Nikmati Suasana Berbeda Kota Yogyakarta dengan Wisata Malam Ke Sini

Tidak hanya Bali, Indonesia juga memiliki kota Yogyakarta sebagai kota yang mampu menarik banyak wisatawan asing untuk berkunjung. Selain berstatus sebagai “kota pelajar”, Yogyakarta juga menawarkan sejuta tempat wisata yang wajib dikunjungi sewaktu datang ke Yogyakarta seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Yogyakarta juga memiliki pantai-pantai sekitar Gunung Kidul yang terkenal akan keindahannya.

Selalu ada kerinduan untuk kembali lagi dan lagi ke kota romantis nan eksotis ini. Berkunjung ke Yogyakarta rasanya tidak lengkap tanpa menikmati tempat wisata malamnya. Pasalnya, Jogja selalu menyuguhkan keelokan wisata malam yang tidak ada habisnya.

Senja telah meredup namun, indahnya kota Jogja tak lantas ikut meredup juga. Pasalnya, masih ada wisata malam hari yang bisa dinikmati disini. Apa sajakah wisata tersebut?

1. Tugu Jogja

tugu jogja
Tugu Jogja via students.id

Siapa yang tidak mengenal Tugu Jogja yang dikenal sebagai landmark kota Yogyakarta ini? Tugu yang satu ini terlihat bersinar di jalanan A.M.Sangaji, Diponegoro, Sudirman, dan Margo Utomo. Tugu ini berada tepat di garis Gunung Merapi dan Keraton yang membuatnya terlihat indah sepanjang malam.

Semakin malam, tugu ini semakin indah dan mempesona. Banyak orang yang rela menunggu hingga Tugu Jogja ini sepi demi mengabadikan sebuah foto yang hasil jepretannya juga tidak kalah bagusnya.

2. Jalan Malioboro

jalan malioboro
Jalan Malioboro via kotajogja.com

Setiap kali berkunjung ke Jogja, sudah pasti jalanan di kawasan Malioboro selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun asing. Baik siang maupun malam, tetap saja ramai pengunjungnya. Selain sebagai tempat berbelanja, sepanjang Jalan Malioboro juga sangat menarik dijadikan sebagai tempat untuk membangun romantisme Anda dengan pasangan.

Baca Juga : 8 Destinasi Liburan Menarik di Malang

3. Alun-Alun Kidul

alun-alun kidul
Alun-alun Kidul via blogspot.com

Apakah kota Anda memiliki alun-alun atau tidak? Inilah yang menjadi keunikan dari Yogyakarta. Tidak hanya memiliki satu alun-alun saja akan tetapi dua alun-alun yaitu Alun-Alun Kidul dan Alun-Alun Utara. Anda yang berkunjung ke alun-alun ini bisa menyewa mobil-mobilan untuk menikmati indahnya kota Yogyakarta di malam hari.

4. Bukit Bintang

bukit bintang
Bukit Bintang via berwisata.info

Bukit bintang ini juga menawarkan keindahan malam yang tidak ada duanya. Bukit ini berada di pinggir jalan Jogja tepatnya di Bukit Pathuk. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi sewaktu sore menjelang malam. Dari ketinggian yang kurang lebih mencapai 150 meter, Anda bersama orang terdekat bisa menikmati keindahan malam Kota Jogja yang sangat indah dan mempesona.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata Murah di Jakarta dan Sekitarnya

5. Taman Pelangi

taman pelangi
Taman Pelangi via piknikasik.com

Taman  Pelangi adalah salah satu dari sekian banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Yogyakarta. Taman ini terletak di jalanan Ring Road Utara daerah Monjali. Lokasi taman ini sangatlah mudah dijangkau karena berada tepat di jalan raya. Walaupun terletak di jalan raya namun, Anda tidak akan merasa terganggu dengan kebisingan suasana kota.

Taman Pelangi ini memiliki dua sisi pintu masuk yaitu di sebelah Barat dan Timur. Jika datang berkunjung kesini, sangat disarankan untuk masuk melalui sisi Timur. Mengapa? Karena dari sisi inilah Anda akan disambut oleh lampu lampion yang sangat besar sekaligus sebagai tempat menuju gerbang masuk negeri lampion.

6. Nol Kilometer

nol kilometer
Nol Kilometer via jelajahjogja.com

Titik ini berlokasi di ujung jalan Malioboro. Masyarakat setempat sering menyebut tempat ini dengan Perempatan Kantor Pos Besar. Titik Nol Kilometer ini sendiri berada tepat diantara empat titik pertemuan di Yogyakarta yaitu Jalan Jendral Ahmad Yani, Jalan Kyai Ahmad Dahlan, Jalan Trikora, dan Jalan Senopati.  

Letaknya yang sangat strategis menjadikan titik nol kilometer ini sebagai tempat nongkrong yang tidak akan pernah sepi terutama bagi anak muda. Selain sebagai tempat nongkrong, tempat ini juga sering mengadakan event-event tertentu seperti pertunjukan seni dan tari.

Eksotis dan Anti-Mainstream

Yogyakarta memiliki sejuta tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dua minggu berlibur di Kota Gudeg ini rasanya juga tidak cukup jika Anda ingin mengeksplor semua tempat-tempat eksotik. Semakin sedikit orang yang mengunjungi tempat tersebut, maka bisa dipastikan keindahan tempat wisatanya juga masih baik dan terjaga. Dengan tempat wisata yang masih terjaga keindahannya tentu semakin menyenangkan juga liburan Anda.

Baca Juga : 7 Tempat Liburan Kekinian di Bandung yang Sayang Bila Tidak Dikunjungi