Pengeluaran Menjelang Kelahiran Bayi Membengkak? Yuk Siasati dengan 5 Cara Ini

baju bayi

Bagi kamu para moms to be, pasti sudah tidak sabar menanti kehadiran si buah hati, ya. Apalagi jika kamu sudah masuk di trimester ketiga, mungkin saat ini kamu sedang asyik mempersiapkan kelahiran bayi yang ternyata cukup banyak tetek bengeknya. Selain mempersiapkan fisik dan mental, seringkali mengatur bujet dan finansial pra kelahiran bayi juga menjadi salah satu tantangan tersendiri. Kira-kira apa saja ya pengeluaran kebutuhan menjelang melahirkan, dan bagaimana mengaturnya? Mari kita simak tips di bawah ini!

1. Prioritaskan Biaya Melahirkan

Kalau kamu belum menentukan dimana akan melahirkan, sebaiknya kamu dan suami segera melakukan survei ke klinik atau rumah sakit terdekat. Minta price list melahirkan prosedur normal dan caesar dan perbandingan untuk tiap kelas kamar serta biaya lain-lain seperti obat, kontrol, atau biaya tambahan jika terjadi komplikasi. Ada baiknya hal ini dilakukan jauh-jauh hari agar tabungan kamu dan suami mencukupi, dan jangan lupa menyimpan dana lebih untuk hal-hal tak terduga dengan estimasi 20-30% dari biaya melahirkan.

2. Keperluan Perawatan Bayi, Beli Online Aja!

Bayi baru lahir membutuhkan perlengkapan yang cukup banyak, kamu. Mulai dari perlengkapan mandi, menyusui, tidur, hingga bepergian. Nah, untuk mendapatkan harga lebih miring, kamu bisa googling dulu merk barang yang bagus menurut rekomendasi dan sesuai dengan kantong. Setelah itu kamu bisa cari toko online yang menjualnya. Selain harga di online lebih murah dibandingkan harga toko offline, kamu juga bisa memanfaatkan metode pembayaran dengan kartu kredit atau cicilan tanpa kartu kredit yang biasanya ditawarkan situs e-commerce. Lumayan sekali kamu, karena pengeluaran bisa dicicil hingga 12 bulan ke depan.

3. Manfaatkan Promo Untuk Belanja Pakaian Bayi dan Ibu

Pakaian memang agak sulit jika dibeli lewat online, karena ukuran tiap merk bisa saja berbeda-beda. Oleh karena itu mungkin lebih nyaman bagi kamu untuk datang langsung ke toko agar bisa melihat dan menyentuh langsung bahan pakaiannya. Saat ini sudah banyak toko di Mal yang bekerja sama dengan kartu kredit bank tertentu untuk memberikan promo menarik, lho. Informasi diskon dan persyaratannya biasanya terpampang di depan toko, atau kamu bisa mengakses mana saja baby and kamu store yang bekerja sama dengan kartu kredit yang kamu miliki lewat situs bank masing-masing.

4. Perlengkapan yang Jarang Dipakai, Sewa Lebih Baik

Kadang, kamu bisa terlalu excited dan kalap saat membeli perlengkapan untuk si bayi, padahal barang tersebut tidak terlalu penting, hanya dipakai sekali-kali atau bahkan tidak bisa digunakan lagi saat bayi tumbuh sedikit lebih besar. Misalnya ranjang bayi, car seat, baby walker, kursi makan, kursi goyang, dan lainnya yang memiliki harga cukup mahal. Belum tentu juga si kecil betah menggunakannya.

Nah, kalau kamu punya sanak saudara atau teman yang sekiranya masih memiliki perlengkapan ini dan tidak menggunakannya lagi, kamu bisa pinjam atau sewa kepada mereka. Saat ini juga sudah banyak tempat penyewaan perlengkapan dan mainan bayi yang bisa kamu cari di Instagram. Jadi tidak perlu khawatir mubazir atau bingung mau dikemanakan saat tidak terpakai lagi, kamu.

5. Biaya Akikah

Bagi kamu yang beragama Islam, akikah merupakan ibadah berupa penyembelihan hewan untuk merayakan kelahiran anak. Akikah merupakan bentuk syukur dari kedua orang tua atas karunia yang dianugerahkan Allah SWT atas lahirnya sang anak. Akikah biasanya dilaksanakan satu hingga tiga minggu setelah kelahiran bayi. Menurut kepercayaan, jika bayi berjenis kelamin perempuan maka orang tua cukup menyembelih satu kambing, namun jika laki-laki, makan kambing yang disembelih ada dua.

Tentunya dalam pelaksanaannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, ya kamu. Jadi ada baiknya memasukkan akikah ke dalam pos pengeluaran sejak awal. Namun jika kamu membutuhkan dana darurat untuk keperluan ini atau hal tak terduga lainnya pasca melahirkan, salah satu solusinya adalah bisa memanfaatkan pinjaman tunai, baik melalui bank, atau pun pinjaman online yang banyak beredar.

Itu dia 5 cara jitu supaya kamu tetap hemat jelang kelahiran anak. Pastikan bahwa kondisi finansialmu mencukupi ya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Selamat bersiap-siap menjadi orang tua!

 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Kredivo dan Cermati.com