Oscar 2019 yang Menarik, Goodie Bag Miliaran Rupiah Hingga Lady Gaga Menangis

Piala Oscar atau Oscar Academy Awards adalah penghargaan perfilman paling tinggi di industri film. Bertabur bintang-bintang kelas atas, setiap tahun Oscar Academy Awards selalu menyugguhkan berbagai moment menarik yang pasti menjadi topik hangat untuk dibicarakan oleh banyak orang diberbagai belahan dunia.

Oscar 2019 kali ini pun banyak hal baru dan menarik yang terjadi. Mulai dari para artis-artis yang hadir, para nominasi, konsep acara bahkan fashion pun menjadi trending topic diberbagai akun sosial media di banyak negara. Berikut berbagai fakta menarik seputar acara penghargaan piala Oscar ke 91 ini:

1. Tidak Memiliki Host Pertama Kali dalam 30 Tahun Terakhir

MC Oscar

Setiap acara penghargaan pasti memiliki official MC diluar dari para pembaca nominasi. Setiap tahun Oscar akan memilih official MC yang berbeda. Biasanya official MC untuk Oscar dipilih dari kalangan comedian papan atas, seperti Ellen DeGeneres, Jimmy Kimmel, Chris Rock hingga Billy Crystal.

Tapi tidak untuk tahun 2019. Kevin Hart comedian sekaligus aktor ternama Amerika Serikat ini mundur dari posisinya setelah dipilih secara langsung oleh Oscar karena tersandung kasus homophobic yang memicu kebencian masyarakat Amerika Serikat. Oscar pun memutuskan untuk membiarkan acara berlangsung tanpa official MC pertama kali dalam 30 tahun karena mundurnya Kevin Hart sebagai host Oscar tahun ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

2. Goodie Bag Super Mewah Bernilai Miliaran Rupiah

Oscar Goodie Bag 2019
Oscar Goodie Bag 2019 via beertjevanbeers.nl

Tidak hanya konsep dan panggungnya yang berkonsep mewah dan mahal. Goodie Bag yang dibagikan ke tamu-tamu undangan Oscar 2019 pun demikian. Diperkirakan total nilai dari acara penghargaan paling bergengsi di dunia ini pun mencapai angka Rp1,2 Miliar. Goodie Bag Oscar 2019 kali ini berisi:

  • Paket satu minggu di Golden Door Retreat dengan pilihan lokasi California, Islandia, Kosta Rika, Amazon, dan Panama senilai USD 5 ribu atau Rp70 juta per malam.
  • Perjalanan liburan gratis selama satu minggu ke Yunani dengan menginap di Avaton Luxury Villas Resort dengan harga USD 20 ribu atau Rp280 juta.
  • Paket liburan tiga hari dan menginap di Luxury Wellness Retreat Malibu senilai USD 20 ribu atau Rp280 juta.
  • Perawatan Age Interventionist Renee Lynn's CBD Rx Supreme protocol USD 5 ribu atau Rp170 juta.
  • Paket perhiasan lengkap dari MILLIANNA senilai Rp250 juta.
  • Perawatan rambut setahun dari Dr. Konstantin Vasyukevich VidaHair spesialis Growth Natural Hair Growth System. Sekali perawatan biasanya mencapai Rp70 - 100 juta.
  • Voucker kelas konsultasi phobia bersama Kalliope Barlis. Spesialis terbaik dunia.
  • Cokelat Coda Signature yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Satu barnya dibandrol Rp10 juta.
  • Paket perawatan high beauty selama setahun senilai Rp 65 juta
  • Mister Poop Emoji Plunger.

3. Marvel Studio Berhasil Meraih Oscar Pertama Berkat Black Panther

Black Panther
Black Panther via animatedtimes.com

Black Panther adalah film produksi Marvel Studio pertama yang menulis cerita tentang karakter pahlawan kulit hitam pertama. Film ini pun banyak mendulang sukses dalam penayangannya di seluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung Marvel Studio pun berhasil memenangkan 3 piala di 3 kategori berbeda.

Kemenangan ini pun menjadi kemenangan oscar pertama untuk Marvel Studio setelah 10 tahun hanya berlalu lalang sebagai nominasi di  Oscar Academy Award. Tiga kategori yang dimenangkan adalah “Best Costume Design in Motion Picture”, “Best Production Design in a Motion Picture” dan “Best Score in a Motion Picture”.

4. Lady Gaga Menjadi Magnet Utama Oscar 2019

Lady Gaga
Lady Gaga via wefornews.com

Tidak hanya sukses sebagai penyanyi tapi Lady Gaga juga berhasil menjadi Aktris papan atas dalam hitungan singkat berkat film terbarunya A Star is Born bersama Bradley Cooper. Tapi A Star is Born tidak hanya sukses menyematkan title Aktris terbaik untuk Lady Gaga tapi juga sebagai penulis sekaligus pencipta lagu original soundtrack terbaik.

Setelah berhasil menang di acara bergengsi lainnya yaitu Golden Globe, Lady Gaga pun berhasil meraih kemenangan di Oscar dengan kategori yang sama yaitu Best Original Song lewat lagu ciptaannya sendiri Shallow. Dengan penuh air mata Lady Gaga pun mengambil tropi tersebut bersama dengan pasangannya di film yang sama Bradley Cooper dan crew.

Tidak hanya itu, Lady Gaga pun menyanyikan lagu Shallow secara live berduet dengan Bradley Cooper secara menakjubkan di panggung Oscar. Duet ini pun menjadi highlight utama di acara penghargaan Oscar tahun ini.

Baca Juga: Yuk, Belajar Cintai Diri Sendiri dengan Nonton 4 Film ini!

5. Netflix Toreh Moment Bersejarah dengan “Roma” Memenangkan Film Terbaik

Netflix Trailer Roma
Netflix Trailer Roma via youtube.com

Layanan streaming populer Netflix sebenarnya sudah tidak baru lagi terselip sebagai nominasi di acara penghargaan bergengsi seperti Oscar dan Golden Globe. Netflix pun telah banyak menghadirkan ratusan film berkualitas dan telah sering menang berbagai kategori di acara penghargaan perfilman.

Namun untuk tahun ini sangat spesial karena akhirnya untuk pertama kali Netflix berhasil menyabet piala Oscar untuk kategori ‘Best Movie’ untuk pertama kalinya lewat film dokumenter hitam-putih “Roma”. Film dokumenter berlatar belakang kota di Mexico tahun 1970 ini pun berhasil masuk ke 10 nominasi lain di Oscar tahun ini.

Baca Juga: Generasi Millenial Wajib Tonton 5 Film yang Mengajarkan Finansial Agar Lebih Pintar Kelola Uang

Ketahui juga Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2019 Berikut Ini:

Best Actor:

Rami Malek - 'Bohemian Rhapsody'

Best Actress:

Olivia Colman - 'The Favourite'

Best Supporting Actor:

Mahershala Ali - 'Green Book'

Best Supporting Actress:

Regina King - 'If Beale Street Could Talk'

Best Director:

Alfonso Cuaron - 'Roma'

Best Animated Feature:

'Spider-Man: Into the Spider-Verse'

Best Animated Short:

'Bao'

Best Adapted Screenplay:

'BLACKkKLANSMAN'

Best Original Screenplay:

'Green Book'

Best Cinematography:

'Roma'

Best Documentary Feature:

'Free Solo'

Best Documentary Short Subject:

'Period. End of Sentence'

Best Live Action Short Film:

'Skin'

Best Foreign Language Film:

'Roma' – Meksiko

Film Editing:

'Bohemian Rhapsody'

Sound Editing:

'Bohemian Rhapsody'

Sound Mixing:

'Bohemian Rhapsody'

Production Design:

'Black Panther'

Original Score:

'Black Panther'

Original Song:

'Shallow' - 'A Star Is Born'

Makeup and Hair:

'Vice'

Costume Design:

'Black Panther'

Visual Effects:

'First Man'

Tidak Hanya Mewah, Tapi juga Penuh Haru dan Inspiratif

Selain terkenal karena kemewahan dan kemeriahannya, Oscar juga dikenal dengan berbagai moment bersejarah yang juga menginspirasi. Sebagai puncak dari sebuah acara penghargaan tentu pengaruh Oscar tidak hanya di industri film saja tapi juga keseluruh lapisan masyarakat. Melalui pidato banyak dari pemenang nominasi mencoba menyampaikan pesan positif mengenai berbagai hal, mulai dari optimisme, pendidikan, kesehatan, lingkungan sampai ekualitas.

Memanfaatkan platform sebesar dan semegah Oscar tentu pesan-pesan positif yang diutarakan oleh para pemenang bisa cepat menyentuh dan menjadi penggerak berbagai perubahan positif baik untuk diri sendiri atau komunitas.

Baca Juga: 10 Film yang Wajib Ditonton untuk Nambah Motivasi Hadapi Tahun Baru 2019