Paylater atau Kartu Kredit, Lebih Untung Mana?

Saat ini untuk mengajukan kredit jauh lebih mudah dari sebelumnya. Apalagi dengan hadirnya inovasi fitur kredit yang satu ini yang membuat transaksi kredit jauh lebih mudah. Fitur kredit limit atau pinjaman tanpa uang jaminan tersebut adalah Paylater.

Paylater merupakan solusi untuk Anda yang ingin ambil cicilan kredit tanpa perlu memiliki sebuah kartu kredit. Nah, jika sebelumnya Anda pernah gagal dalam mengajukan kredit, Anda bisa mencoba Paylater. Karena banyak orang yang kemudian beralih menggunakan Paylater setelah pengajuan kreditnya ditolak oleh Bank.

Bahkan sekarang ini masyarakat gencar menggunakan Paylater, sebenarnya perbedaannya kalau Kartu Kredit berbentuk fisik Kartu, dan Paylater adalah sebuah aplikasi. Namun keduanya sama-sama memiliki fungsi sebagai pinjaman uang tanpa jaminan untuk masyarakat yang mengajukan kredit.

Fitur kredit Paylater memungkinkan para pengguna untuk membeli suatu produk dengan menggunakan dana talangan yang bisa dibayarkan belakangan. Misalnya Anda membeli barang di suatu marketplace, maka Anda bisa membayar di marketplace tersebut yang sudah bermitra untuk pembayaran ini.

Untuk bisa memanfaatkan Paylater, pengguna bisa memilih angsuran dengan skema pembayaran bulanan 1 sampai 12 bulan untuk Traveloka yang juga jenis dari Paylater dan tiga bulan untuk OVO.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kartu Kredit VS Paylater, Mana Yang Menawarkan Bunga Lebih Rendah

bunga rendah

Kartu kredit dan paylater sudah pasti memiliki bunga yang berbeda. Bank Indonesia memberikan syarat bunga kartu kredit maksimal yaitu 2,25%, dan Bank tidak boleh menerapkan bunga jauh diatas angka 2,25%.

Selain itu beberapa kartu kredit, Anda diberikan fasilitas bunga 0% dari cicilan yang Anda ambil. Cuma ada syaratnya yaitu apabila Anda membeli barang di merchant yang telah menjalin kerja sama dengan Bank untuk program cicilan dengan bunga 0%.

Selain itu dalam kartu kredit, Anda juga tetap bisa menggunakan fasilitas bunga 0% terus selama cicilan kartu kredit yang Anda bayarkan sebelum jatuh tempo atau pas dengan jatuh tempo. Apabila Anda membayar setelah jatuh tempo, maka Anda akan diberikan total bunga 2,25% dan denda atas keterlambatan membayar angsuran kartu kredit.

Sementara itu untuk bunga paylater, khusus untuk Paylater OVO menerapkan bunga sebesar 2,9% per bulan, Paylater Traveloka yaitu sebesar 2,14% sampai dengan 4,78% per bulan, Paylater Gojek yaitu bunga sebesar 25 Ribu per bulan, dan Kredivo bunga 0 persen sampai dengan 2,95 persen per bulan.

Paylater juga terdapat bunga 0% seperti kartu kredit, Cuma untuk syaratnya cicilan harus dicicil selama 1 bulan.

Lebih Lama Tenor Cicilan Kartu Kredit Atau Paylater?

tenor

Berbicara tenor cicilan, pasti ada orang yang ingin cicilannya diberikan waktu yang lebih lama, namun ada juga orang yang ingin tenor atau waktunya singkat agar bisa cepat melunasi hutang ke Bank.

Namun sebenarnya walaupun tenor cicilan lama, Anda tetap akan dikenakan biaya bunga yang otomatis nominal angsuran kredit Anda akan lebih besar. Tapi ada juga yang memilih tenor singkat agar bisa cepat bayar angsuran kredit dan biaya tidak terlalu besar dengan biaya bunga. Tenor cicilan kartu kredit umumnya mulai dari 6 bulan, 3 bulan, sampai dengan 12 bulan. Ada juga sampai dengan 18 – 24 bulan.

Berbeda dengan kartu kredit, tenor paylater memberikan waktu maksimal adalah 12 bulan. Ana juga bisa ambil tenor lebih cepat untuk Paylater seperti 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan di Paylater.

Baca Juga: Aplikasi Layanan Pay Later Makin Diminati, Yuk Cek Keuntungan dan Kerugiannya  

Lebih Banyak Biaya Kartu Kredit atau Paylater?

pinjam uang

Nah, ini yang paling penting untuk Anda yang ingin mengajukan, entah kartu kredit/ Paylater. Berapa biaya yang dibutuhkan dan lebih banyak biaya untuk kartu kredit atau Paylater. Berikut akan kami jelaskan detailnya.

Kalau untuk kartu kredit, Anda akan dikenakan biaya tahunan yang rutin harus Anda bayarkan setiap tahunnya. Dan besaran biaya ini berbeda-beda oleh setiap Bank. Seperti contohnya jenis kartu kredit beberapa Bank di bawah ini dengan besaran biaya tahunannya.

Baca Juga: Hindari Jeratan Utang Online, Yuk Pahami Dulu 5 Risiko Pay Later 

Jenis kartu kredit biaya tahunan:

BANK BRI

Kartu Kredit Easy Card: Rp250 ribu

Kartu Kredit Platinum: Rp600 ribu

Kartu Kredit JCB Platinum: Rp300 ribu

Kartu Kredit Wonderful Indonesia: Rp600 ribu

Kartu Kredit World Access: Rp1 juta

Kartu Kredit Touch Gratis biaya, jika aktifkan kartu BRI lain

Kartu Kredit Business Card Gratis biaya

Kartu Kredit Infinite: Rp2 juta

BANK CIMB NIAGA

Kartu Kredit Classic: Rp125 ribu

Kartu Kredit Platinum: Rp600 ribu

BANK MANDIRI

Kartu Kredit Signature: Rp900 ribu 

Kartu Kredit JCB Precious: Rp500 ribu

Kartu Kredit Skyz Card: Rp300 ribu

Kartu Kredit Pertamina Card: Rp400 ribu

Kartu Kredit Hypermart Card: Rp200 ribu

BANK BCA

Kartu Kredit Everyday Card: Rp125 ribu

Kartu Kredit Card Indomaret Rp125 ribu

Kartu Kredit Card Platinum: Rp250 ribu

Kartu Kredit Mastercard Matahari: Rp125 ribu

Kartu Kredit Mastercard Platinum: Rp450 ribu

Kartu Kredit Visa Black: Rp450 ribu

Kartu Kredit Visa Platinum: Rp450 ribu

Kartu Kredit Visa Batman: Rp125 ribu

Kartu Kredit BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite: Rp1 juta

Kartu Kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature: Rp500 ribu

Selain itu untuk biaya Paylater berbeda-beda dari setiap penyedianya. Seperti untuk Paylater OVO dikenakan biaya 5% dari jumlah transaksi, Paylater Traveloka tidak ada biaya, Paylater Gojek tidak ada biaya, dan untuk Kredivo biaya 1% dari jumlah transaksi atau bisa juga lebih.

Untuk paylater juga Anda akan dikenakan biaya denda sama seperti telat membayar kartu kredit. Besaran dendapun juga berbeda-beda.

Jadi, mau itu kartu kredit maupun Paylater memiliki keunggulannya masing-masing. Dan keduanya merupakan fasilitas kredit yang cukup baik sebagai sarana Anda dalam meminjam uang. Jangan lupa untuk selalu membayar setiap angsuran kredit yang Anda pinjam.

Baca Juga: Ketahui Fakta Ini Sebelum Anda Gunakan Jasa Negosiator Utang Pinjaman Online