Naikkan Visibilitas Bisnis dengan Pasang Iklan Gratis di Situs Terkemuka Ini

Bukan rahasia umum jika masyarakat masa kini masih menggandrungi jenis pekerjaan kantoran di sebuah perusahaan atau institusi pemerintahan. Penyebabnya mungkin saja ditengarai bahwa jenis pekerjaan tersebut terbilang ‘aman’ untuk dipilih sebagai profesi yang dapat mencukupi kebutuhan baik jangka pendek dan jangka panjang.

Meski begitu, tak sedikit pula masyarakat di usia produktif yang mulai mencoba untuk menjadi seorang pengusaha. Bahkan, ada banyak kisah inspiratif dari para kawula muda yang sukses menggeluti bidang tersebut. Hal tersebut didukung dengan fasilitas yang ditawarkan oleh teknologi seperti internet. 

Berbisnis bukan lagi profesi yang sulit untuk dilakukan seperti zaman dahulu. Dengan menggunakan internet, Anda dapat memulai bisnis dengan membuka toko online dan melakukan beragam kegiatan promosi melalui platform tertentu. Bahkan, Anda dapat mempromosikan bisnis yang sedang dirintis melalui iklan di internet yang bisa dipasang secara cuma-cuma.

Nyatanya, cukup banyak pemilik bisnis saat ini yang memanfaatkan layanan iklan gratis tersebut demi lapak yang dikelola dapat berkembang dengan lebih pesat. Bagi Anda yang juga sedang merintis sebuah usaha tentu tidak mau kalah dengan para pebisnis itu, terlebih layanan tersebut dapat digunakan dengan gratis. Untuk itu, simak 6 situs yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Situs-Situs Pasang Iklan Gratis Bagi yang Sedang Berbisnis

1. Promosikan Bisnis dengan Iklan Berbaris yang Ditawarkan OLX

Pasang Iklan Gratis di OLX

Sebagai platform dengan metode iklan baris terkemuka di dunia, Anda dapat memasarkan bisnis yang sedang dikelola memalui situs Online eXchange atau biasa disingkat OLX. Selain itu, OLX juga terhubung dengan banyak jaringan marketplace di seluruh dunia. 

Dengan memasang iklan di platform OLX, Anda dapat menemukan potential customer atau konsumen yang berminat dengan jasa atau produk yang ditawarkan di bisnis Anda. Pemasangan iklan gratis di OLX ini juga terbilang cukup sederhana. 

Saat menjadi pengguna di platform tersebut, Anda akan diberi sejumlah kesempatan atau kuota pemasangan iklan gratis setiap bulannya. Setiap pengguna akan mendapatkan kuota pemasangan iklan yang berbeda-beda, tergantung dari jenis produk yang dijajakan dan sub-kategorinya. 

Setiap kali Anda melakukan pemasangan iklan dari produk yang dijual, kuotanya akan semakin berkurang. Sebagai contoh jika pihak OLX memberikan kesempatan pemasangan iklan kepada Anda sebanyak tiga kali dalam kurun waktu 30 hari. Saat Anda sudah memasang iklan dari tiga produk yang dijual, Anda baru mendapatkan kuota pemasangan iklan gratis kembali 30 hari kemudian. 

Untuk itu, pergunakan dengan baik dan bijaksana kesempatan pemasangan iklan gratis di platform OLX tersebut. Pastikan bahwa yang diiklankan adalah jasa atau produk andalan yang dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk lainnya. Dengan begitu, kemungkinan lapak Anda untuk berkembang dan menjadi seorang pebisnis yang sukses akan lebih besar.

2. Jadikan Forum Digital Terbesar di Indonesia, Kaskus FJB sebagai Sarana Mengembangkan Bisnis

Pasang Iklan Gratis di Forum Jual Beli Kaskus

Bagi kaum millennials, Kasak-Kusuk atau yang biasa dikenal dengan nama Kaskus adalah salah satu situs andalan untuk berinteraksi dengan netizen seluruh Indonesia. Tak ayal jika Kaskus digadang-gadang sebagai forum digital terbesar di Indonesia dengan jumlah anggotanya yang sangat masif.

Bahkan, tak hanya menjadi platform untuk saling berbagi informasi atau berinteraksi dengan ‘Kaskuser’ lainnya, Anda juga dapat menjajakan dagangan melalui Forum Jual Beli atau FJB di situs tersebut. FJB ini memang dikhususkan sebagai sarana untuk berjualan di forum terbesar tersebut. Dengan jumlah anggota yang cukup membludak dan popularitas yang cukup positif, FJB dapat menjadi sarana promosi yang kuat bagi pembisnis.

Cara promosi bisnis melalui FJB pun cukup simpel. Anda hanya perlu membuat akun dan membuka lapak di forum jual beli Kaskus tersebut dengan mengisi beberapa formulir pendaftaran lapak. Dengan begitu, Anda dapat mengunggah gambar produk berikut dengan deskripsi serta harga jual untuk bisa dilihat oleh ‘Kaskuser’ atau pengunjung situs tersebut.

Lapak FJB tersebut juga dapat dibagikan di media sosial lainnya agar ada lebih banyak pengguna internet melihat jasa atau produk yang ditawarkan. Dengan begitu, barang dagangan akan menjadi lebih luas dikenal dan potensi untuk mendapatkan pelanggan baru akan lebih besar.

3. Sedang Naik Daun, Manfaatkan Popularitas Tokopedia untuk Mengenalkan Bisnis

Pasang Iklan Gratis di Tokopedia

Sebagai salah satu ecommerce terbesar di Indonesia, Anda dapat menggunakan situs Tokopedia untuk mengenalkan bisnis yang dimiliki. Dengan memiliki pengunjung rutin yang cukup banyak, popularitas Tokopedia dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk.

Mirip dengan FJB, cara yang perlu dilakukan adalah: 

  1. Membuka lapak atau toko online pada situs Tokopedia untuk mempromosikan bisnis yang sedang dijalankan.
  2. Pilih fitur Kelola Toko.
  3. Masukkan produk yang dijual melalui pilihan Tambah Produk. 
  4. Setelah itu, produk yang didagangkan akan terpampang di Tokopedia dan dapat dilihat oleh pengunjung situs tersebut.

Banyaknya pengunjung yang mengunjungi Tokopedia, membuat bisnis Anda akan semakin dikenali oleh penggunanya. Semakin banyak konsumen yang mengenali produk Anda, semakin besar pula kesempatan bisnis tersebut untuk bisa berkembang. 

Dengan begitu, pasang iklan gratis semakin menguntungkan dengan traffic pengunjung internet di Tokopedia yang tinggi.

Baca Juga: 26 Bisnis Online Menjanjikan

4. Pasang Iklan Gratis Tanpa Banyak Butuh Waktu? Pakai Saja Jualo.com

  Pasang Iklan Gratis di Jualo.com

Sumber: jualo.com

Bagi sebagian orang, memiliki bisnis sendiri memang membutuhkan banyak waktu. Oleh karena itu, tak jarang para pemilik bisnis yang masih merintis tidak memiliki waktu untuk memasang iklan di beberapa situs yang telah disebutkan sebelumnya.

Jika Anda adalah salah satu orang tersebut, memanfaatkan layanan pasang iklan gratis yang ditawarkan oleh Jualo.com adalah pilihan yang tepat. Jualo.com telah dikenal luas sebagai situs periklanan yang menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. Tak butuh waktu lama, iklan dapat dibuat di Jualo.com dalam waktu 1 menit saja.

Melalui 3 langkah sederhana pemasangan iklan, bisnis yang dimiliki dapat dipromosikan. Berikut caranya untuk memasang iklan di Jualo.com.

  1. Unggah foto produk.
  2. Masukkan deskripsi dari produk yang ingin dijual. 
  3. Setelah itu, isi profil diri sebagai informasi dari pemilik lapak atau penjual.

Dengan melakukan tiga metode tersebut, Anda dapat langsung pasang iklan gratis di Jualo.com. Setelah melalui proses moderasi oleh pihak Jualo.com, iklan yang telah dibuat tersebut telah siap tampil di situs tersebut. Bisnis pun akan menjadi lebih luas dikenal oleh pengunjung Jualo.com.

5. Punya Usaha di Bidang Jasa? Tingkatkan Profil Bisnisnya dengan Memasang Iklan di Sejasa

Pasang Iklan Gratis di Sejasa

Sumber: infonegeri.com

Salah satu masalah yang dirasakan oleh pemilik usaha di bidang jasa adalah cara untuk memasarkan bisnis. Namun, hal tersebut bukan lagi halangan karena jasa yang ditawarkan dapat dipromosikan melalui situs Sejasa.com.

Sejasa adalah situs yang menawarkan layanan pencarian bisnis di bidang jasa. Dalam situs Sejasa, terdapat ribuan jasa atau layanan yang banyak dicari oleh para pengunjung di situs tersebut. Hal ini membuktikan bahwa Sejasa telah banyak diketahui sebagai situs yang memberikan informasi dari bisnis yang menawarkan sebuah jasa tertentu.

Dengan memasang jasa yang ditawarkan, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru ketika profil bisnis yang dibuat cukup menarik. Selain itu, cara dalam menunjukkan profesionalisme juga turut memegang andil yang besar agar pengunjung situs Sejasa tertarik dengan jasa yang ditawarkan.

Jadi, pastikan bahwa iklan yang Anda pasang di Sejasa menarik dan profesional sehingga pengunjung situs tersebut tertarik untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.

6. Promosi Produk Anti Tipu-Tipu di MarketPlace, Bukalapak

Pasang Iklan Gratis di Bukalapak

Sama halnya dengan Tokopedia, Bukalapak adalah salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia. Banyak pengguna layanan belanja online yang mengunjungi situs Bukalapak untuk mencari produk yang dibutuhkan.

Oleh karenanya, tak sedikit dari para pemilik bisnis yang menggunakan Bukalapak untuk mempromosikan produk yang ditawarkan. Tak hanya ramai dikunjungi oleh konsumen Indonesia, Bukalapak juga memiliki metode transaksi yang memungkinkan pemilik lapak untuk terhindar dari tindak kejahatan penipuan.

Dengan adanya fitur rekening bersama, Bukalapak memastikan pihak pembeli dan penjual tidak melakukan tindakan penipuan. Jadi, Anda dapat mempercayai setiap calon konsumen yang tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Cara Membuat Bisnis Plan dan Kegunaannya

Promosi Bisnis Lebih Mudah Dilakukan dengan Teknologi yang Semakin Berkembang

Siapa yang kira bahwa memasang iklan atau melakukan promosi bisnis kini bisa dilakukan secara gratis alias tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. Buktinya dengan memanfaatkan beberapa situs di atas, Anda dapat memasarkan jasa atau produk yang dimiliki kepada masyarakat luas secara cuma-cuma. 

Masih banyak pilihan pasang iklan gratis untuk usaha Anda. Bahkan, terdapat pasang iklan gratis tanpa daftar. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan layanan iklan gratis di situs tersebut agar bisnis yang dimiliki dapat berkembang lebih pesat.