Musim Dingin dan Salju di Indonesia Bisa Kamu Temui di Kota-Kota Ini

Seperti apa rasanya hujan salju? Bagi yang penasaran tampaknya harus liburan jauh-jauh, misalnya ke Amerika atau Eropa. Sebab Negara Indonesia tidak mengenal adanya musim salju. Letak geografis Indonesia menjadikan negeri ini hanya kebagian dua musim, yaitu musim penghujan dan kemarau. 

Tapi sekarang, beberapa pengelola tempat wisata di Indonesia sudah menyediakan wisata musim dingin, lengkap dengan salju dan permainan ice skating. Penasaran? Berikut rangkuman 5 destinasi wisata musim dingin yang bisa kamu kunjungi di Indonesia.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Malang Snow Paradise, Malang

Malang Snow Paradise

Malang Snow Paradise via youtube.com

Tempat ini sudah dibuka kurang lebih 1,5 tahun yang lalu, tepatnya Bulan Desember 2017. Wahana bermain salju ini dibangun di atas lahan seluas 400 meter persegi, terbilang cukup luas bila dibandingkan dengan wahana musim dingin yang ada di kota-kota lain.

Malang Snow Paradise dibangun menyerupai bentuk kerajaan, lengkap dengan dominasi dinding berwarna putih. Setelah usai bermain skate, kamu bisa mengajak keluarga untuk berselfie ria. Ada banyak spot berfoto yang sangat ikonik, seperti terowongan salju.

Harga tiket masuknya yaitu Rp20.000 per orang untuk Hari Senin – Minggu, dan belum mendapat fasilitas tambahan. Jika ingin menyewa sepatu roda, kamu harus membayar Rp50.000 per orang, ya!

Baca Juga: Liburan Ke Medan? 8 Tempat Wisata Ini Jangan Sampai Terlewatkan!

 

2. Sky Rink Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat

Sky Rink Mall Taman Anggrek
Sky Rink Mall Taman Anggrek via hargatiket.net

Dari Malang beranjak ke ibu kota, tepatnya di Jakarta Barat, kamu bisa datang ke salah satu wisata musim dingin bernama Sky Rink. Konsep ice skating yang digunakan adalah indoor. Jadi, setiap pengunjung wajib memasuki sebuah kubah untuk menikmati serunya bermain ice skating.

Sensasi dinginnya benar-benar membuatmu seperti berada di Benua Eropa. Sayangnya, pengunjung hanya diperbolehkan bermain skate selama 2 jam untuk hari weekend. Jika belum puas bermain, kamu bisa berkunjung keesokan harinya.

Harga tiket masuk yaitu Rp95.000 per orang (sepuasnya) untuk Hari Senin – Jumat, dan Rp 120.000 per orang (selama 2 jam) untuk Hari Sabtu – Minggu. 

3. Puncak Jaya Wijaya, Papua

Puncak Jaya Wijaya
Puncak Jaya Wijaya via kordanews.com

Kamu pasti pernah mendengar nama Puncak Jaya Wijaya saat belajar Geografis di bangku SMP dan SMA dulu. Puncak ini dikenal sebagai pegunungan salju abadi di Indonesia. Di atas puncak gunung, kamu bisa melihat salju turun tanpa henti.

Untuk menikmati pemandangan salju abadi, kamu harus mendaki gunung selama berhari-hari. Sebelum melakukan pendakian, kamu wajib mengikuti latihan fisik agar tetap kuat mendaki sampai puncak gunung. 

 Biaya untuk mendaki Puncak Jaya Wijaya terbilang cukup mahal, yaitu sekitar Rp30-80 juta. Biaya ini sudah termasuk perlengkapan mendaki, makan, dan biaya sewa helikopter.

4. Gardenice Rink, Bandung

Gardenice Rink

Gardenice Rink via hargatiket.net

Tepat di Mall Paris Van Java, kamu bisa menemukan tempat bermain ice skating yang cukup menantang bernama Gardenice Rink. Es yang ada di tempat ini adalah es asli. Tak heran bila suhu udara di sini sangat dingin.

Area untuk bermain ice skating cukup luas. Jadi, kamu tidak perlu takut tidak kebagian tempat. Pastikan kamu membawa kaos kaki yang tebal untuk ice skating nanti. Kalau tidak, kamu tidak akan diperbolehkan untuk bermain.

Harga tiket masuk Rp80.000 untuk Hari Senin – Jumat dan Rp100.000 untuk Hari Sabtu – Minggu. Sedangkan untuk hari libur nasional, harga tiket menjadi lebih mahal lagi yaitu Rp120.000 per orang.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Dunia yang Jarang Terdengar, Tetapi Menyimpan Sejuta Keindahan

 

5. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng via ilmugeografi.com

Suhu dingin di Dataran Tinggi Dieng sudah tidak perlu diragukan lagi. Dinginnya benar-benar maksimal, apalagi kalau sedang musim hujan. Maka tak heran kalau tempat ini cocok dijadikan sebagai wisata musim dingin walaupun tak ada satu butir salju pun yang turun di sini. 

Meski suhu udaranya dingin, kamu betah berlama-lama di sini. Sebab, Dieng menawarkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Hamparan bukit berwarna hijau, kabut, dan gumpalan asap belerang sangat jelas terlihat.

Biaya tiket masuk tempat wisata di Dieng sangat ekonomis, yaitu Rp10.000 – Rp20.000 per orang. Cocok untuk kamu yang budget-nya minim.

Bawalah Alat Tempur Musim Dingin yang Lengkap

Agar tidak kedinginan, sebaiknya bawalah alat tempur musim dingin yang lengkap. Mulai dari jaket, kaos kaki, sarung tangan, topi, dan syal. Bila perlu, bawalah minuman panas dari rumah. Setelah bersenang-senang nanti, kamu bisa langsung meneguknya agar suhu tubuhmu tetap hangat. 

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Indonesia Ini Jadi Tempat Liburan Tamu IMF-Bank Dunia, Mana Saja?