ribu – Rp212 ribu per hari.
  • Biaya asisten rumah tangga yang tidak sempat mengurus rumah hanya mencapai $50 atua Rp712 ribu/perbulan untuk sekali visit
  • Dan $50 juga untuk biaya mengunjungi dokter, baik untuk check up kesehatan atau keluhan penyakit lainnya.

3. Meksiko

Meksiko

Meksiko adalah negara yang kaya akan budayanya, memiliki tatanan kota penuh warna, berisi dari berbagai ras di dunia yang super ramah dan memiliki toleransi tinggi bahkan ke pada para turis asing. Dan kota-kotanya yang dipenuhi dengan kekentalan budaya seni Meksiko baik itu para pemain musik tradisional meksiko yang banyak ditemukan bernyanyi di jalan-jalan besar Meksiko dan berbagai gedung teater dengan desain arsitektur yang indah.

Biaya hidup yang bisa di habiskan di negara ini sekitar $1.500 - $2.250 (Rp21 juta – Rp32 juta)/ bulan. Dan biaya ini adalah rata-rata biaya bulanan yang diterapkan di seluruh kota di negeri tersebut. Yang terendah bisa diterapkan untuk yang ingin bergaya hidup biasa saja dan yang tertinggi adalah angka untuk biaya hidup para ekonomi menengah ke atas.

Baca Juga: 10 Ras Kucing Termahal di Dunia ini Ada yang Mencapai Angka Miliaran Rupiah

4. Ekuador

Ekuador

Terletak di benua Afrika, Ekuador bisa dikatakan sebagai salah satu negara kecil terindah dan terkaya untuk urusan budaya di dunia. Dikelilingi oleh pantai dah pegunungan yang indah. Ekuador adalah tempat yang cocok untuk dijadikan tempat tinggal permanen yang ingin menghabiskan masa pensiun dengan suasana yang sepi tapi dipenuhi oleh keramah-tamahan masyarakatnya.

Biaya hidup yang bisa di habiskan di negara ini sekitar $1.170 - $1.275 (Rp16 juta – Rp18 juta)/bulan dan dengan angka ini kamu sudah bisa hidup super nyaman di negara ini tanpa kekurangan satu hal pun. Bahkan angka untuk hidup super mewah di negara ini tidak jauh-jauh banget jaraknya dari angka diatas yaitu $1.620 Rp23 juta/ bulannya.

Fakta Biaya-biaya murah menarik lainnya adalah:

  • Di Costa Rica kamu bisa mendapatkan harga sewa untuk sebuah rumah dengan harga $400 atau Rp5,7 juta perbulan.
  • Dan hanya perlu naik $50 ($450) untuk menyewa satu buah apartemen atau Rp6,4 juta.
  • Berikutnya, jika kamu ingin memiliki sebuah apartemen mewah yang menawarkan pemandangan indah laut Ekuador kamu harus mengeluarkan hingga $700 atau Rp100 juta/bulan.

5. Malaysia

Malaysia

Negara dari Asia Tenggara dalam daftar ini sudah dikenal sebagai negara melayu yang kaya seni dan budayanya, keindahan pantai dan hutannya. Dan satu fakta luar biasa lain, fasilitas dan kecanggihan medis di Malaysia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Jadi tidak salah jika banyak negara-negara Asia lain, terutama Asia Tenggara yang banyak merujuk Malaysia untuk urusan Dokter dan Rumah sakit terbaik.

Biaya hidup yang bisa di habiskan di negara ini sekitar $1.000 - $1.500 (Rp14 juta – Rp21 juta)/bulan, dengan angka ini untuk tinggal di sebuah negara di Asia Tenggara artinya, kamu sudah mampu hidup dengan sangat nyaman baik untuk urusan makan, tempat tinggal sampai transportasi. Bagaimana tidak, biaya makan di Malaysia bisa dipatok sekitar $5 atau Rp71 ribu untuk sekali makan di sebuah restauran.

6. Kolombia

Kolombia

Akses ke layanan kesehatan kelas dunia yang terjangkau. Cara hidup yang lebih mudah. Populasi yang hangat dan menerima. Dan, tentu saja, gaya hidup yang murah hanyalah sekian dari banyaknya pesona yang negara ini bisa tawarkan.

Biaya hidup yang bisa di habiskan di negara ini sekitar $1.200 - $1.600 (Rp17 – Rp22 juta)/bulan. Angka ini adalah angka yang jadi standar untuk gaya hidup masyarakat Kolombia yang memiliki status ekonomi menengah ke atas.

Fakta Biaya-biaya murah menarik lainnya adalah:

  • Untuk biaya $2.191 (Rp31 juta) per bulan di Kolombia kamu sudah bisa tinggal di kawasan elit di Kolumbia, lengkap dengan pembantu rumah tangga yang datang 2 kali seminggu untuk, tinggal di sebuah apartemen dengan 3 tempat tidur, makan malam diluar dan segelas kopi.
  • Di Kolumbia kamu bisa mendapatkan satu piring makanan lezat khas lokal hanya seharga $2-$3 (Rp28 -Rp42 ribu) dan hanya perlu mengeluarkan $10 (Rp142) untuk sepiring makanan di sebuah restauran mewah. Jika dikalikan, kamu hanya perlu mengeluarkan $6-$9 (Rp85 – Rp 128 ribu) untuk makan 3x sehari di Kolombia.
  • Kaya akan buah-buahan segar, kamu bisa mendapatkan sekilo alpukat hanya dengan harga sekitar $4,5 atau Rp64 ribu.
  • Dan, $9 (Rp128) untuk sekilo dada ayam.

7. Portugal

Portugal

Di Portugal, waktu seakan berjalan lebih lambat dan sangat santai, penduduk setempat yang sangat ramah, layanan kesehatannya bagus dan tentunya sangat indah.

Biaya hidup yang bisa di habiskan di negara ini sekitar $2.034 atau Rp29 juta/bulan untuk bisa hidup dengan nyaman di negara ini. Jika kamu lebih tertarik dengan gaya hidup lebih mewah, kamu perlu mengeluarkan sekitar $2.500 atau Rp35,6 juta/bulannya. Angka itu sudah termasuk untuk biaya sewa rumah/apartemen, makan 3x sehari dan transportasi.

Fakta menarik lainnya, daftar harga makanan dan minuman di restaurant hanya sekitar $10 atau Rp142 ribu baik itu cafe atau bar.

Baca Juga: Bisa Seharga satu Buah Mobil, Ini Dia 10 Ras Anjing Termahal di Dunia

8. Peru

peru

Peru selalu masuk kedalam daftar negara terbaik untuk menghabiskan masa pensiun.  Terkenal dengan keindahan pantai dan kuliner khasnya yang lezat. Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh Peru adalah, harga super murah untuk sebuah gaya hidup yang tinggi. Terdengar konyol? Ini alasannya:

Biaya hidup yang bisa di habiskan di negara ini sekitar $1.146 atau Rp16 juta/bulan untuk hidup dengan nyaman di Peru dan $2000 atau Rp28 juta untuk gaya hidup mewah disini.

Fakta Biaya-biaya murah menarik lainnya adalah:

  • Biaya sewa rumah/apartemen di Peru dimulai dari $150 - $800 (Rp2,1 juta – Rp11,4 juta)/bulan.
  • Biaya listrik sekitar $50 - $60 (Rp712ribu – Rp855 ribu)/bulan
  • Biaya air mulai dari $10 (Rp142ribu)/bulan
  • Internet $70 (Rp988 ribu)
  • $2-$3 (Rp28 – Rp42 ribu) untuk sepiring menu lokal khas peru dan $10 (Rp142 ribu) untuk sepiring makanan dari restauran mewah di negara ini. Artinya, dikurangi dari harga makan di restauran mewah, kamu hanya perlu mengeluarkan maksimal $7,5 atau Rp106 ribu untuk 3x makan sehari dengan set menu makan+minum.

9. Thailand

Thailand

Satu lagi negara dari Asia Tenggara yang berhasil masuk ke daftar menarik ini. Thailand sudah dikenal sebagai surganya para backpacker traveller. Memiliki banyak daya tarik wisata dengan harga yang super murah membuat Thailand menjadi salah satu negara dengan pengunjung turis internasional paling di dunia.

Biaya hidup yang bisa di habiskan di negara ini sekitar $952 - $1.153 (Rp13,5 juta – Rp21,8 juta)/bulan untuk bisa memiliki gaya hidup nyaman sampai mewah di negara gajah putih ini.

Fakta Biaya-biaya murah menarik lainnya adalah:

  • Thailand memberikan harga murah untuk hal kesehatan, baik turis ataupun lokal hanya perlu membayar $10 atau Rp142 ribu untuk sekali check up.
  • Biaya sewa rumah/apartemen dimulai dari $400 - $1500 (Rp5,7 juta – Rp21,3 juta)/bulan untuk kelas menengah sampai VIP
  • Untuk soal harga makanan, kamu tidak perlu ragukan murahnya, di Thailand kamu bisa mendapatkan makanan enak dengan porsi besar hanya dengan harga $1 - $3 (Rp14 – Rp42 ribu) dan semua harga itu telah jadi patokan baik untuk jenis street food, popular cafe sampai high-end restaurant. Setidaknya kamu hanya perlu mengeluarkan $10 (Rp142ribu) untuk 3x makan di Thailand.

10. Spanyol

Spanyol

Spanyol adalah salah satu tujuan berlibur terfavorit Eropa. Di sana matahari bersinar, pantai-pantai berwarna keemasan dan nyaman untuk jadi tujuan tempat tinggal dalam jangka waktu yang lama. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan sistem kesehatan Spanyol sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Spanyol juga merupakan surga para pecinta kuliner dengan tersedianya bahan makanan yang segar dan rendah pestisida, membuat Spanyol menjadi salah satu negara dengan sajian kuliner yang paling menyehatkan.

Biaya hidup yang bisa di habiskan di negara ini sekitar $2000 (Rp28juta) dan bisa kurang perbulan untuk bisa hidup dengan nyaman di negara ini. Angka ini sudah termasuk kedalam biaya makan 3x sehari, sewa rumah dan apartemen dan transportasi.

Diurutkan Berdasarkan Kualitas Hidup dan Biayanya

Kok masih mahal? Yang masih bingung, daftar ini tidak hanya dibuat berdasarkan biaya hidup, tapi juga kualitas hidup yang bisa ditawarkan oleh masing-masing negara. Lingkungan yang sehat, nyaman dan bersih, pelayanan pemerintah yang cepat dan tepat hingga keindahan tatanan kota dan alamnya yang membuat tinggal dinegara tersebut terasa seperti liburan setiap hari.

Untuk soal kualitas, tentu harga masih jadi patokan. Jadi, angka-angka diatas adalah patokan biaya untuk gaya hidup yang nyaman di masing-masing negara yang jika kamu bandingkan dari negara lain, tentu saja angka ini jauh lebih rendah dari negara lain yang sudah popular dengan tingginya biaya hidup disana seperti Inggris, Amerika, Jepang bahkan Singapura.

Baca Juga: Bisa Sampai Rp157 Juta per Malam, Ini Dia Daftar Hotel Termahal di Indonesia