Pebisnis Pemula, Ini 4 Kriteria Produk Bisnis Online yang Paling Aman Dijual

Jika berniat menjalankan bisnis online, pastikan Anda bisa memilih produk yang tepat sejak awal. Bukan hanya untuk sekedar mudah dijual, namun pemilihan produk ini juga akan mempengaruhi bisnis secara keseluruhan. 

Produk yang mudah busuk atau rusak tentu akan lebih merepotkan dan membutuhkan penanganan yang lebih rumit. Hal-hal seperti ini patut diperhitungkan sejak awal, apalagi jika ini masih menjadi bisnis online pertama yang akan dijalankan. 

Jangan sampai tujuan menjalankan bisnis tidak tercapai dengan maksimal, hanya karena memilih jenis produk yang salah. Untuk menghindari kerugian bisnis seperti ini, ada beberapa kriteria produk yang harus pebisnis pemula ketahui dan pertimbangkan dengan matang. 

Berikut ini beberapa kriteria produk bisnis online yang paling aman dijual untuk pebisnis pemula seperti Anda.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Produk yang tidak mudah pecah

produk
Pilih produk yang tidak mudah pecah

Dalam menjalankan bisnis online, Anda tentu akan membutuhkan proses pengiriman barang kepada konsumen. Hal ini biasanya akan melibatkan jasa ekspedisi, sehingga setiap pesanan konsumen bisa tiba di tangan mereka dalam kondisi yang baik. 

Pada kenyataannya, proses ini tidak selalu berjalan dengan mudah, mengingat akan selalu ada resiko di dalam setiap perjalanan produk yang Anda kirimkan. Resiko ini bahkan akan semakin besar, jika ternyata menjual produk yang mudah pecah. 

Pada umumnya, produk yang mudah pecah akan membutuhkan penanganan khusus, bahkan sejak pengemasan. Anda harus memastikan produk ini tidak rusak atau bahkan pecah selama dalam perjalanan. Jika tidak dalam kondisi baik, maka konsumen akan kecewa dan bisa saja mengajukan komplain atas kerusakan tersebut. 

Jika tidak ingin berurusan dengan semua kerumitan yang membuat modal bungkus produk lebih mahal dan bisa menimbulkan kerugian besar jika terjadi pecah pada produk, maka pilih produk yang tidak mudah pecah dan rusak di dalam bisnis online.

Hal ini tentunya memudahkan Anda dalam penjualan produk. Selain produk akan tetap aman selama pengiriman, biaya bungkus produk yang tidak mudah pecah ini juga akan simple dan tidak memakan biaya yang besar.

Baca Juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu, Ini 8 Tips Promosi Dapat Penjualan Online Pertama

2. Produk yang tidak membutuhkan banyak ruang

Ukuran produk juga patut menjadi pertimbangan, sebab ini akan mempengaruhi banyak hal di dalam bisnis online. Saat memilih produk yang besar, maka Anda akan membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan ketika membuat stok barang kecuali Anda memiliki gudang penyimpanan yang cukup besar. 

Selain itu, produk yang besar juga akan membuat Anda kesulitan untuk mengelola persediaan produk dan pada umumnya produk yang besar akan membutuhkan biaya pengiriman yang jauh lebih mahal.

Mengingat Anda adalah pebisnis pemula yang masih dalam tahap belajar jualan online, maka tak ada salahnya pilih produk jual yang berukuran kecil saja, namun tetap bisa memberikan keuntungan yang besar di dalam bisnis.

3. Hindari produk musiman

aksesoris natal
Hindari produk musiman

Menjual berbagai pernak-pernik perayaan khusus seperti imlek, natal dan lainnya memang akan menguntungkan, apalagi jika Anda memilih produk yang unik dan cantik. Namun setelah momen tersebut lewat, semua produk ini tentu akan sepi pembeli. 

Agar penjualan bisa berdatangan setiap harinya, maka jangan menjual produk musiman seperti ini. Lebih baik, pilih produk yang tepat dan banyak dicari sepanjang waktu, sehingga angka penjualan Anda bisa tetap stabil sepanjang tahun.

Baca Juga: 5 Strategi Promosi Bisnis Rumahan di Kala Pandemi

4. Produk yang bisa tahan lama

Tak ada jaminan bahwa produk yang Anda jual akan langsung laku atau habis dalam kurun waktu tertentu. Hal seperti ini wajib menjadi pertimbangan saat akan memilih produk yang akan dijual di dalam bisnis online. 

Memilih produk yang tahan lama dan mudah disimpan merupakan keputusan yang tepat. Anda bisa menjual berbagai barang yang tetap dicari untuk waktu panjang, namun tetap aman disimpan jika tidak langsung laku, seperti: boneka, alat tulis, pernak-pernik, aksesoris, dan yang lainnya. Pemilihan produk seperti ini juga akan memungkinkan Anda menghindari resiko kerugian di dalam bisnis online.

Pilih Produk yang Tepat dan Menguntungkan

Saat menjalankan bisnis online, Anda harus mampu memilih jenis produk yang paling tepat untuk dipasarkan. Lihat peluang pasar dan juga kriteria produk yang paling sesuai dengan target konsumen yang dituju agar Anda bisa lebih mudah untuk memasarkannya secara maksimal. Semua ini akan memungkinkan Anda menjalankan bisnis online dengan lancar, termasuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

Baca Juga: Tips Jualan Online di TikTok Biar Bisnis Viral dan Banjir Orderan