PCare BPJS Kesehatan, Ketahui Keuntungan serta Kemudahannya

Sebagai salah satu program resmi dari pemerintah, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dalam bentuk asuransi kesehatan, yang memiliki sifat wajib. Setiap warga negara Indonesia disarankan untuk mendaftar sebagai peserta asuransi di BPJS Kesehatan.

Dibandingkan dengan asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh pihak swasta, iuran bulanan bagi peserta BPJS Kesehatan terbilang jauh berbeda. Padahal, asuransi kesehatan dari BPJS dan pihak swasta memiliki fungsi yang kurang lebih sama.

Meskipun memiliki tarif yang cukup terjangkau, BPJS Kesehatan berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pesertanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya program dan inovasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan. 

Salah satu inovasi yang dibuat dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada peserta asuransi adalah New PCare BPJS.

Secara singkat, BPJS Kesehatan meluncurkan PCare dengan maksud untuk memaksimalkan pelayanan fasilitas kesehatan yang digunakan oleh peserta untuk berobat. Nah, bagi Anda yang ingin memahami lebih dalam tentang apa itu PCare dan keuntungannya, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu PCare BPJS Kesehatan?

Sempat dijelaskan sebelumnya, PCare atau Primary Care adalah sebuah inovasi dari BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan yang bisa dirasakan oleh setiap pesertanya. Sebuah aplikasi yang menawarkan Faskes tingkat dasar atau pertama seperti, puskesmas dan klinik bagi peserta BPJS Kesehatan.

Sebenarnya, aplikasi PCare telah dicanangkan oleh pihak BPJS Kesehatan sejak tahun 2014 silam. Namun, fungsi serta kegunaannya masih memerlukan berbagai perbaikan dan penyempurnaan sebelum akhirnya bisa dirasakan oleh peserta dengan maksimal.

Melalui aplikasi tersebut, peserta BPJS Kesehatan dapat mengajukan pengobatan ataupun sekedar mendaftarkan diri sebagai pihak yang berobat di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Pengajuan pelayanan laboratorium juga bisa Anda lakukan melalui aplikasi ini.

Anda juga dapat mengajukan penegakan diagnosa dan terapi pengobatan langsung melalui aplikasi tersebut. Tentunya, Anda tidak perlu repot saat harus melakukan pendaftaran maupun kebutuhan lainnya karena telah memiliki aplikasi PCare tersebut.

Untuk bisa mendapatkan aplikasi PCare tersebut, Anda hanya perlu mengunjungi situs PCare BPJS Kesehatan. Anda juga bisa mengunduh aplikasi tersebut secara langsung di Google Playstore tanpa dipungut biaya apapun.

Namun, untuk bisa menggunakan aplikasi PCare, Anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran akun di kantor BPJS Kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengakses data Anda sebagai peserta BPJS Kesehatan saat melakukan pengobatan di klinik maupun puskesmas.

Baca Juga: BPJS Kesehatan, Apa Kelebihan dan kekurangannya?

Fungsi dari Menggunakan Layanan PCare BPJS Kesehatan

Sebagai upaya memaksimalkan pelayanan yang bisa didapatkan oleh peserta BPJS Kesehatan, aplikasi PCare memiliki beragam fungsi yang menarik. Tentunya, fungsi yang ditawarkan oleh aplikasi ini akan memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya.

Saat memiliki aplikasi PCare, Anda tidak perlu lagi mengantri dalam mengurusi keperluan administrasi. Pasalnya, aplikasi PCare akan mengolah data Anda secara digital. 

Jadi, waktu Anda tidak akan terbuang percuma hanya untuk keperluan administrasi dan pasien bisa segera mendapatkan penanganan. Berikut ini merupakan beberapa fitur yang dimiliki aplikasi PCare: 

1. Informasi Tagihan

2. Tata Cara Mendaftarkan Peserta BPJS Kesehatan Secara Mandiri ataupun Instansi

3. Pencarian Fasilitas Kesehatan Terdekat

Melalui aplikasi PCare pula Anda bisa mendapatkan berbagai penjelasan mengenai manfaat terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Seperti, cek pembayaran tagihan hingga HFIS atau sistem informasi Health Facilities. 

Jadi, Anda mendapatkan beragam kemudahan saat memiliki aplikasi PCare sebagai anggota BPJS Kesehatan.

Keuntungan yang Bisa Didapatkan saat Menggunakan Layanan PCare BPJS Kesehatan

Aplikasi PCare juga memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan. Keuntungan dari menggunakan aplikasi ini tentu dapat memudahkan Anda saat akan melakukan pengobatan pasien di fasilitas kesehatan yang dituju, seperti:

1. Alur Pendaftaran Pasien yang Lebih Praktis

Melalui aplikasi PCare, Anda dapat memasukkan data dan nomor pendaftaran peserta BPJS Kesehatan secara otomatis karena telah tersimpan sebelumnya.

2. Data Pasien yang Terintegrasi

Semua fasilitas kesehatan seperti klinik dan puskesmas telah memiliki informasi pasien atau peserta BPJS Kesehatan yang akan berobat. Jadi, petugas faskes tidak perlu lagi melakukan proses administrasi secara manual dan penanganan kepada pasien bisa segera dilakukan.

3. Proses Diagnosa Pasien Lebih Cepat

Hal ini disebabkan karena rekam medis pasien telah tercatat pada aplikasi tersebut. Jadi, petugas faskes dapat merujuk pada jejak kesehatan tersebut untuk melakukan diagnosis kepada pasien.

4. Proses Rujukan Lebih Mudah

Pasalnya, surat rujukan dari faskes tingkat pertama bisa Anda dapatkan secara langsung melalui aplikasi PCare tersebut. Jadi, proses rujukan ke rumah sakit tingkat selanjutnya akan menjadi lebih mudah Anda lakukan. Terlebih lagi pada faskes yang telah melakukan kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Cara Daftar dan Menggunakan Layanan PCare BPJS Kesehatan

Sumber: dvlp.bpjs-kesehatan.go.id

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, Anda mungkin belum memahami tentang tata cara menggunakan layanan PCare ini. Padahal, keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat memiliki aplikasi PCare cukup menarik dan memudahkan proses administrasi pasien di puskesmas maupun dokter.

Untuk bisa menggunakan aplikasi PCare, berikut caranya:

1. Kunjungi Situs Resmi atau Download di Google Playstore

Anda dapat mengunjungi situs resmi PCare BPJS Kesehatan ataupun melalui Google Playstore. 

2. Masukkan Username dan Password

Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk memasukkan username serta password jika Anda sudah melakukan registrasi. Jika belum, Anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran akun PCare terlebih dahulu.

3. Pilih Menu Sesuai Kebutuhan Anda

Setelah Anda berhasil login, Anda akan berada pada halaman PCare tentang informasi dan indeks pasien peserta BPJS. Dalam halaman ini, ada beberapa menu yang perlu untuk Anda pahami fungsinya.

Menu yang pertama adalah Home, yang berfungsi untuk membawa Anda ke halaman utama aplikasi PCare. Selanjutnya ada menu Entri Data yang berfungsi untuk pendaftaran pasien atau pelayanan pasien.

Sesuai dengan namanya, Pendaftaran Pasien berguna untuk mendaftarkan peserta BPJS yang belum pernah melakukan pengobatan sebelumnya. Dalam bagian ini, Anda perlu mengisi beberapa data secara lengkap dan akurat. Setelah semua informasi terisi dengan benar, Anda dapat menyimpannya dengan menekan tombol “Simpan”.

Sedangkan untuk Pelayanan Pasien, Anda dapat memasukkan data layanan yang didapatkan oleh pasien. Anda dapat memilih kolom “Diagnosa” atau “Terapi” berdasarkan fasilitas yang didapatkan oleh pasien. 

Setelah semua informasi yang dibutuhkan terisi, Anda bisa menekan tombol “Simpan” untuk menyimpan data yang telah dimasukkan.

Selain pendaftaran dan pelayanan pasien, Anda juga dapat melakukan rujukan pada menu Entri Data tersebut. Caranya adalah dengan memilih Pelayanan Pasien dan pilih Rujuk Lanjut pada bagian status pulang. Setelah itu, tentukan jenis spesialis yang dituju sebagai rujukan. 

Dengan mengklik “Cari Rujukan”, Anda akan dialihkan ke halaman pilihan fasilitas kesehatan rujuk lanjut dengan pilihan rumah sakit, golongan, alamat, hingga jarak tempuh rumah sakit tersebut. Nomor rumah sakit serta jadwal praktek juga tertera pada halaman tersebut. 

Jadi, Anda bisa mendapatkan informasi penting mengenai rumah sakit rujukan tersebut.

Anda juga bisa melihat informasi data kunjungan, kegiatan, dan juga jumlah kunjungan pasien melalui menu “Lihat Data”. Untuk mengganti kata sandi akun PCare, Anda dapat menekan menu “Tools”. Menu ini juga berguna untuk mencari tahu jumlah tenaga medis di tempat Anda melakukan pengobatan.

Terakhir, Anda dapat mengetahui keterangan fasilitas kesehatan yang dipilih melalui menu “Keterangan Faskes”. Dengan begitu, Anda tidak bingung lokasi pengobatan pasien karena Anda dapat mengetahui nama dari fasilitas kesehatan yang Anda gunakan.

Fasilitas PCare Dapat Memberikan Kemudahan pada Pasien BPJS Kesehatan

Memiliki aplikasi PCare memang dapat memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan. Akan tetapi, tak sedikit masyarakat yang masih belum memahami tentang kegunaan dari aplikasi tersebut. 

Jadi, bagi Anda yang memiliki relasi atau anggota keluarga yang belum mengetahui tentang PCare, tidak ada salahnya untuk memberitahukannya agar proses pengobatan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

 Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang BPJS Kesehatan