Nervous Kencan Pertama? Yuk, Simak Dulu Perkiraan Budget Kencan dan Cara Hematnya!

Kencan pertama memang menjadi momen yang paling dinantikan bagi setiap pasangan muda khususnya yang baru saja menjalin kasih. Rasa senang, menegangkan, gugup, dan lainnya tercampur jadi satu di dalam benak.

Ini tentu menjadi hal yang wajar, bila biasanya hanya berbincang atau sekedar bertemu di lingkungan kantor atau kampus yang dikelilingin teman-teman, tapi momen ini pertama kalinya kamu dan pasangan bertemu berdua, jalan bersama, membicarakan sesuatu hal dan sebagainya.

Untuk menyambut momen tersebut, tentunya setiap pasangan akan melakukan berbagai persiapan dari jauh-jauh hari agar saat harinya tiba bisa memperlihatkan yang maksimal. Mulai dari memikirkan penampilan dari ujung rambut hingga kaki hingga topik-topik percakapan yang akan di bahas.

Namun, ada hal yang lebih penting dari itu, yaitu kamu perlu menyiapkan budget untuk kencan pertama. Coba bayangkan bila kamu ingin mengajak orang terkasih untuk kencan tapi tidak menyiapkan uang yang cukup, pastinya kencan tidak akan berjalan sesuai yang diharapan, bukan?

Umumnya, setiap kencan memiliki kisaran budget yang berbeda-beda, tergantung dari tempat atau lokasi yang kamu pilih. Sebagai gambarannya, berikut ini terdapat perkiraan pengeluaran kencan pertama sesuai dengan tempat kencan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Restoran

kencan
Kencan di Restoran

Siapa yang tidak terenyuh hatinya jika kencan pertama dilakukan dengan makan malam atau dinner di sebuah restoran, pastinya pasangan kamu akan merasa bahagia. Kebanyakan orang beranggapan dinner di restoran adalah kencan yang paling romantis.

Untuk kamu yang memilih cara kencan ini rasanya perlu merogoh kocek agak dalam, sebab akan banyak pengeluaran uang untuk booking tempat restoran dengan me-request tambahan bunga-bunga di meja sehingga terlihat lebih romantis, memesan makan dan minum. Biasanya restoran standar dengan kisaran harga mulai Rp100 ribu hingga Rp200 per orang, sedangkan restoran terkenal bisa mencapai Rp300 ribu hingga Rp400 per orang.

2. Kafe

Sekarang ini kafe menjadi tempat yang paling banyak dipilih kalangan milenial untuk kencan pertamanya. Selain menyediakan menu makanan dan minuman yang bervariasi, kafe juga menyuguhkan tampilan atau desain yang unik dan kekinian atau lebih dikenal ‘instagramable banget’. Ditambah lagi sudah banyak kafe yang menyediakan live musik. Ini tentunya akan membuat suasana kencan pertama semakin asik dan seru, sebab kamu dan pasangan bisa ngobrol-ngobrol santai sambil menikmati hindangan dan ditemani lantunan lagu hingga foto-foto.

Setiap kafe ngebandrol harga yang beragam, tergantung dari tempat kafe serta makan dan minuman yang kamu pilih. Tapi pada umumnya, kencan di kafe tidak membuat kantong jebol sebab kisaran harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp50 ribu hingga Rp100 ribu per orang.

Baca Juga: Peluang Usaha Menggiurkan: Buka Mini Cafe dengan Modal Racikan Mie Instan!

3. Membelikan Suatu Barang

hadiah
Membelikan suatu barang

Kencan pertama memang harus memberikan dan meninggalkan kesan yang romantis. Biasanya selain hanya sekedar makan malam di kafe atau restoran, tak sedikit juga pasangan yang memberikan hadiah berupa barang seperti bunga, boneka kecil, atau aksesoris lainnya. Menyoal harga dengan kisaran Rp50 ribu – Rp300 ribu tergantung hadiah yang kamu pilih. Semakin bagus hadiahnya tentunya akan semakin mahal pula harganya.

4. Nonton Film di Bioskop

Jika kamu dan pasangan memiliki hobi nonton, kencan dengan nonton film di bioskop bisa jadi ide yang patut di coba. Apalagi menyukai genre film yang sama. Kencan ini tentunya akan semakin seru, sebab aka nada obrolan-obrolan ringan mengenai film yang di tonton sehingga bisa mulai membangun kemistri. Harga tiket nonton pun sesuai dengan tempat, kelas dan hari yang kamu pilih. Umumnya, harga tiket nonton sekitar Rp30 ribu - Rp 250 ribu per orang.

Baca Juga: Cara Ampuh Temukan Pasangan bagi Kamu yang Masih Single

Cara Hemat Budget Kencan

Hingga saat ini kencan pertama menjadi momen yang wajib dilakukan bagi pasangan yang baru saja kasmaran. Pastinya akan banyak pengorbanan terutama dalam pengeluaran uang agar kencan pertama bisa berkesan. Namun, dalam pengeluaran ini tentunya kamu bisa lebih hemat dengan melakukan cara ini, di antaranya:

1. Kartu Kredit

kartu kredit
Kartu kredit

Menggunakan kartu kredit hanya akan membuat penggunanya terkena masalah keuangan, padahal jika bijak dalam menggunakan kartu kredit tentu akan memberikan banyak keuntungan. Dengan menggunakan kartu kredit di setiap transaksi yang kamu lakukan saat kencan, kamu bisa mendapatkan banyak promo-promo, diskon, cashback atau poin-poin yang bisa ditukarkan.

2. E-Wallet

e wallet
E-wallet

E-wallet merupakan dompet digital yang sekarang ini semakin digandrungi masyarakat. Cara kerjanya pun sangat mudah, yaitu hanya menggunakan ponsel. Jadi, seseorang tidak perlu repot lagi membawa banyak uang kertas serta dompet yang besar. Selain kemudahannya yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya, e-wallet juga memberikan banyak promo hingga diskon menarik.

Saat ini banyak e-wallet yang bisa kamu pilih, antara lain Go-Pay, OVO, LinePay, GrabPay, TokoCash, T-Cash, Jenius by BTPN, Dana, DokuWallet, ShopeePay, BukaDompet, XL Tunai, Paypro Indosat, Sakuku BCA, Mandiri e-cash, dan Rekening Ponsel CIMB. Kamu yang ingin merencanakan kencan dengan pasangan, menggunakan e-wallet menjadi pilihan yang tepat.

Manfaatkan Promo Bisa Menghemat Budget Kencan

Kencan pertama memang menjadi hal perlu direncanakan dengan matang. Namun, jangan sampai dalam periapannya hanya akan membuat kamu menjadi boros tak terkendali, bahkan hingga uang bulanan kamu habis tak tersisa. Sebaiknya manfaatkan promo yang diselenggaran berbagai tempat kencan, kartu kredit hingga e-wallet agar mendapatkan potongan harga, sehingga bisa menghemat budget kencan. Cari tahu seputar promo tersebut melalui internet atau pihak yang bersangkutan.

Baca Juga: Tips Berhasil Membuat Kartu Kredit Pertama Bagi Milenial