Peluang dan Tips Sukses Bisnis Kue Kekinian Ala Artis

Siapa yang tidak suka makan kue? Ya, semua orang menyukai kue, apalagi kue-kue dengan rasanya yang unik nan lezat yang bisa bikin ketagihan. Kue menjadi salah satu bisnis makanan yang selalu memiliki peluang bisnis manis.Tengok saja, para para artis tanah air yang juga ikut membangun bisnis kuliner ini sebagai usaha sampingan.  Tidak puas hanya sukses di dunia entertainment, mereka menjajal bisnis kuliner cake dan pastry. Tidak hanya belasan, tapi puluhan artis Indonesia ikut terjun dalam bisnis kue ini.

Peluang bisnis kue ala artis pun makin manis ketika mereka memanfaatkan kepopuleran nama dan embel-embel sebagai oleh-oleh khas daerah. Para artis pemilik usaha kuliner ini banyak yang berhasil menjadikan produk kue mereka menjadi belanjaan wajib ketika berwisata dan mendulang sukses yang cukup besar.

Berikut kumpulan 5 artis Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk berbisnis cake dan pastry:

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula

1. Laudya Cynthia Bella – Bandung Makuta

bandung makuta
Bandung Makuta via blogspot.com

Artis cantik Laudya Cintya Bella sekarang tidak hanya dikenal sebagai artis cantik dengan kemampuan akting memukau, tapi juga sebagai pengusaha sukses. Dengan bisnis kue khas Bandungnya, Laudya Cintya Bella berhasil menjadikan kue Makuta sebagai oleh-oleh wajib ketika Anda berkunjung ke Bandung.

Tersedia dari berbagai varian rasa (lemon, keju, cokelat, blueberry dan karamel) kue yang bentuknya mirip seperti roti bakar khas Bandung ini tidak hanya enak tapi juga murah.

Harga untuk 1 kue Bandung Makuta ini berkisar antara Rp53.000 – Rp65.000

Bagi yang tertarik untuk mencicipi kue dari artis cantik ini alamat tokonya berada di Jl. Van Deventer No.2, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Telp: 0811-2109-599.

2.Teuku Wisnu – Malang Strudel

malang strudel
Malang Strudel via blogspot.com

Strudel memang bukan makanan khas Indonesia, akan tetapi suami dari Shireen Sungkar ini berhasil membuat pastry khas negara Eropa ini menjadi oleh-oleh kekinian khas kota Malang. Teuku Wisnu membuat berbagai rasa pada strudelnya dengan rasa buah-buah favorit orang Indonesia, membuat kue strudel ini mudah diterima dan banyak disenangi oleh para turis lokal

Varian rasa buah dari Malang Strudel Teuku Wisnu adalah pisang, stroberi, jeruk, nanas dan mangga. Kamu bisa juga mendapatkan strudel dengan rasa dari campuran berbagai buah. Selain itu tersedia rasa coklat, keju dan ubi.

Harga dari Malang Strudel ini antara Rp45.000 – Rp65.000

Penasaran dengan rasa strudel malang kekinian milik Teuku wisnu? Anda bisa mendatangi salah satu outlenya di Jl. Raya Ardimulyo No.14, Ardimulyo, Singosari, Malang, Jawa Timur 65153.

3. Shireen Sungkar – Raincake Bogor

raincake bogor
Raincake Bogor via wordpress.com

Tidak mau ketinggalan dari sang suami, sang istri Shireen Sungkar juga turut menjalani bisnis kue yang sedang menjadi tren ini. Tidak kalah populer dari bisnis pastry suami Teuku Wisnu. Raincake Bogor Shireen Sungkar ini sering soldout dan tidak hanya menjadi favorit turis lokal tapi juga warga Bogor sendiri.

Bagi yang ingin oleh-oleh khas dengan rasa kekinian bisa mencicipi kue Shireen Sungkar. Terdiri dari berbagai varian rasa seperti Red Taro, Cheese Vanilla, Greentea Ovolmaltine, Crispy Peanut membuat Raincake Bogor menjadi kue dengan citarasa yang tidak ada di kue manapun.

Harga dari Raincake Bogor milik Shireen Sungkar ini berkisar antara Rp65.000 – Rp68.000

Jika Anda tertarik membeli ketika berwisata ke Kota Hujan Bogor bisa mengunjungi outletnya di Jl. Padjadjaran Blok Babakan No.31, Baranangsiang, Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143.

4. Zaskia Sungkar – Surabaya Snow Cake

snowcake surabaya
Surabaya Snow Cake via wordpress.com

Kakak kandung dari Shireen Sungkar, Zaskia Sungkar juga ikut meramaikan bisnis kue dan pastry dengan Snow Cake-nya. Mengambil konsep kue khas lapis Surabaya, keunikan yang ditawarkan dari kue Zaskia Sungkar ini adalah kue bolu lembut (puff pastry) ditengah cakenya dengan berbagai varian rasa menarik seperti Choco Green Tea, Keju, Choco Banana, Vanilla dan Karamel.

Ingin mencicipi kue Surabaya Snow Cake ini Anda cukup mengeluarkan biaya antara Rp55.000 sampai Rp59.000 saja

Alamat outlet dari Snow Cake khas Surabaya ini berada di Jl. Flores No.15, Ngagel, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. No.Telp. 0822-3339-3455.

5. Irwansyah – Medan Napoleon

medan napoleon
Medan Napoleon via wordpress.com

Penyanyi sekaligus aktor tampan Irwansyah sukses membangun usaha kuenya di Medan, Sumatera Utara. Bolu berbentuk bulat dan panjang ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit ketika berkunjung ke ibu kota Medan.

Mengusung konsep puff pastry, kue Napoleon suami dari Zaskia Sungkar ini bisa dibilang menjadi kue yang paling unik dan berbeda dibandingkan deretan bisnis kue artis lainnya. Bolu lembut dengan potongan wafer dan cream dengan varian rasa menarik (durian, keju, green tea, pisang, red velvet dan karamel) ini akan membuat Anda ketagihan.

Harga dari kue kekinian Medan Napoleon ini antara Rp55.000 sampai Rp75.000

Tertarik dengan rasanya? Jika berkunjung ke Medan Anda bisa mampir dulu ke Jalan K.H. Wahid Hasyim No.46/35, Babura, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20154 untuk mendapatkan kue Napoleon ini.

Tips untuk Anda yang Tertarik dengan Bisnis Cake dan Pastry.

Tidak hanya artis, Anda juga bisa menggeluti bisnis cake dan pastry ini. Tidak usah merasa minder hanya karena Anda sepopuler para artis, bukan berarti bisnis ini tidak bisa Anda jalankan. Berikut beberapa tips mudah yang bisa dilakukan jika ingin memulai usaha kue.

1. Pilih Jenis Kuenya

Terdapat 2 jenis kue yang bisa dijadikan bisnis, ada kue kering dan kue basah. Memilih jenis kue apa yang ingin dijalankan tergantung dari selera, skill atau apa yang sedang tren sekarang. Pilih jenis kue yang memang bisa Anda jalani dengan mudah, agar kedepannya Anda tidak kesulitan ketika memproduksi secara banyak atau melakukan inovasi.

2. Melakukan Riset

Ini dilakukan setelah Anda sudah memutuskan untuk menjalankan usaha jenis kue kering atau basah. Tujuan dari riset ini adalah untuk mencari tahu rasa apa yang cocok untuk bisnis kue Anda nanti. Langkah yang bisa dilakukan bisa dengan melakukan survei langsung kepada orang lain atau mencari informasinya melalui internet tentang rasa kue apa yang paling banyak di senangi dan rasa kue apa yang sedang menjadi tren di masyarakat.

3. Tester Produk

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar bisa mendapatkan feedback mengenai rasa dan kualitas kue langsung dari orang lain. Jangan sampai Anda sudah terlanjur mengeluarkan uang yang banyak untuk usaha Anda jika pada akhirnya menjadi sia-sia bahkan mengalami kebangkrutan karena Anda tidak melakukan tester produk.

4. Menciptakan Brand yang unik dan berbeda.

Brand sangat penting untuk jenis bisnis apapun, bisa dikatakan brand adalah sebuah identitas dari usaha. Brand yang dimaksud adalah nama, tagline, ciri khas hingga kemasan. Dengan mampu menciptakan brand yang unik dan berbeda, Anda akan mengalami kemudahan dalam memasarkan bisnis kue yang mudah diingat oleh masyarakat.

5. Marketing yang Efisien

Produk sudah Anda, berikutnya adalah memasarkannya. Buat strategi marketing yang matang dalam memasarkan produk kue Anda. Bentuk promosi yang paling mudah untuk dilakukan adalah melalui teman-teman Anda dan sosial media. Ceritakan keunikan kue yang Anda jual baik dari rasa, bentuk hingga kemasannya.

Bisa juga dengan cara memberi sample gratis kepada teman-teman, tetangga sekitar rumah, bahkan saudara-saudara Anda ketika sedang kumpul keluarga besar. Jika memang kue Anda enak tentu saja mereka tidak akan ragu mempromosikannya kepada orang lain baik dari mulut ke mulut atau menggunakan sosial media mereka sendiri.

Baca Juga : 5 Ide Produk Kuliner yang Potensial Dijadikan Bisnis pada 2017

Berapa Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Cake dan Pastry?

memasak kue
Ilustrasi Memasak Kue via shutterstock.com

Dalam menetapkan berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kue, Anda harus menghitung berdasarkan harga bahan-bahan kue dan alat-alat yang diperlukan dalam memasak kue.

Berikut ilustrasinya:

Daftar alat-alat memasak kue:

Oven gas

Rp3.500.000

Tabung gas 12kg

Rp   130.000

Hand mixer elektronik

Rp   265.000

Hand mixer manual

RP      35.000

Baskom adonan kue

Rp      45.000

Loyang kue bolu

Rp     70.000

Parutan keju

Rp       5.000

Timbangan digital

Rp     45.000

Total

Rp4.095.000


Daftar bahan-bahan memasak kue:

Tepung terigu

Rp         9.000/kg

Telor

Rp       20.000/kg

Keju parut

Rp       15.000/batang

Keju quick melt

Rp       28.000/batang

Margarin

Rp         5.000/bungkus

Susu kental manis

Rp         8.000/kaleng

Bubuk cokelat

Rp        10.000/bungkus

Cokelat batangan

Rp        15.000/batang

Pewarna makanan

Rp          3.000/botol

Vanili

Rp          5.000/botol

Baking soda

Rp          5.000/botol

Baking powder

Rp          5.000/bungkus

Susu cair full cream

Rp         12.000/karton

Gula

Rp         17.000/kg

Kemasan

Rp           1.500/box

Total

Rp      158.500


Jika ditotal secara keseluruhan biaya yang yang Anda keluarkan sebagai modal awal untuk memulai sebuah usaha kue berkisar antara Rp6 – Rp10 juta. Tentunya, ini hanya gambaran modal saja, biaya bisa lebih tergantung dari seberapa banyak Anda ingin memproduksi kue Anda. Seiring berkembangnya usaha Anda nanti, tentu nilai modal berikutnya juga akan bertambah.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

KTA Solusi untuk Modal Mudah dan Cepat Bisnis Kue

Sebagai faktor penting dalam memulai sebuah usaha, terkadang ketidaktersediaan modal membuat beberapa orang harus rela mengubur dalam-dalam impian mereka untuk membangun usaha sendiri. Tapi sekarang sudah banyak produk bank yang menawarkan berbagai alternatif mudah agar bisa memperoleh modal untuk usaha.

KTA salah satu jenis pinjaman yang cocok untuk para pengusaha yang tidak cukup modal dalam memulai usaha. Persyaratannya cukup mudah dan dana juga cepat cair. Tenornya juga cukup lama antara 3 sampai 5 tahun. Anda bisa mengajukan pinjaman dari Rp10 juta sampai Rp300 juta sesuai dengan jumlah modal yang dibutuhkan.

Berbisnis tak perlu khawatir dengan modal, Anda hanya perlu meyakini dan menjalankan bisnis dengan maksimal. Ketika Anda yakin, bukan tak mungkin lagi bisnis kue yang Anda jalankan bisa lebih sukses dari bisnis kue ala Artis.

Baca Juga : 7 Tempat Kuliner Mewah di Jakarta dengan Harga Murah