Pancing Ide dengan 5 Tips Berikut Ini!

Yuli adalah seorang copywriter yang bekerja di salah satu agency ternama di Jakarta. Sebagai seorang copywriter yang notabene merupakan pekerjaan di bidang kreatif, Yuli dituntut harus senantiasa memiliki ide dan kreativitas dalam membuat campaign yang menarik sesuai dengan ekspektasi klien.

Yuli memang bisa dikatakan sebagai individu yang  kemampuan untuk itu. Namun, sebagai seorang manusia biasa, ada kalanya juga Yuli menemui ‘jalan buntu’ dalam menyelesaikan tugas-tugasnya tersebut dan hal ini merupakan suatu kewajaran.

Apa yang kemudian harus Yuli lakukan? Apakah ia harus resign dari pekerjaannya? Tentu saja tidak. Nyatanya, dibalik kebuntuan kita dalam menemukan ide-ide baru untuk dituangkan ke dalam pekerjaan, ada cara-cara yang bisa dilakukan untu memancing kembali ide-ide tersebut ke dalam otak kita.

Nah, Anda yang mungkin kini sedang stuck dan tak tahu apa yang dilakukan terhadap pekerjaan, simak tipsnya berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jangan Paksakan Diri, Istirahatlah Sejenak

Beristirahat Sejenak

Ingat, kita bukanlah robot. Manusia juga punya batasan dalam berpikir. Ketika sudah merasa tidak tahu harus melakukan apa lagi dengan pekerjaan, maka tetap memaksakan otak untuk berpikir sama saja buang-buang tenaga. Lagipula, hasilnya dijamin tidak akan bisa maksimal.

Mengistirahatkan otak barang sejenak adalah langkah cerdas agar pikiran bisa kembali fresh. Nah, saat pikiran kembali  fresh itulah maka ide-ide cemerlang Anda pun kembali mengalir deras. Lakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat otak kamu rileks, seperti berkeliling di area sekitar kantor, tiduran sejenak, atau beribadah.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Jadi Makin Produktif Ketika Bekerja

2. Manjakan Perut

Manjakan perut

Satu hal yang menjadi faktor kita kehilangan ide adalah perut yang kosong. Ya, bahkan selain membuat Anda hilang ide, perut kosong juga menyebabkan kita mudah emosi. Nah kalau sudah begini, berantakan sudah kerjaan kita. Oleh sebab itu, jangan pernah biarkan perut Anda kosong. Sesaat setelah Anda merasa stuck, segeralah makan atau paling tidak menyantap camilan. Oleh karenanya, selalu sediakan makanan ringan di meja kerja Anda.

 

3. Cari inspirasi di Youtube, Pinterest, atau Instagram

cari inspirasi

Ide bisa datang dari mana saja. Nah, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform digital yang kiranya menyimpan banyak insight sebagai bahan referensi agar nantinya ide yang Anda miliki tidak monoton. Platform berbagi video Youtube, hingga medium kreatif seperti Pinterest dan Instagram tentunya memberikan sejuta inspirasi yang kemudian bisa kamu kembangkan lagi. Percaya, melihat konten-konten di ketiga platform tersebut secara otomati kan men-trigger ide Anda.

4. Giat Berdiskusi dengan Rekan Kerja

mengobrol dengan rekan kerja

Manusia sejatinya adalah makhluk sosial. Manusia sulit untuk hidup sendiri sehingga saling membutuhkan satu sama lain. Hal ini berlaku di segala aspek kehidupan, termasuk ketika sedang dilanda kebuntuan untuk memunculkan ide. Anda tentu saja tidak bisa memikirikan semuanya sendirian, karena hal ini akan sia-sia.

Cobalah untuk berdiskusi dengan rekan kantor, tidak hanya yang satu divisi dengan Anda, tepi juga dengan mereka yang bukan satu divisi. Dengan berdiskusi, maka dengan sendirinya kamu akan menemukan insight baru untuk kemudian dapat diimplementasikan ke dalam pekerjaan.

Sering-seringlah melakukan brainstorming dan jangan sekalipun merasa malu untuk bertanya. Ingat! Malu bertanya, sesat di jalan.

Baca Juga: Tips Bekerja dari Intern Menjadi Pegawai Tetap

5. Bekerja Sambil Memutar Musik

Mendengarkan Musik

Banyak riset membuktikan, bahwa musik memiliki peran cukup penting dalam memperlancar kerja otak kita.  Oleh sebab itu, agar otak senantiasa dipenuhi dengan ide-ide cemerlang, Anda juga bisa mencoba tips yang satu ini, yaitu bekerja sambil mendengarkan musik.

Sejatinya, semua genre musik memiliki dampak positif yang sama dalam membantu kinerja otak, jadi pilihlah musik sesuai dengan selera Anda. Atau, bisa mencoba untuk memasang playlist dengan berbagai genre musik yang berbeda. Mendengarkan musik yang belum pernah kita dengar sebelumnya ternyata jauh lebih memperlancar kerja otak.

Mulai Segera, Jangan Ditunda!

Semua akan percuma kalau ide apapun yang muncul cuma dipikirkan saja. Oleh sebab itu, sesegera mungkin mulailah untuk mengimplementasikan ide tersebut. Mulailah menulis, membuat desain, hingga membuat konsep meskipun itu hanya bersifat draft.

Tidak perlu khawatir, yang terpenting Anda sudah ada kemauan untuk senantiasa memulai pekerjaannya walau dimulai dari yang kecil-kecil. Itu dia 5 Tips untuk memancing ide yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Terlalu Baik Hati Bukan Prioritas di Tempat Kerja