Pekerjaan Alternatif untuk Mencari Penghasilan Tambahan: Gojek VS GrabBike

Kadangkala, jika seseorang hanya mendapatkan penghasilan dari satu sumber saja, penghasilan tersebut masih tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, apalagi saat ini harga-harga bahan pokok serta biaya pendidikan terus merangkak naik. Atas dasar hal tersebut maka terkadang orang harus memutar otak untuk memikirkan bagaimana caranya mendapatkan penghasilan tambahan. Tentu untuk memikirkan bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan bukanlah sebuah hal yang mudah selain karena tubuh yang sudah lelah karena bekerja seharian, kesempatan untuk mendapatkan tambahan terkadang juga terbilang minim. 

Perkembangan zaman yang sudah semakin canggih dengan kemajuan dari sisi digital ternyata menimbulkan dampak yang positif. Dampak tersebut ternyata juga semakin membuka kesempatan bagi orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Contohnya saja dengan semakin majunya teknologi telah memunculkan layanan transportasi berbasis online seperti Gojek dan GrabBike. Hadirnya dua perusahaan startup berbasis teknologi tersebut semakin membuka lapangan pekerjaan dan juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

Gojek dan GrabBike tentu akan sangat membutuhkan sumber daya manusia yang banyak terutama untuk menempati posisi driver. Apalagi kedua perusahaan ini juga sedang mengembangkan ekspansi bisnisnya ke segala penjuru negeri ini. Otomatis hal tersebut membuat Anda berpeluang menjadi bagian dari keluarga besar Gojek ataupun GrabBike. Tertarik untuk menjadi bagian dari 2 perusahaan ini ? Berikut gambaran detail mengenai Gojek dan GrabBike.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Mendapat Penghasilan Pasif

Mencoba Mendulang Penghasilan Tambahan dari Gojek

Gojek

Gojek via cara.net

 

Perusahaan milik pengusaha Nadiem Makarim yang menyandang gelar Master Bussines Adminsitration (MBA) Havard University ini hingga saat ini telah beroperasi di 10 kota besar di Indonesia dan dipastikan akan terus berkembang ke kota besar yang lain. Menurut laporan yang dilansir Antara News, Gojek telah merekrut 30 ribu orang untuk memberikan layanan kepada 2 juta pengunduh aplikasinya.

Dari beberapa simulasi yang dilakukan, para Driver Gojek diperkirakan mendapatkan sekitar 4rb rupiah per kilometernya. Tak heran jika banyak sekali masyarakat yang tergiur untuk bisa bergabung dengan Gojek. Bahkan ada beberapa Fresh Graduate yang dikabarkan memilih menjadi driver Gojek ketimbang harus berjibaku dalam dunia Job Seeker. Tentu tidak lagi mengagetkan bagi kita jika melihat berapa besaran nominal pendapatan driver Gojek dalam sebulan.

Dengan hadirnya Gojek, maka akan membuat Anda yang menginginkan penghasilan tambahan semakin terbuka lebar. Terlebih jika tempat tinggal Anda berada di daerah yang baru saja akan dimasuki oleh Gojek seperti misalnya Solo, Malang serta Samarinda. Berikut beberapa kelebihan bekerja sambilan dengan menjadi Driver Gojek.

  • Fleksibel

    Ketika Anda memutuskan untuk menjadi driver Gojek maka waktu bekerja Anda tak akan terganggu. Misalnya Anda bekerja di pagi hari hingga sore hari maka selepas pulang dari bekerja Anda bisa menyambi menjadi driver Gojek. Bisa juga saat berangkat di pagi hari Anda mengambil orderan yang searah dengan kantor atau bekerja setengah hari pada saat hari libur Sabtu dan Minggu.
  • Penghasilan Cukup Besar

    Karena sistem bagi hasil antara Gojek dengan pengemudinya adalah 80:20, 80 untuk driver dan 20 untuk Gojek. Maka asumsikan saja dalam sehari Anda mendapatkan penghasilan sebanyak 100 ribu, dikurangi dengan bagi hasil maka menjadi 80 ribu. Berarti dalam sebulan saja Anda akan mendapatkan Rp1.600.000. Jumlah tersebut dengan asumsi Anda mengambil libur pada hari Sabtu dan Minggu. Jika dalam dua hari tersebut Anda juga bekerja maka pendapatan Anda juga akan bertambah.
  • Brand Gojek

    Sejak hadir pertama kali di Indonesia, Gojek telah mendapatkan tempat khusus di hati para masyarakat Indonesia. Hal ini juga ditambah dengan semakin maraknya Media yang mem-Blow Up Gojek ke permukaan. Dengan demikian maka Brand Gojek telah tertanam di hati masyarakat dengan sangat baik.

    Dampaknya, ketika masyarakat membutuhkan layanan transportasi, kurir atau jasa Delivery Service, maka tanpa ragu lagi mereka akan memilih Gojek sebagai pilihan utama. Hal ini tentu akan membuat Anda yang berencana bekerja sambilan menjadi Driver Gojek dipastikan akan mendapatkan pelanggan setia.
  • Adanya Asuransi

    Gojek tak hanya memberikan perlindungan asuransi hanya kepada penumpangnya saja, akan tetapi mereka juga memberikan layanan asuransi kepada semua drivernya. Dengan adanya asuransi yang diberikan ini maka Anda tak perlu khawatir mengenai keselamatan kerja Anda pada saat berkendara.

Tips Sukses Menambah Penghasilan dari Gojek

4 Hal diatas merupakan keuntungan yang Anda dapatkan apabila bergabung menjadi Driver Gojek. Namun sebelum memutuskan untuk bergabung dengan Gojek berikut ini ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui.

  • Jangan Tinggalkan Pekerjaan Utama Anda

    Jika bergabung dengan Gojek, maka Anda disarankan untuk tidak meninggalkan pekerjaan utama Anda. Penghasilan yang ditawarkan memang begitu menggiurkan akan tetapi bila Anda menjadikan Gojek sebagai penghasilan utama tentu sangat berisiko. Lebih baik jadikan sebagai Side Job dari sumber penghasilan utama Anda.
  • Sediakan Smartphone

    Gojek adalah layanan transportasi berbasis aplikasi ponsel dari Android atau iOS. Otomatis para Driver Gojek tentu wajib memiliki sebuah Smartphone. Bila Anda melamar menjadi driver Gojek akan tetapi tak memiliki Smartphone maka pihak Gojek akan memberikan Anda Smartphone kredit dan untuk pelunasannya akan dipotong dari penghasilan Anda. Tentu akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu memiliki smartphone sebelum melakukan pendaftaran.

Baca Juga: 21 Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Grabbike, Alternatif Penghasil Uang Selain Gojek

GrabBike

GrabBike via kienthuc.net.vn

 

Meskipun pada saat kita membicarakan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan bergabung menjadi driver perusahaan transportasi online pikiran kita langsung tertuju kepada Gojek, namun sebenarnya masih ada GrabBike yang juga bisa Anda manfaatkan. 

Sama seperti Gojek, perusahaan asal negeri Jiran ini juga membuka kesempatan bagi siapa saja untuk bergabung dengan Grab. Untuk sementara waktu, Grab kini baru hadir di Jabodetabek, Bandung dan Bali. Akan tetapi, jumlah kota tersebut semakin meningkat. Grab umumnya memiliki 2 jenis layanan yang sangat potensial untuk dijadikan sarana memperoleh penghasilan tambahan, seperti layanan GrabBike serta GrabCar. Berikut beberapa kelebihan bergabung dengan GrabBike.

  • Waktu Fleksibel

    Berdasarkan situs resmi Grab.com, disebutkan dengan jelas bahwa pengemudi bisa memilih waktu bekerja sesuai keinginan. Dengan demikian tentu Anda bisa menyesuaikan waktu kerja Anda dan juga waktu untuk Grab.
  • Penghasilan Baik

    Sama halnya seperti Gojek, sudah banyak diberitakan bahwa penghasilan menjadi Driver Grab sangat menggiurkan. Menurut salah satu berita, seorang kepala kasir Mall kenamaan di Jakarta bahkan rela meninggalkan pekerjaan tersebut demi menjadi driver Grab. Hal tersebut tentu menunjukan jika potensi pendapatan menjadi Driver Grab sangatlah menjanjikan. Dengan didukung diperbolehkannya Anda menentukan waktu bekerja sendiri tentu bergabung dengan Grab akan lebih dari cukup untuk menambah penghasilan Anda.
  • Asuransi

    GrabBike juga menegaskan jika keselamatan pengemudi dan penumpang adalah hal utama bagi mereka. Dengan demikian maka mereka memberikan jaminan asuransi kepada semua drivernya. Menurut informasi dari situs resmi milik mereka, asuransi kecelakaan bisa mencapai angka 68 juta rupiah untuk setiap orang. Kapan lagi Anda bisa mendapatkan pekerjaan sampingan dengan adanya jaminan asuransi yang demikian besar?
  • Bonus Kepada Driver

    Grab juga sangat mengapresiasi para pengemudinya yang berprestasi. Ada dua macam penghargaan yang diberikan oleh Grab kepada pengemudinya yaitu Grab Elite serta Gold Card. Grab Elite diberikan kepada pengemudi yang berprestasi dan mampu mendapatkan rating yang bagus dari pengguna jasa. Para pemenang Grab Elite dikabarkan mendapat uang pensiun, Beasiswa untuk anak-anak serta sertifikat. Ada juga yang mendapat perjalanan umrah gratis serta mendapat cicilan sepeda motor dengan bunga rendah.

    Grab Gold Driver memberikan penghargaan kepada para drivernya berupa cicilan rendah serta uang muka yang murah. Berbeda dengan Grab Elite, program Gold Driver ini merupakan sebuah kompetisi di mana Anda harus mendaftar dan menyelesaikan tantangan berupa target performa.

Gali Potensi Penghasilan Tambahan Tanpa Mengganggu Pekerjaan Utama

Memilih pekerjaan sampingan sudah tak sulit lagi seperti beberapa tahun yang lalu. Buktinya 2 perusahaan transportasi online raksasa Gojek dan Grab mampu memberikan solusi bagi Anda yang membutuhkan penghasilan tambahan. Oleh karena itu, Anda juga berpeluang untuk mendapatkan berbagai macam bonus bahkan hingga asuransi. Belum lagi bonus yang berpotensi untuk Anda dapatkan bila memang berprestasi.

Baca Juga: 6 Cara Mengatur Pendapatan Tambahan Anda