Penasaran, Kapan Sebenarnya Waktu yang Tepat untuk Kartu Kredit Pertamamu?

Saat ini penggunaan kartu kredit semakin populer, tidak hanya karena kemudahan yang diberikan tetapi juga segala kelebihan dan fasilitas yang hanya bisa dinikmati oleh para pemilik kartu kredit, membuat alat pembayaran yang satu ini  menjadi incaran para nasabah.

Nah, untuk kamu yang sudah tertarik untuk memiliki kartu kredit pasti bertanya-tanya kapan saat yang tepat untuk memiliki kartu ajaib ini. Tentu saja walaupun kartu kredit sudah banyak ditawarkan bukan berarti bisa dengan mudah mendapatkannya, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi sebelum berhasil menjadi pengguna kartu kredit.

Selain itu, dalam menggunakan kartu kredit tidak boleh sembarangan. Jadi, kamu memang harus memiliki kebutuhan tertentu yang bisa bahkan harus didukung oleh kartu kredit agar bisa terpenuhi. Jika tidak, tentu kamu tidak bisa memanfaatkan segala kelebihan yang ditawarkan kartu kredit secara maksimal, sayang sekali bukan?

Agar tidak bingung ini dia ciri-ciri yang artinya kamu sudah bisa mengajukan kartu kredit pertamamu:

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Kartu Kredit

1. Usia yang Sudah Cukup

Ilustrasi Wanita yang Usianya Sudah Cukup untuk Mengajukan Kartu Kredit
Ilustrasi Wanita yang Usianya Sudah Cukup untuk Mengajukan Kartu Kredit

Persyaratan utama dalam memiliki kartu kredit adalah usia kamu sudah cukup, minimal 17 tahun atau umur yang sudah cukup untuk memiliki KTP. Dari umur bank tempat kamu mengajukan kartu kredit sudah bisa menilai apakah kamu memang sudah membutuhkan kartu kredit dan mampu untuk membayar iurannya.

2. Sudah Memiliki Penghasilan

  Ilustrasi Slip Gaji
Ilustrasi Slip Gaji

Persyaratan utama dalam memiliki kartu kredit adalah memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Tentu saja kamu tidak berencana hanya menggunakan kartu kredit tanpa membayar tagihannya bukan? Siap memiliki kartu kredit artinya kamu siap membayar tagihan setiap kali menggunakannya beserta bunganya.  Pihak bank biasanya tidak akan menyetujui pengajuan kartu kredit, jika kamu belum memiliki penghasilan tetap.

Jadi, yang belum memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap seperti para mahasiswa, bisa memiliki kartu kredit dengan memanfaatkan fasilitas kartu kredit tambahan. Tanyakan pada keluarga atau saudara yang sudah memiliki kartu kredit dan minta izin mereka untuk membuka kartu kredit tambahan atas nama kamu.

3. Memulai Usaha

Ilustrasi seorang Pengusaha
Ilustrasi seorang Pengusaha

Kartu kredit bisa menjadi sangat berguna dalam memulai sebuah usaha, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit untuk modal bisnis dadakan atau bisnis-bisnis kecil yang tidak membutuhkan dana yang besar. Bayangkan saja berapa banyak jenis usaha kecil yang bisa dimodali hanya dengan kartu kredit limit Rp3 jutaan? Mulai dari jualan makanan dan minuman ringan, agen pulsa, jual aksesoris dan bisnis online. Dengan begini, kamu menjadikan hutang kartu kredit kamu menjadi hutang yang produktif dan menghasilkan.

Baca Juga: 10 Cara Benar Menggunakan Kartu Kredit

4. Memiliki Keluarga

Ilustrasi Berkeluarga
Ilustrasi Berkeluarga

Banyak yang berhenti menggunakan kartu kredit setelah memiliki keluarga, mereka berpikir bahwa kartu kredit tidak cocok untuk digunakan oleh seseorang yang telah berkeluarga karena dapat menambah hutang dan menjadi boros. Padahal, jika digunakan secara bijak, kartu kredit dapat membantu menekan biaya pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Pilih kartu kredit yang menawarkan banyak diskon dan cashback di banyak supermarket, agar kamu bisa lebih hemat dalam berbelanja kebutuhan pribadi dan keluarga.

5. Memiliki Hobi

ilustrasi hobi travelling
Ilustrasi Hobi Travelling

Jangan sampai kamu berhenti menekuni hobi kamu karena keterbatasan dana! Setiap orang butuh hobi untuk menghibur diri mereka. Orang yang memiliki hobi dipercaya lebih sehat secara pikiran dan tidak mudah stress, tapi keterbatasan dana yang dimiliki banyak membuat orang-orang berhenti untuk menekuni hobi mereka di tengah jalan. Di sinilah kamu harus bisa memanfaatkan kartu kredit sebagai alat pendukung untuk kamu bisa memaksimalkan kegiatan hobi kamu.

Misalnya, jika kamu memiliki hobi travelling, pilih kartu kredit yang bisa memberikan kamu berbagai macam diskon yang berhubungan dengan travelling, seperti diskon pembelian tiket penerbangan, diskon menginap di hotel sampai ke diskon makan di restoran.

Tips Memilih Kartu Kredit Pertama

kamu sudah siap memiliki kartu kredit pertama kamu tapi masih bingung kartu kredit seperti apa yang cocok? Kamu bisa menjadikan dengan tips berikut ini sebagai acuan.

  • Pilih yang sesuai dengan tujuan kamu untuk memiliki kartu kredit
  • Pilih yang bunganya tidak terlalu tinggi
  • Pilih yang limitnya tidak terlalu besar, dan sesuai dengan kebutuhan kamu
  • Pilih yang memiliki banyak penawaran diskon dan cashback
  • Pilih kartu kredit dari bank terpercaya
  • Pilih yang kemudahan pembayarannya sesuai dengan keinginan kamu

Cara Pengajuan Kartu Kredit untuk Pemula

  • Siapkan segala persyaratan yang dibutuhkan seperti dokumen pribadi (Fotokopi KTP atau SIM, slip gaji, NPWP dan rekening tabungan minimal selama 3 bulan terakhir)
  • Pastikan riwayat keuangan pada rekening kamu bersih agar mempermudah untuk disetujui dalam pengajuan kartu kredit
  • Isi form aplikasi dengan jelas dan jujur
  • Jangan lupa untuk memberikan nomor telepon yang sering kamu gunakan agar mudah dihubungi

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Atau ajukan saja langsung di Cermati.com, jadi kamu tidak perlu repot-repot bolak balik bank ketika mengajukan kartu kredit pertama kamu.

Jangan Takut Punya Kartu Kredit

Jangan jadikan momok kartu kredit = hutang menjadi halangan kamu untuk memiliki kartu kredit pertamamu. Jika kamu tau segala manfaat dari kartu kredit yang kamu gunakan dengan baik, kartu kredit dapat banyak membantu kamu baik untuk bidang usaha atau pembelian barang pribadi dan keluarga. Manfaatkan kartu kredit sebagai alat untuk kamu menjadi lebih baik dalam mengatur keuangan kamu.

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Pertama Anda