Musim Liburan Memanggil, Ini Tips Agar Tetap Produktif di Kantor

Hawa liburan akhir tahun sudah memanggil. Pasti pikiran kamu sudah melayang membayangkan serunya liburan ke suatu tempat. Ah, tapi itu masih beberapa hari lagi. Faktanya, kamu masih harus berada di depan komputer, menyelesaikan tumpukan deadline pekerjaan.

Jangan bersedih hati. Ada baiknya juga kamu menuntaskan pekerjaan satu per satu agar liburan akhir tahun tidak terganggu. Dengan begitu, waktu akan berjalan dengan cepat dan tiba saatnya kamu akan menikmati waktu libur panjang dengan tenang dan tentram.

Tak bisa dipungkiri bekerja di saat musim liburan memang berat. Hawanya malas banget, apalagi bayang-bayang plesiran sudah di depan mata. Awas lho, hal ini dapat berpengaruh pada kinerja kamu. Alih-alih membayangkan liburan bisa menyalurkan energi positif ke pekerjaan, tapi malah bikin konsentrasi kamu turun dan produktivitas turun.

Akibatnya pekerjaan malah jadi berantakan, tidak rampung-rampung sehingga berpotensi menghambat liburan kamu. Jangan sampai itu terjadi. Singkirkan rasa malas, bangkitkan kembali semangat dan produktivitasmu agar pekerjaan selesai tepat waktu. Ada beberapa cara supaya kamu tetap produktif bekerja menjelang musim liburan:

Baca Juga: Mau Cari Sensasi Baru? Wisata Anti Mainstream Ini Cocok untuk Liburan 2019

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Buat catatan kecil

Buat Catatan Kecil
Buat Catatan Kecil

Membayangkan rencana liburan yang sudah kamu susun, sah-sah saja. Tapi usahakan jangan sampai mengganggu kinerja di kantor. Kamu bisa tetap menjaga produktivitas dengan cara membuat catatan kecil daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan setiap hari. Mulai dengan pekerjaan yang penting atau yang sudah masuk waktu deadline. Tempel catatan kecil itu di meja kerja, komputer, atau kalender sehingga akan selalu mengingatkanmu untuk menyelesaikan pekerjaan di hari itu. Jadi semua pekerjaanmu tidak ada yang terlewat atau terlupakan.

2. Tetap fokus pada pekerjaan

Setelah menyusun daftar pekerjaan, tanamkan dalam pikiran kamu untuk fokus, fokus, dan fokus. Apabila bayangan liburan melintas dalam benak, abaikan. Lihat lagi catatan kecil daftar pekerjaan yang harus dituntaskan dan kembali konsentrasi bekerja. Sesekali kamu bisa mendengarkan musik favorit untuk menggugah semangat.

3. Hindari “mencuri” jam kerja

Hindari untuk “mencuri” jam kerjamu dengan alasan apapun, termasuk untuk mengurus atau mencari informasi terkait dengan liburan yang sudah dipersiapkan.  Selain mengurangi produktivitas, hal itu juga akan membuatmu terlihat tidak profesional.

Baca Juga: Susah-Susah Gampang, Begini Cara Membangun Karier Dari Nol

4. Batasi penggunaan media sosial

Ini nih yang susah, buka ponsel dan berselancar di media sosial (medsos). Kalau sehari enggak main medsos, rasanya mati gaya. Biasanya kalau sudah begitu, enggak bisa berhenti dan akhirnya melupakan pekerjaan. Agar kamu tetap produktif ketika bekerja, batasi penggunaan medsos selama di kantor. Kamu dapat membuka akun sosmed di sela-sela waktu istirahat atau di rumah setelah pulang dari kantor.

5. Lupakan Sejenak Pekerjaan dan Nikmati Weekend

Nikmati Weekend
Lupakan Sejenak Pekerjaan dan Nikmati Weekend

Liburan panjang masih menghitung hari, tapi masih ada weekend Sabtu-Minggu untuk kamu rehat sejenak dari pekerjaan. Jika tidak ada tugas yang tenggat waktunya di hari Senin atau kamu sudah merampungkan pekerjaan setiap hari sehingga tak ada lagi utang pekerjaan, kamu dapat memanfaatkan weekend dengan bersantai.

Rileks di rumah maupun pergi ke luar bersama keluarga dan teman atau melakukan hobi akan menyegarkan kembali pikiran setelah berkutat dengan tugas-tugas kantor. Dengan begitu, kamu akan bersemangat menjalani hari-hari berikutnya untuk menuntaskan tugas sebelum liburan panjang itu tiba.

6. Susun Rencana Liburan Berikutnya

Setelah puas menikmati liburan panjang, kamu harus bisa move on. Kembali bekerja dengan target-target baru. Supaya lebih bersemangat, kamu bisa merencanakan lagi liburan selanjutnya. Susun mulai dari mau liburan ke mana, itinerary, hunting tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari. Selain akan membuat termotivasi, merencanakan liburan di awal tidak akan mengganggu produktivitasmu.

Liburan Obat Mujarab Penghilang Penat

Liburan memang jadi momen tepat untuk istirahat dan menemukan kembali semangat, serta energi positif di dalam dirimu. Rencanakan dan persiapkan liburan dengan matang. Penting juga supaya enggak boncos, manfaatkan promo menarik kartu kredit untuk traveling. Jangan lupa ajukan asuransi perjalanan agar liburan kamu tenang dan aman. Pastikan juga kamu tetap produktif dan menyelesaikan semua tugas kantor sebelum liburan, agar bisa menikmati liburan secara maksimal tanpa membawa urusan pekerjaan.

Baca Juga: Mengingatkan: Sudahkah Anda Terlindungi Asuransi Perjalanan?