Nasib Asuransi Pendidikan Seandainya Anak Meninggal

Masa depan anak menjadi hal yang sangat penting untuk dipersiapkan dengan baik, bahkan meski usia anak saat ini masih terbilang kecil. Sebagai orang tua, Anda tentu memiliki banyak mimpi untuk masa depan anak Anda nanti. Pada dasarnya, hampir semua orang tua menginginkan masa depan yang cerah bagi anak-anak. Salah satunya dengan cara memberikan pendidikan terbaik.

Pendidikan akan menjadi bekal yang sangat penting bagi anak. Jadi, wajar saja jika sebagian orang tua beranggapan bahwa pendidikan ini sebagai salah satu investasi bagi masa depan anak mereka.

Untuk mendapatkan pendidikan terbaik, sejumlah biaya tentu akan dibutuhkan. Besaran biaya ini bisa saja cukup tinggi, tergantung jenis dan juga kualitas sekolah yang akan dipilih nanti. Semakin lama, besaran biaya pendidikan tentu akan semakin tinggi seiring dengan berlalunya waktu. Tak bisa dipungkiri kalau sebagian orang tua memang begitu mengkhawatirkan biaya pendidikan anak-anak mereka.

Biaya pendidikan yang tinggi menjadi salah satu alasan mengapa sangat penting bagi para orang tua untuk mempersiapkannya sejak dini. Waktu yang panjang tentu akan memberikan orang tua kesempatan yang lebih luas untuk mempersiapkan biaya pendidikan ini sehingga lebih leluasa dalam mengelola keuangan untuk kebutuhan tersebut.

Selain berbagai bentuk instrumen investasi, asuransi pendidikan adalah produk yang paling sering dijadikan sebagai pilihan. Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mempertimbangkan produk asuransi pendidikan ini untuk anak?

Baca Juga: Perbedaan Risiko antara Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Tingginya Jumlah Pengguna Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan Anak
Besaran Biaya Pendidikan Anak yang Cenderung Naik Tiap Tahun Harus Diantisipasi dengan Asuransi 

Asuransi pendidikan menjadi salah satu produk asuransi yang paling banyak diminati di Indonesia. Hal ini menunjukkan bagaimana para orang tua begitu antusias dalam mempersiapkan pendidikan bagi anak-anak mereka. Hal ini bisa saja menjadi dampak positif. Selama asuransi pendidikan tersebut memang tepat dan bisa bermanfaat dengan maksimal untuk masa yang akan datang.

Pada kenyataannya, sebagian besar orang tua justru tidak memahami dengan baik apa dan bagaimana sebenarnya manfaat asuransi pendidikan itu sendiri. Hal inilah yang kerap menimbulkan kesalahpahaman atau masalah yang terbilang cukup rumit. Sebab dana pendidikan anak justru tidak tercukupi dengan baik. Kalau untuk mengantisipasi biaya pendidikan anak pada masa yang akan datang, investasi tentu menjadi pilihan yang jauh lebih tepat, bukan?

Penting untuk memahami isi polis dengan benar dan mengetahui apa saja pertanggungan asuransi yang akan didapatkan secara detail. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda memang memilih produk yang bisa memberikan manfaat maksimal, termasuk asuransi pendidikan bagi anak.

Jangan sampai Anda salah paham dan hanya mengandalkan asuransi pendidikan saja sebagai persiapan biaya pendidikan anak kelak tanpa mengetahui dengan jelas setiap ketentuan dan juga pertanggungan yang akan didapatkan anak atas produk tersebut.

Dana pendidikan anak baru akan digunakan pada masa yang akan datang ketika tiba waktunya anak sekolah. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menghitung dan mempersiapkannya dengan tepat.

Dalam asuransi pendidikan, sejumlah pertanggungan risiko juga wajib untuk dicermati dengan tepat, baik itu risiko sakit, cacat permanen dan kehilangan penghasilan, maupun meninggal. Hal ini sangat penting, mengingat orang tualah yang akan membayar sejumlah premi yang dikenakan dalam asuransi pendidikan ini.

Sekalipun pada dasarnya hampir semua asuransi pendidikan telah mengatur hal tersebut, sangat penting bagi orang tua untuk memiliki polis asuransi sendiri di luar asuransi pendidikan. Sebab nilai pertanggungannya akan lebih maksimal dan dapat menjamin dana pendidikan anak (jika sewaktu-waktu terjadi risiko terhadap orang tuanya).

Penghasilan Anda sebagai orang tualah yang akan menjadi sumber dana pendidikan anak sehingga sangat penting untuk mengalihkan risiko yang bisa terjadi pada diri Anda. Artinya, bila Anda sakit dan tidak bisa bekerja atau bahkan meninggal dunia, keluarga (anak) bisa menerima sejumlah dana pertanggungan untuk melanjutkan hidup (pendidikan) mereka pada masa mendatang.

Baca Juga: Memilih Asuransi Pendidikan yang Tepat untuk Anak Anda

Seandainya Saja Anak Meninggal Dunia, Bagaimana Nasib Asuransi?

Asuransi Anak
Ketahui Sejak Awal Hal-Hal Menyangkut Asuransi Anak

Membahas masalah yang satu ini kerap dianggap tabu atau bahkan tidak penting bagi sebagian besar orang tua. Barangkali termasuk Anda. Sementara di sisi lain, berbagai risiko dan isi polis asuransi haruslah dipahami dengan baik dan benar supaya Anda bisa mengerti dengan jelas apa dan bagaimana hak Anda selaku pemegang polis tersebut.

Bagi Anda yang telah membelikan produk asuransi pendidikan untuk anak, hal ini tentu tak kalah pentingnya. Walaupun tidak diinginkan, risiko anak meninggal dunia tentu akan selalu ada. Apabila ternyata hal ini terjadi, satu pertanyaan akan muncul di benak Anda, bagaimana nasib asuransi pendidikannya?

Setiap perusahaan asuransi tentu akan memiliki kebijakan yang berbeda-beda terhadap pertanggungan yang mereka berikan kepada nasabahnya. Tapi, pada umumnya, hampir semua asuransi pendidikan telah memberikan manfaat pertanggungan jiwa dan sakit kritis kepada pemegang polisnya. Bukan hanya itu, kebanyakan asuransi pendidikan ini juga biasanya terdiri dari sejumlah dana tunai, baik itu berupa tabungan maupun investasi.

Apabila sewaktu-waktu terjadi risiko di mana anak meninggal dunia, perusahaan asuransi akan membayar sejumlah uang pertanggungan jiwa dan ditambah dengan sejumlah nilai tunai yang jumlahnya disesuaikan dengan isi polis anak tersebut.

Dana ini akan Anda terima dalam bentuk tunai. Anda mungkin tidak ingin membayangkan bagaimana kalau sewaktu-waktu kondisi seperti ini terjadi pada anak Anda. Namun, sangat penting bagi Anda untuk memahami hal ini sejak awal. Mengingat setiap perusahaan asuransi akan memiliki kebijakan tersendiri atas hal tersebut.

Sebelum membeli polis asuransi pendidikan anak, pastikan Anda membaca dan memahami dengan baik semua isi polis tersebut. Hal ini akan jauh lebih baik daripada kelak Anda menyesal akibat manfaat yang tidak maksimal atas produk asuransi pendidikan yang dibeli.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Rencanakan Pendidikan Anak dengan Tepat

Bagi Anda yang telah memiliki anak, merencanakan biaya pendidikannya adalah hal yang wajib dilakukan sejak dini. Pendidikan membutuhkan sejumlah biaya yang besar dan tentunya akan bertambah besar dari waktu ke waktu.

Apa pun produk keuangan yang akan dijadikan sebagai pilihan, pastikan Anda memahami dan menghitung kecukupan dana pendidikan tersebut dengan baik. Pilih produk yang tepat agar kelak anak bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca Juga: Tepatkah Asuransi Pendidikan Digunakan untuk Jamin Masa Depan Anak?