Pengertian Dana Tunai Kartu Kredit dan Cara Menggunakannya

Memiliki kartu kredit memang banyak manfaatnya. Selain bisa digunakan untuk transaksi belanja, kartu kredit juga menawarkan fasilitas pinjaman dana tunai bagi penggunanya. Pinjaman tersebut dapat menjadi alternatif sumber dana untuk membuka usaha atau merintis bisnis. 

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Pertama Anda

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian Dana Tunai Kartu Kredit

Pengertian Dana Tunai Kartu Kredit
Pengertian Dana Tunai Kartu Kredit

Kalau pengguna kartu kredit membutuhkan pinjaman, dapat memanfaatkan fasilitas dana tunai kartu kredit. Uangnya berasal dari limit kartu kredit kamu. Biasanya nilai pinjaman yang diberikan sekitar 40-50% dari sisa limit kartu kredit.

Selanjutnya pinjaman tersebut akan dikirim ke rekening kamu. Tagihannya bakal dimasukkan ke tagihan kartu kredit supaya kamu bisa mencicil setiap bulan. Nah jangan sampai salah kaprah, dana tunai kartu kredit berbeda dengan tarik tunai kartu kredit di ATM. Perbedaannya terletak pada batasan maksimal dana yang bisa cair dan bunganya.

Jika nasabah tarik tunai kartu kredit, siap-siap dikenakan biaya dan bunga tinggi. Sementara bunga dana tarik tunai lebih rendah dengan tenor sesuai dengan kebijakan bank penerbit kartu kredit. Ada bank yang menyiapkan jangka waktu 3 bulan sampai 24 bulan dengan bunga 1%. Semakin panjang tenornya, bunga semakin rendah.

Mekanisme Dana Tunai Kartu Kredit

Contoh sederhananya begini, kamu punya kartu kredit dengan limit Rp50 juta, dan baru terpakai Rp10 juta di bulan ini, berarti masih ada sisa Rp40 juta. Kemudian, bank penerbit kartu menawari kamu fasilitas dana tunai kartu kredit. Karena kamu butuh sekali buat tambahan modal usaha, maka kamu menyetujui penawaran tersebut.

Setelah kamu memenuhi persyaratannya, karena nilai pinjamannya maksimal hanya 50%, pinjaman yang cair senilai Rp20 juta. Tahap selanjutnya, kamu tinggal mencicil utang beserta bunganya sesuai tenor yang sudah ditentukan.

Sama dengan Produk KTA?

Banyak orang menyamakan dana tarik tunai kartu kredit dengan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA). Tapi kalau ditelisik, ada perbedaan antar keduanya. Mari kita bahas soal KTA.

Pengertian KTA adalah produk pinjaman perbankan tanpa jaminan aset. Jadi nasabah enggak perlu bingung harus punya agunan untuk mengajukan KTA. Butuh dana cepat, KTA solusinya. Baik itu untuk modal usaha, biaya pernikahan, biaya pengobatan, sampai dengan renovasi rumah.

Proses pembayaran pinjaman dilakukan dengan cara cicilan per bulan yang jangka waktunya juga ditentukan oleh Anda sendiri. Biasanya berkisar antara 12 bulan hingga 60 bulan. Apabila Anda terlambat membayar cicilan maupun melunasinya sebelum jatuh tempo, maka ada biaya penalti yang dikenakan.

Selain itu, banyak yang tergiur dengan KTA karena promo bunga yang rendah, seperti 0,99% per bulan. Namun kalau diperhatikan lagi, pinjaman KTA menghitung bunga secara flat 0.99%, artinya jumlah beban bunga setiap bulan tetap (flat), meski sisa pokok pinjamannya terus menurun setiap bulannya.

Perhitungan bunga efektif lebih akurat jika dibandingkan dengan bunga flat bagi seorang peminjam, karena bunga dihitung berdasarkan sisa pokok pinjaman. Perhitungan bunga flat, akan terlihat seolah-olah bunganya kecil, meskipun sebenarnya tidak.

Jika perhitungan bunga flat dikonversikan ke bunga efektif, maka kita sebenarnya meminjam dengan bunga 21% hingga 24% per tahun atau 2% per bulan, tidak 0,99% lagi.

Baca Juga: 10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

Adapun keunggulan KTA, antara lain:

  • Syarat lebih mudah dibanding kredit multiguna
  • Masa pencairan cepat, bisa kurang dari 3 hari
  • Hampir seluruh bank menawarkan KTA
  • Bisa dicicil per bulan
  • Dananya bisa dialokasikan untuk kebutuhan apa saja.

Kekurangan KTA, yakni:

  • Bunga KTA relatif tinggi
  • Harus punya kartu kredit lebih dulu
  • Ada biaya pinalti jika melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo
  • Limit terbatas, sehingga masa tenor relatif pendek.

Jadi perbedaan dana tunai kartu kredit dengan KTA maupun produk pinjaman bank lainnya, yaitu:

  • Untuk mengajukan dana tunai kartu kredit, enggak perlu datang ke kantor cabang bank. Langsung saja via telepon, sehingga lebih mudah.
  • Bunga dana tarik tunai kartu kredit lebih rendah dibanding KTA.
  • Suku bunga tetap atau mengambang sesuai ketentuan perbankan
  • Tenor pengembalian bisa dinegosiasikan dengan pihak bank
  • Ada biaya denda untuk pelunasan pinjaman sebelum jatuh tempo. Ini umum di produk pinjaman.

Dana Tunai Kartu Kedit atau KTA, Pilih yang Mana?

Fasilitas dana tunai kartu kredit dan KTA memiliki manfaat yang sama sebagai alternatif sumber dana. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, sehingga sebagai nasabah, kamu perlu tahu segala ketentuan pada saat pengajuan pinjaman tersebut. Sekarang, pilihan ada di tanganmu. Tapi satu hal yang perlu diingat, namanya utang harus dibayar tepat waktu agar tidak menimbulkan masalah lain yang akan berakibat pembengkakan utang.

Baca Juga: 4 Manfaat Anak Memiliki Kartu Kredit