Para Introvert Ini Dia Profesi Paling Cocok Buat Kamu

Bagi orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan terbuka mungkin dengan mudahnya bisa mendapatkan pekerjaan di mana saja. Semua masalah bisa diatasi dengan mudah.

Namun, berbeda kasusnya dengan para introvert. Orang dengan sifat introvert biasanya akan lebih tertutup dan cenderung lebih pendiam. Sangat tidak cocok jika para introvert ini diberikan tugas seperti reporter, wartawan, atau pembawa acara televisi.

Sebenarnya apa sih introvert itu?

Introvert adalah julukan untuk seseorang yang tidak  nyaman saat harus berhadapan secara langsung dengan orang sekitar, bersosialisasi, atau bekerja secara tim. Orang introvert memiliki karakteristik seperti di bawah ini.

  • Lebih senang saat harus bekerja sendirian
  • Tidak suka dengan obrolan basa-basi
  • Tidak terlalu banyak berbicara
  • Membutuhkan ruang untuk menyendiri
  • Memperhatikan lebih detail
  • Lebih nyaman untuk menyelesaikan satu hal dengan teratur atau satu persatu, bukan multitasking

Untungnya di Cermati.com Anda bisa mendapatkan informasi tentang pekerjaan yang sesuai untuk para introvert. Anda seorang introvert? Sebaiknya simak dengan baik pekerjaan di bawah ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Penulis

penulis

Jika Anda seorang introvert, menjadi seorang penulis akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi tulis menulis. Terlebih lagi saat ini ada banyak sekali platform yang menyediakan ruang untuk para penggunanya mencari pekerjaan dan mendapat pekerja yang berkualitas.

Lagipula, dengan menulis tidak memerlukan banyak tatap muka dengan orang lain. Hanya perlu waktu yang cukup banyak untuk menatap komputer dan memperluas ide kreatif.

Baca Juga: Anda Introvert? Begini Cara Promosikan Diri di Dunia Kerja

 

2. Editor

editor

Menjadi editor juga cocok untuk orang introvert. Editor biasanya akan bekerja di dalam ruangan bersama dengan komputer yang memiliki aplikasi khusus editing. Komunikasi dengan kru yang lain biasanya hanya seputar pekerjaan yang sedang diselesaikan.

3. Seniman

seniman

Jika Anda adalah orang introvert dan memiliki jiwa seni yang tinggi, sebaiknya coba geluti pekerjaan ini. Menjadi seorang seniman juga tidak mudah, butuh ketrampilan ekstra untuk bisa menghasilkan karya-karya luar biasa. Selain itu, seniman yang lebih banyak duduk seorang diri dan mengembangkan ide kreatif dengan menyalurkannya ke berbagai kanvas, piring, atau kain ini akan menjadi pekerjaan yang cukup nyaman untuk orang introvert.

4. Fotografer

fotografer

Fotografer profesional biasanya hanya akan mengarahkan gaya dan posisi yang tepat saat memotret agar menghasilkan foto yang bagus. Tidak ada percakapan yang mengharuskannya menjelaskan panjang lebar.

Mungkin bukan hanya fotografernya saja ya, untuk jadi modelnya pun tidak membutuhkan orang yang banyak bicara. Jadi, orang introvert juga bisa lhoh jadi seorang model foto. Asalkan memiliki wajah yang eye catching dan memiliki aura tersendiri agar menarik mata pengamat.

Oleh sebab itu, orang introvert yang hobi dan tertarik dengan dunia fotografi sebaiknya menggeluti bidang pekerjaan ini.

5. Akuntan

akuntan

Seorang akuntan yang bekerja dihadapkan dengan angka-angka dan rumus-rumus sudah tentu membutuhkan ruangan yang tenang agar bisa fokus dalam mengerjakan pekerjaannya. Jika keadaan sekitar terlalu ramai biasanya akan menghilangkan konsentrasi dalam berpikir.

Ini menjadi kesempatan emas bagi Anda para introvert yang mahir dalam bidang akuntan. Selain bisa bekerja dalam ruangan yang tenang, sendirian,  Anda juga bisa lebih nyaman karena tidak harus berkomunikasi banyak dengan orang lain.

Baca Juga: Pekerjaan Baru di Era Millenial yang Cocok Jadi Part Time Job

 

6. Penerjemah

translator

Saat ini banyak orang yang membutuhkan penerjemah untuk menerjemahkan dokumen dan tulisan-tulisan lainnya. Anda yang seorang introvert bisa menggunakan kesempatan ini.

Penerjemah dokumen biasanya hanya bekerja di depan komputer. Membuka kamus dan menuliskan kembali dokumen yang sudah diterjemahkan. Cocok sekali bukan?

7. Pekerja Laboratorium

pekerja laboratorium

Bekerja sebagai pekerja di lab juga bisa menjadi pilihan Anda. Penjadi seorang pekerja di lab membutuhkan suasana yang tenang agar bisa berkonsentrasi. Terutama saat meracik obat atau bahan kimia lainnya. Ini akan sangat cocok dengan kepribadian Anda yang introvert. Biasanya juga hanya ditemani beberapa pekerja lainnya.

8. Pekerja lepas online

freelancer

Bekerja sebagai pekerja lepas bisa menggunakan fasilitas internet yang ada. Anda bisa mencari lowongan yang ada di internet ya. Biasanya lowongan ini lebih banyak sebagai penulis, penerjemah, atau editor.

Meskipun untuk proses awal seleksi biasanya sebagian klien akan meminta kesediaan wawancara, namun hanya untuk awal saja. Selanjutnya akan melalui WhatsApp maupun email. Jadi bekerja di depan layar komputer pasti akan sangat nyaman untuk Anda ya.

Pilihlah Pekerjaan yang Sesuai dengan Kemampuan

Sekali lagi, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri untuk bisa seperti orang lain. Jadilah diri sendiri, temukan dan kembangkan bakat yang dimiliki. Jika di atas ada salah satu pekerjaan yang cocok untuk Anda, tunggu apa lagi? Lamar sekarang juga. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan baru ya. Pantau terus artikel selanjutnya, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Co–Living Cara Baru untuk Meningkatkan dari Karir Hingga Bisnis