Pakai KTA untuk Biaya Pendidikan? Ini Manfaat yang Anda Dapatkan

Pendidikan adalah sebuah investasi bagi orang tua untuk anaknya. Pendidikan anak harus menjadi prioritas yang tidak bisa dihindarkan mulai dari tingkat pra-sekolah hingga minimal tingkat sarjana. Peran pendidikan memang sangat baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Masyarakat selalu dituntut untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi agar mampu bersaing untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendapatkan pekerjaan dan karir yang bagus. Akan tetapi, semua itu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan biaya hidup, biaya pendidikan juga ikut meroket naik. Masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam menyiasatinya.

Sangat beruntung bagi Anda yang sudah menyadari pentingnya pendidikan sejak dini, karena Anda pasti sudah mempunyai persiapan dana pendidikan baik berupa tabungan maupun investasi pendidikan.

Jika sebaliknya, Anda belum punya persiapan dana pendidikan sementara Anda sudah berada pada posisi harus segera melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka jalan terakhir yang ditempuh adalah mengambil pinjaman bank.

Salah satu alternatif yang bisa Anda pilih yaitu mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan). KTA ini juga sangat cocok untuk Anda yang ingin menyekolahkan anak ke tingkat yang lebih tinggi namun terbentur masalah dana.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia

Perlukah Menggunakan KTA?

Seberapa Perlu Menggunakan KTA?

Seberapa Perlu Menggunakan KTA? via beliefnet.com

Apakah semua orang yang terbentur dana pendidikan selayaknya ambil KTA? Menurut teori, sebenarnya siapa yang cocok untuk memilih KTA untuk biaya pendidikan? Anda mesti hati-hati dalam melakukan evaluasi diri. KTA ini setidaknya bisa diambil minimal untuk kondisi seperti di bawah ini:

  • Pertama, bagi Anda yang sekarang sudah bekerja tetap sebagai karyawan, pegawai atau wiraswasta yang sudah mendapatkan penghasilan tetap diatas Rp2 juta.
  • Kedua, kredit ini cocok jika Anda adalah orang tua dan ingin menyekolahkan anak ke jenjang yang lebih tinggi. Manfaat jika Anda sekarang sudah bekerja dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi adalah bisa menunjang karir Anda sebagai pegawai atau karyawan.

Dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi, tentu saja ini akan sangat berguna untuk mencapai posisi yang lebih tinggi atau untuk meningkatkan kredibilitas jika Anda adalah seorang pengusaha.

KTA merupakan salah satu alternatif paling mudah untuk mendapatkan biaya pendidikan dan mencapai mimpi di dunia akademik. Bahkan kini, perbankan mulai meluncurkan produk KTA khusus untuk biaya pendidikan yang bisa diakses oleh siapa saja yang memenuhi syarat.

Salah satu KTA yang bisa Anda gunakan adalah BNI Cerdas KTA. KTA yang dikeluarkan oleh BNI ini memberikan plafon untuk biaya pendidikan hingga Rp200 juta. Tentunya dengan plafon sebesar itu, Anda bisa manfaatkan untuk biaya pendidikan mulai dari pre-school hingga pascasarjana dengan tenor hingga 3 tahun.

Salah satu contoh bahwa KTA sudah memberikan kemudahan di dunia pendidikan adalah hal yang dilakukan oleh Universitas Gajah Mada. UGM bekerjasama dengan pihak perbankan untuk memberikan sokongan dana kepada mahasiswa (khusus S2) untuk bisa mendapatkan kredit mahasiswa.

Meskipun sasaran dari kredit ini hanya diperuntukkan untuk mahasiswa S2, namun dalam hal ini KTA telah terbukti bisa membantu dalam urusan pendidikan.

Baca Juga: Apa Saja Biaya KTA Selain Bunga? Ini Dia Rinciannya!

Penting Sebelum Menggunakan KTA untuk Biaya Pendidikan

Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan KTA

Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan KTA via toodamnyoung.com 

Kalau Anda sudah memantapkan diri untuk mengajukan KTA demi meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maka poin penting berikut ini bisa berguna bagi Anda.

  • Bagaimana motivasi Anda untuk melanjutkan pendidikan?

Apakah Anda yakin dan memiliki motivasi yang kuat untuk meneruskan pendidikan? Ini adalah hal utama yang harus Anda pikirkan. Jangan sampai ketika Anda sudah terlanjur mengajukan KTA, Anda kehilangan motivasi dan mundur dari bangku perkuliahan.

Jika sampai Anda tidak melanjutkan di tengah jalan, maka Anda akan merugi. Pertama, Anda sudah membuang uang untuk biaya masuk kampus dan biaya uang per semester. Belum lagi Anda juga masih harus menanggung bunga dan biaya pokok dari KTA.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengajukan KTA untuk biaya pendidikan, maka pikirkan seberapa kuat motivasi Anda untuk melanjutkan pendidikan. Jika Anda masih ragu-ragu tentang pendidikan Anda, maka Anda patut untuk mengurungkan pengajuan KTA dan lebih baik Anda menabung terlebih dahulu.

  • Inilah bukti bahwa  KTA bisa benar-benar bisa membantu Anda

Jika kebutuhan untuk meneruskan pendidikan sudah tidak bisa ditunda lagi, apalagi Anda sudah dituntut untuk mengantongi ijazah yang lebih tinggi untuk mendapatkan promosi, maka KTA merupakan solusi terbaik yang harus Anda ambil.

Jika Anda sudah dapat memastikan bahwa setelah lulus kuliah dan mengantongi ijazah yang lebih tinggi, Anda akan mendapatkan promosi dengan gaji yang lebih tinggi, maka meskipun nantinya Anda harus membayar bunga dari KTA, maka toh itupun tidak akan seberapa jika dibandingkan dengan besaran gaji yang akan Anda terima untuk jangka waktu kedepan.

Bayangkan jika Anda harus menabung terlebih dahulu untuk bisa daftar di perguruan tinggi, maka Anda akan kehilangan waktu yang berharga untuk segera mendapatkan promosi dengan lebih cepat. Dengan kalkulasi yang tepat, dengan mengandalkan KTA bisa sangat membantu Anda.

Tetap Gunakan Tabungan Sebagai Senjata Utama

Sebagai pekerja, selain punya utang, sebaiknya Anda juga harus mempunyai tabungan. Tabungan Anda sangat berharga untuk menutup sebagian besar biaya perkuliahan, sehingga Anda tidak seratus persen menggunakan uang dari pinjaman KTA.

Dengan mempelajari tips memilih KTA dan kombinasi biaya pendidikan dengan tabungan akan membuat Anda tetap bisa berhemat dan bahkan menyisihkan sebagian tabungan untuk kepentingan mendesak lainnya.

Baca Juga: Lagi cari Pinjaman KTA? Pilih-Pilih Dahulu!