Nella Kharisma, Dari Pantura hingga Jadi Biduan Dangdut Kaya Raya

Apa salah dan dosaku, sayang
Cinta suciku kau buang-buang
Lihat jurus yang kan ku berikan
Jaran goyang, jaran goyang.

Tahu dong lirik lagu “Jaran Goyang” di atas? Lagu yang dipopulerkan penyanyi Nella Kharisma mendulang sukses. Tengok saja video lagu beraliran dangdut koplo ini sudah ditonton 212 juta kali hingga sekarang. Gaungnya meledak, hingga salah seorang bule yang juga dikenal sebagai Raja Dangdut Amerika, Lexis Mazerski membuat cover lagu tersebut, dan menyanyikannya dengan fasih. Video yang diunggahnya ke akun YouTube ini pun viral.

Ya, dangdut tak lagi sekadar musik kampungan. ‘Virus dangdut’ sudah mewabah ke seantero negeri. Siapapun yang mendengar alunan musik suling dan gendang ini, tak kuasa ikut berjoget. Melambungnya lagu Jaran Goyang, ikut melejitkan nama Nella Kharisma. Kini, Wanita kelahiran Kediri, Jawa Timur itu menjadi salah satu penyanyi dangdut muda dengan penghasilan cukup fantastis.

Baca Juga: Fantastis, Ini Penyanyi Dangdut dengan Honor Termahal

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bakat Seni Diwarisi dari Orangtua

Lihat postingan ini di Instagram

Alhamdulillah . Selamat ya mbak @nellakharisma ❤️ Akhirnya wisuda juga ❤️

Sebuah kiriman dibagikan oleh NELLA KHARISMA LOVERS (@nellalovers) pada

via Instagram nellalovers

Saat manggung, publik mengenalnya sebagai Nella Kharisma. Padahal Wanita berusia 24 tahun itu memiliki nama lengkap Nella Tri Charisma. Ia selalu tampil dengan suara dan cengkok yang khas banget. Darah seninya mengalir dari kedua orangtua. Ayahnya merupakan seniman musik Jawa berbakat yang terbiasa nembang campur sari. Sementara sang ibu jago memainkan suling, gitar, dan angklung untuk menghibur penikmat musik.

Meski sedang naik daun, Nella tak melupakan pendidikannya. Usai menamatkan sekolah menengah atas, biduan dangdut ini kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Timur, jurusan Ekonomi tahun 2014. Ia membagi waktu antara kuliah dan kerja. Kesibukannya nyanyi dari satu panggung ke panggung lain, tak membuat Nella lelah mengejar pendidikannya. Ia berhasil menyelesaikan studi dan menjadi Sarjana Ekonomi di 2018.

Dari Penyanyi Kampung sampai Tenar

via Instagram resmi Nella Kharisma

Mau tahu sepak terjang karier Nella? Ia memulai debutnya sebagai seorang sinden Pagelaran Wayang di Kediri saat usia tiga tahun. Beranjak remaja, karier Nella berawal dari penyanyi organ tunggal. Tentu saja selain untuk mengasah bakatnya, ia rela bekerja untuk membantu orangtua memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Nella sering diminta menghibur di acara pesta pernikahan, khitanan, dan syukuran. 

Menginjak usia dewasa, Nella bergabung dengan Lagista. Sebuah grup orkes melayu yang dipimpin Seniman Madura yang akrab dengan sapaan Cak Rull. Kariernya menjadi penyanyi profesional dimulai. Dari tadinya hanya di wilayah Kediri, kemudian melebarkan sayap menjadi biduanita terkenal seantero Jawa Timur berkat talentanya.

Tidak sampai di situ, nama Nella Kharisma makin berkibar. Tahun 2015, grup Orkes Melayu (OM) Monata “meminang” Nella. Bersama OM Monata, popularitas Nella semakin naik. Sudah cukup tenar, Nella punya banyak penggemar yang tergabung dalam barisan Nella Lovers. Mereka selalu hadir tiap kali Nella tampil karena terlanjur ‘jatuh cinta’ pada suara dan gaya manggungnya yang sopan.

Karier Nella semakin melejit. Kini bukan lagi penyanyi dangdut kampung. Di bawah label musik Nagaswara, single pertamanya “Konco Mesra” meledak di pasaran. Di video klipnya, ia berpenampilan penyanyi ala K-Pop. Tahun 2017 menjadi tahun keberuntungan bagi Nella, karena selain meraup pundi-pundi uang, nama Nella Kharisma merupakan seleb yang paling banyak dicari melalui mesin pencari Google sepanjang 2017.

Gaya Busana Jadi Tren

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh NELLA KHARISMA (@nellakharisma) pada

via Instagram resmi Nella Kharisma

Ketika manggung, dara cantik ini selalu menonjolkan suara dan cengkok khasnya. Bukan meraup popularitas dengan menjual keseksian tubuh. Dangdut koplo yang selalu identik dengan penampilan seksi dan goyang seronok, terpatahkan dengan kehadiran biduan-biduan seperti Nella. Ia mampu menyuguhkan tontonan menarik dengan penampilan sopan. Gaya berbusananya pun menjadi tren di kalangan anak muda. Ia lebih nyaman menggunakan outfit simpel, kasual, dan berpadu dengan sepatu snickers. Semakin cantik pula dengan make-up minimalis.

Baca Juga: Oscar 2019 yang Menarik, Goodie Bag Miliaran Rupiah Hingga Lady Gaga Menangis

Single Lagunya Meledak dan Viral

via Instagram resmi Nella Kharisma

Lagu “Konco Mesra” dikemas dalam balutan musik easy listening dan kekinian, sehingga cepat dikenal dan disukai banyak orang, bukan hanya anak-anak muda Pantura. Lagu ciptaan R. Husin Albana yang menggambarkan hubungan teman tapi mesra atau TTM ini sudah diputar hingga 167 juta kali oleh pengguna media sosial Youtube sampai saat ini. Angka yang cukup fantastis bagi seorang penyanyi daerah yang baru mengeluarkan single perdana.

Tak sampai di situ. Dewi fortuna kembali menghampiri Nella. Lagu “Jaran Goyang” yang dibawakannya meledak di pasaran. Karya musisi Andi Bendol ini mengguncang industri musik dangdut Tanah Air. Video klip lagu berhasil menempati posisi ketiga video musik terpopuler di Youtube. Jumlah views-nya tepat di bawah video klip lagu “Sayang” yang dipopulerkan Via Vallen.

Asal tahu saja, Andi Bendol sudah menciptakan lagu Jaran Goyang jauh sebelum lagu itu masuk ke dapur rekaman tahun 2014. Lagu ini mengajarkan kisah moral kepada siapapun untuk menggunakan cara-cara yang benar untuk menaklukkan hati orang yang dicintainya, bukan dengan ilmu pelet.

Lagunya sukses, nama Nella pun kian naik daun. Sepanjang tahun 2018, Nella telah merilis tujuh lagu dangdut terbaru, baik dinyanyikan secara solo maupun duet. Dua di antaranya merupakan lagu pop dari band Armada, yakni “Pulang Malu Tak Pulang Rindu” dan “Asal Kau Bahagia”. Nella juga membawakan lagu “Sabar Ini Ujian” bersama dengan duo rapper Republik Penguasa Hati (RPH), “Ninja Opo Vespa,” “Sawangen,” Kapten Oleng,” dan lagu “Jurus Perindu.” Lagu-lagu Nella dinyanyikan dalam campuran Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.

Popularitas Tinggi di Media Sosial

Nella Kharisma
via Instagram resmi Nella Kharisma

Saat di atas panggung, Nella kerap menyanyikan lagu-lagu pop yang disesuaikan dengan aliran musiknya, dangdut koplo. Video-video manggung yang rutin diunggah lewat laman Youtube sampai saat ini memiliki 35 ribu subscriber. Di instagram pribadinya, Nella sudah memiliki 3,7 juta followers. Di akun Facebook, sudah punya 125 ribu pengikut. Dengan jumlah pengikut dan fans yang banyak, Nella laris manis mendapat tawaran endorse.

Penyanyi Dangdut dengan Honor Termahal

Lihat postingan ini di Instagram

Makaryo lagih 💪💪

Sebuah kiriman dibagikan oleh NELLA KHARISMA (@nellakharisma) pada

via Instagram resmi Nella Kharisma

Nella masuk dalam jajaran penyanyi dangdut pendatang baru dengan bayaran termahal. Tawaran manggung datang dari dalam maupun luar negeri. Sejak tenar di tahun 2017, honor manggung Nella  sudah mencapai Rp25 juta per jam, di luar fasilitas lain yang menjadi syarat untuk mengisi sebuah acara. Bayaran tersebut makin melonjak seiring nama besar Nella, sampai Rp40 juta per jam. Paling tinggi saat manggung di acara tahun baru 2018, ia bisa mengantongi honor hingga Rp70 juta per jam.

Dalam sebulan, Nella mampu menerima tawaran 20 kali manggung. Kalau dihitung berarti biduan ini meraup pendapatan sekitar Rp800 juta per bulan. Belum lagi, bayaran endorse produk yang nilanya sekitar Rp200 juta-300 juta. Di total, sebagai pendatang baru, Nella sudah mampu mengantongi penghasilan cukup fantastis, sekitar Rp1 miliar dalam sebulan.

Tetap Semangat Meraih Mimpi

Nella Kharisma adalah salah satu contoh orang yang gigih berjuang mengejar karier. Dari panggung di acara kondangan yang bayarannya minim, kini meraup miliaran rupiah. Semua karena kerja keras, ulet, pantang menyerah, serta konsisten dengan ciri khas. Jika Nella bisa, Anda juga pasti mampu menggapai mimpi dan cita-cita. Ingat, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Jadi tetap semangat berikhtiar dan berdoa.

Baca Juga: 5 Tips Sukses dari Perjalanan Hidup Via Vallen