Pegadaian, Solusi Atasi Masalah Keuangan Secara Instan dan Aman

Masalah keuangan yang melanda dan datang dalam hidup seseorang tak jarang bisa membawa dampak yang buruk secara meluas. Mulai dari stress, hingga yang terparah bisa memicu kenekatan yang mengarah pada sesuatu yang negatif, hingga kriminalitas. Hal ini tentu saja perlu untuk mendapatkan perhatian serius, baik dari sudut pandang pribadi atau masyarakat luas.

Berbagai alternatif solusi ditawarkan oleh beragam pihak, mulai dari yang bersifat temporer hingga permanen. Mulai dari yang konvensional, sampai pada sesuatu yang mutakhir dan berbasis teknologi tinggi. Semua berakar pada satu kepentingan untuk memecahkan masalah keuangan yang mungkin datang dan melanda seseorang.

Masalah keuangan adalah salah satu dari sekian banyak permasalahan hidup yang mungkin bisa melanda siapa saja. Tapi bukan berarti bahwa masalah keuangan yang bisa saja datang tidak bisa dicegah, atau bahkan diatasi.

Untuk menghindari munculnya masalah keuangan yang mungkin bisa melanda diri Anda, ada baiknya untuk menerapkan sikap hidup hemat, atau menghindari pemborosan. Adapun cara lain bisa dijalani dengan mencari pendapatan tambahan, sebagai pemasukan ekstra dari pemasukan utama yang biasa diterima dan bersumber dari pekerjaan utama.

Baca Juga: Pegadaian, Solusi Anda Mendapatkan Dana Cepat

Tindakan Pencegahan Munculnya Masalah Keuangan

Masalah Keuangan

Masalah Keuangan via amppob.com

 

Masalah keuangan biasanya berawal dari pola pikir hidup boros yang tidak sesuai dengan penghasilan yang dimiliki. Bahkan telah ditemukan hasil-hasil penelitian yang terkait antara ekonomi sebuah bangsa dengan kesehatan ekonomi per-kapita (perorangan).

Investasi bisa jadi salah satu cara untuk menjauhkan diri dari masalah keuangan. Ini tentu penting dan menjadi salah satu gaya hidup yang positif. Investasi bisa dengan beragam cara, mulai dari membuka usaha sampingan atau paruh waktu, sebagai alternatif pekerjaan. Membeli Emas dan barang berharga lain dengan maksud untuk disimpan dan dicairkan kembali jika sewaktu-waktu terjadi masalah keuangan yang perlu untuk diatasi. Tentu juga sampai pada tindakan investasi formal seperti misalnya berinvestasi di pasar modal dalam bentuk reksadana atau saham.

Semua yang dijelaskan di atas adalah bentuk-bentuk tindakan yang bersifat preventif atau bisa dilakukan sebelum masalah (keuangan) tersebut datang. Tentu karena sifatnya yang tidak pasti dan bisa dipastikan, masalah keuangan tetap saja bisa melanda.

Lalu bagaimana jika masalah keuangan tetap saja datang, bahkan setelah kita menerapkan bermacam cara tadi untuk mencegahnya. Tentu, mau tidak mau kita harus melakukan tindakan yang bisa menyelesaikan masalah yang timbul, seperti misalnya, menjual barang yang kita miliki, mencairkan simpanan atau meminjam sejumlah uang, sebagai stimulus untuk kembali menyehatkan ekonomi kita.

Mendapatkan uang dengan melakukan pinjaman dapat dilakukan dengan mengikuti beragam sistem keuangan yang ada secara formal, seperti misalnya, Bank, Koperasi atau juga Pegadaian. Selain itu, tentu juga bisa dilakukan dengan cara lain yang tidak formal seperti misalnya dengan meminjam ke pada teman atau sanak keluarga yang memiliki kondisi ekonomi yang jauh lebih baik.

Kedua cara mendapatkan pinjaman baik secara formal maupun tidak formal, bisa dipilih untuk mendapatkan sejumlah uang guna mengatasi masalah keuangan yang timbul. Keduanya tentu sama-sama memiliki konsekuensi yang bisa saja muncul. Khusus untuk artikel kali ini, kita akan membahas tentang mengatasi masalah keuangan dengan sistem gadai melalui lembaga Pegadaian. Cara ini dipilih karena telah banyak ditempuh oleh kebanyakan orang yang pernah mengalami masalah keuangan.

Gadai di Pegadaian, Atasi Masalah Keuangan dengan Beragam Jaminan

Gadai Barang di Pegadaian

Gadai Barang di Pegadaian via beritadaerah.co.id

 

Pegadaian sebagai sebuah lembaga pemberi pinjaman dengan sistem gadai telah ada dan berkembang di masyarakat sejak waktu yang lama. Sebagai sebuah lembaga, Pegadaian adalah satu institusi BUMN atau Badan Usaha Milik Negara, yang memang bertujuan untuk menjadi lembaga penyedia pinjaman Mikro dan Menengah dengan cara pinjam gadai.

Pinjam Gadai adalah cara untuk mendapatkan pinjaman dalam bentuk sejumlah uang dengan memberikan jaminan kepada pihak pemberi pinjaman dalam bentuk barang sekaligus surat berharga yang menyertainya. Cara ini tentu berbeda dengan sistem pinjaman di bank yang menerapkan sistem pinjaman dengan agunan surat berharga, sedangkan barangnya tetap bisa Anda pergunakan. Seperti misalnya, meminjam uang di bank dengan jaminan motor, maka pihak bank hanya akan meminta BPKB motor Anda sedangkan motornya tetap bisa Anda pergunakan.

Model peminjaman uang dengan cara pinjam gadai mungkin akan sedikit menyulitkan jika menggunakan jaminan kendaraan bermotor. Ini dikarenakan kendaraan yang Anda jadikan sebagai agunan pinjaman akan ditahan juga oleh pihak Pegadaian sebagai jaminan pinjaman selama masa pinjam gadai berlangsung. Tapi keuntungan lain dari sistem ini adalah, Anda tetap bisa mendapatkan pinjaman dengan jumlah tertentu dikarenakan beraneka ragamnya benda yang bisa dijadikan sebagai agunan atau jaminan pinjaman Anda.

Berikut adalah benda-benda yang dapat dijadikan jaminan peminjaman uang di Pegadaian: Televisi, Lemari Pendingin/Kulkas, Laptop, Smartphone, Emas, serta tentunya Kendaraan Bermotor baik Roda Empat atau Roda Dua. Untuk syarat gadai serta barang seperti apa yang masuk dalam kriteria barang jaminan gadai yang diterima pegadaian, silahkan simak di bagian selanjutnya Artikel ini.

Baca Juga: Berbagai Jenis Pinjaman di Pegadaian dan Syarat Pengajuannya

Kriteria Barang, Syarat Gadai, dan Prosesnya

Seperti sudah dijelaskan di bagian sebelumnya bahwa Pegadaian menerima beraneka ragam barang jaminan gadai. Maka di bagian artikel ini akan dijelaskan tentang kriteria barang jaminan gadai yang diterima oleh pegadaian terutama untuk Anda yang memiliki pertanyaan tentang Gadai Laptop di Pegadaian. Berikut ini penjelasannya:

  • Televisi
    Barang jaminan gadai memiliki masa pakai dan waktu produksi kurang dari atau sama dengan 1 tahun, dalam kondisi baik dan berfungsi penuh, lebih dianjurkan jika masih terdapat dus pembungkus, kuitansi pembelian serta kelengkapan lainnya. Televisi Layar Datar lebih disukai.
  • Smartphone
    Hampir sama dengan barang jaminan televisi, sebaiknya masih terdapat kelengkapan pembelian, kartu garansi dan lainnya. Masa Pakai dan waktu produksi 1 tahun dan dalam kondisi berfungsi sepenuhnya.
  • Lemari Pendingin/Kulkas
    Seperti produk elektronik lain, termasuk dengan kriteria masa pakai dan kelengkapan pendukung barang jaminan gadainya.
  • Laptop
    Spesifikasi processor INTEL Core i3, masa pakai dan waktu produksi 1 tahun, dalam kondisi baik dan berfungsi sepenuhnya.
  • Kamera
    Spesifikasi DSLR, masa pakai dan waktu produksi kurang dari atau sama dengan 1 tahun. Dalam kondisi baik dan berfungsi sepenuhnya.
  • Motor
    Motor dalam kondisi baik, sudah ada BPKB dan STNKB dalam keadaan hidup termasuk pajak, dan memiliki masa pakai dan waktu produksi kurang dari atau sama dengan 10 tahun sebelum hari gadai.
  • Mobil
    Kriteria yang ditetapkan oleh pihak Pegadaian untuk barang jaminan berupa Mobil hampir sama dengan gadai dengan barang jaminan berupa Motor.

Pegadaian memiliki sistem yang berbeda dengan bank atau koperasi walaupun masih sama sebagai lembaga penyedia jasa keuangan. Oleh karena itu syarat gadai berikut prosesnya juga berbeda. Berikut adalah syarat dan proses yang perlu Anda siapkan dan ikuti jika ingin mendapatkan pinjaman dari Pegadaian.

  • Calon Peminjam Gadai mempersiapkan Kartu Identitas (KTP), Barang Jaminan Gadai Beserta Kelengkapan surat-suratnya.
  • Calon Peminjam Gadai mendatangi kantor Pegadaian setempat untuk menyerahkan barang jaminan serta surat-surat kelengkapannya.
  • Menyelesaikan proses Administrasi
  • Menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK)

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Pegadaian, Menyelesaikan Masalah dengan Bahagia

Sistem pinjam gadai, biasa juga dikenal sebagai Kredit Cepat Aman, selain mudah juga mampu menjadi solusi keuangan untuk Anda. Jadi jika saat ini Anda membaca artikel kali ini dan disaat yang sama membutuhkan uang yang mendesak, ada baiknya untuk melihat spesifikasi laptop atau smartphone Anda, karena mungkin Pegadaian bisa menjadi solusi keuangan Anda.

Baca Juga: Kredit Multiguna, Keunggulan dan Kekurangannya