Pahami Pentingnya Melek Keuangan dengan Cara Ini

Banyak orang yang tidak memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan dengan baik dan semestinya, di mana mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai keuangan itu sendiri. Hal seperti ini tentu akan sangat berisiko bagi keuangan, terutama bagi mereka  yang telah memiliki tanggungan atau berkeluarga.

Sebagian besar orang akan membuat sebuah rencana keuangan dan berusaha untuk menjalankan serta menerapkan berbagai macam cara untuk bisa mencapai rencana tersebut. Di dalam hal ini tentu akan sangat dibutuhkan pengetahuan dan juga kemampuan yang mumpuni dalam mengelola keuangan dengan baik.

Berbagai rencana inilah yang kemudian akan dijalankan untuk menuju target-target keuangan di masa yang akan datang, baik itu target jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan sebuah perencanaan dan juga penerapan yang tepat, maka keuangan bisa berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif di dalam kehidupan pribadi yang menjalankannya.

Namun pada kenyataannya, ada banyak sekali orang dewasa yang tidak melek keuangan, bahkan untuk penduduk Indonesia hanya seAndar 32% saja yang melek keuangan. Ini tentu angka yang sangat kecil, jika dibandingkan dengan berbagai negara lainnya yang terdapat di dunia.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Standard & Poor, beberapa negara bahkan mencapai angka standar 65%, yakni: Australia, Kanada, Denmark, Finlandia, Jerman, Belanda, Swedia, dan juga Inggris Raya. Negara Anda bahkan berada di bawah negara tetangga, seperti: Singapura di angka 59% dan Malaysia di angka 36%. Hal ini tentu patut menjadi sebuah kesempatan yang baik bagi Anda untuk lebih menambah dan juga memperbaharui pengetahuan Anda mengenai keuangan itu sendiri.

Baca Juga : Ini Cara Wanita Modern Mengatur Keuangannya

Siapa Saja dan Bagaimana yang Disebut Melek Keuangan?

people.jpg

People via picdn.net

 

Anda tentu seringkali berpikir bahwa mereka yang bergelut di dalam bidang ekonomi sajalah yang seharusnya melek keuangan dan memiliki kepentingan atas hal tersebut. Pandangan seperti ini tentu sangat salah, sebab semua orang dewasa pada kenyataannya akan selalu bergelut dengan keuangan, jadi sudah sepatutnya mereka melek keuangan dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengelola keuangannya sendiri.

Pada dasarnya penilaian terhadap pengambilan keputusan-keputusan keuangan ini bisa dilakukan melalui survey mengenai keuangan itu sendiri, termasuk kemampuan dalam menjawab 4 pertanyaan mendasar mengenai keuangan, yakni: inflasi, bunga, compound, dan juga diversifikasi keuangan. Kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan, bisa terlihat dari pengetahuan orang tersebut mengenai keempat komponen tersebut di atas.

Setiap orang dewasa seharusnya melek keuangan dan memiliki kemampuan dalam mengambil berbagai macam keputusan-keputusan di dalam keuangannya, sehingga kondisi keuangan semakin membaik dari waktu ke waktu. Seseorang yang melek keuangan juga bisa menangani dengan baik investasi dan juga mengelola aset yang dimilikinya dengan maksimal. Hal seperti inilah yang diharapkan menjadi sebuah nilai lebih dari mereka yang melek keuangan, di mana mereka tahu betul apa saja yang harus dan perlu dilakukan di dalam keuangan mereka.

Namun berdasarkan survei yang dilakukan, diketahui bahwa dua pertiga dari orang dewasa di seluruh dunia buta keuangan. Ini tentu jumlah yang sangat besar, sebab hanya sepertiga saja orang dewasa yang melek keuangan dan memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan dengan baik. Lalu, bagaimana dengan Anda?

Baca Juga : 5 Cara Kendalikan Keuangan Agar Tetap Sehat

Membiasakan Diri Melek Keuangan

melek keuagan

Melek Keuangan via rd.com

 

Dalam mengetahui dan mempelajari sesuatu, tentu Anda tidak akan memiliki kata terlambat untuk itu. Hal ini juga berlaku dalam membiasakan diri melek keuangan, Anda bisa memulai hal tersebut dengan berbagai kebiasaan yang mudah dan tidak menyulitkan. Tidak perlu berubah secara drastis, melek keuangan bahkan bisa dibiasakan dengan berbagai cara yang mudah dan lebih menyenangkan, terutama jika memulainya sejak masih dini.

Sebagian orang mungkin akan menganggap hal ini sulit untuk dimulai, terutama bagi mereka yang telah terbiasa tidak memiliki kontrol yang baik di dalam keuangan, maka bisa dipastikan rata-rata orang tersebut tidak melek keuangan. Jika seseorang tidak memiliki cara pengaturan uang yang baik, maka besar kemungkinan dia juga tidak memiliki pengetahuan yang cukup baik mengenai keuangan.

Melek keuangan bisa dibiasakan sejak awal, terutama bagi anak-anak yang memang masih sangat mudah belajar. Lakukan beberapa poin di bawah ini untuk membiasakan mereka melek keuangan sejak dini:

1. Beri Contoh yang Mudah

meeting.jpg

Meeting via squarespace.com

 

Membiasakan anak-anak untuk melek keuangan sejak dini tentu harus dilakukan dengan cara-cara yang tepat, sehingga mereka bisa menerima dan mengerti tentang apa yang sedang Anda ajarkan kepada mereka. Jika anak-anak terbiasa memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan dengan baik sejak dini, maka akan sangat besar kemungkinan mereka bisa mengelola keuangan dengan baik di saat dewasa nanti.

Tunjukkan pada mereka bagaimana mengelola keuangan yang baik, sehingga mereka juga terbiasa mengelola keuangan (uang jajan) mereka dengan baik dan terkontrol. Biasakan memiliki pola hidup hemat, agar anak-anak juga bisa melihat dan mencontoh cara anda mengelola keuangan dengan bijak.

2. Biarkan Mereka Memiliki Pengalaman Mengatur Keuangan Sendiri

manage finance.jpg

Manage Finance via nextavenue.org

 

Anak-anak senang belajar serta melakukan berbagai hal yang baru di dalam hidup mereka, maka anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuat mereka melek keuangan sejak dini. Ajaklah mereka ke bank dan membuka rekening sendiri di sana, sehingga mereka merasakan bagaimana rasanya memiliki simpanan sendiri di bank. Mereka akan menyukai hal tersebut, sebab mereka menganggap itu sebuah hal yang menarik dan membuat mereka memiliki sesuatu yang pribadi dan berharga.

Biasakan juga mereka mencatat dan mengetahui apa saja kebutuhan mereka, lalu berikan uang cash ketika di supermarket dan biarkan mereka membeli sendiri daftar belanja yang telah mereka susun dari rumah tersebut. Ini akan mengajarkan mereka mandiri dan terbiasa mengelola keuangan sejak dini, sehingga mereka bisa memiliki pengalaman dalam hal tersebut, yang tentu saja akan berguna ketika mereka dewasa nanti.

Pahami dan Biasakan

Melek keuangan menjadi hal yang wajib bagi semua orang dewasa, di mana setiap orang memang seharusnya memiliki kemampuan dalam mengelola dan juga mengambil keputusan di dalam keuangan mereka. Jika seseorang melek keuangan, maka besar kemungkinan orang tersebut akan memiliki kemampuan dalam melakukan investasi dan juga mengelola aset yang dimilikinya secara maksimal.

Baca Juga : Cara Atur Keuangan Keluarga dengan Rapi