Pengguna Kartu Debit dan Kredit Wajib Tahu Hal Ini Agar Transaksi Aman

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan kartu debit atau kredit ketika ingin melakukan transaksi pada barang belanjaannya. Selain mudah dan cepat, mereka tidak perlu repot lagi membawa uang cash dengan jumlah yang tidak sedikit. Hal ini juga sebagai bentuk dari pemanfaatan teknologi yang semakin canggih.

Mengingat di zaman sekarang ini banyak orang yang melakukan tindakan kejahatan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti, skimming, pembobolan ATM, penipuan melalui SMS, e-mail atau telepon dan sebagainya, maka pihak perbankan mulai memberikan peningkatan keamanan terhadap semua pengguna kartu debit atau kredit.

Ada banyak tips yang bisa Anda lakukan agar lebih aman dalam menggunakan kartu kredit/debit. Dilansir dari mastercard.co.id, berikut rangkuman fitur dan tips keamanan yang perlu Anda pahami.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Fitur Keamanan

Setiap perbankan pastinya akan memberikan pelayanan yang terbaik buat para penggunanya, salah satunya dengan memberikan beberapa fitur keamanan sebagai berikut ini.

1. Terdapat Chip pada Kartu

chip
Terdapat Chip Pada Kartu

Memang pada umumnya semua bank sudah berlakukan kartu yang terdapat chip pada tampilan depannya. Nah, dengan Adanya chip ini membuat data lebih aman, sebab data yang tersimpan pada chip tersebut sudah di enkkripsi sehingga sulit dibaca. Hal ini tentunya tidak mungkin bisa diduplikasi atau dikloning. Dengan begitu, akan terhindar dari kasus yang belum lama ini terjadi yaitu pembobolan atau skimming.

2. Layanan Concierge Global

mastercard
Layanan Concierge Global Khusus Pengguna Mastercard

Tidak dapat dipungkiri, kejahatan bisa terjadi dimana saja dan bisa dialami oleh siapapun. Jangan panik atau khawatir jika saat bepergian atau travelling mengalami kehilangan dompet atau telah dijambret, khusus pengguna mastercard bisa mengandalkan layanan Concierge Global atau Layanan Darurat Global.

Dengan fitur tersebut, bisa mendapatkan uang tunai darurat dalam waktu 2 jam dan pihak bank akan memproses penggantian kartu dalam waktu yang telah ditentukan, yaitu 24 jam di Amerika Serikat, sedangkan 48 jam di seluruh dunia. Caranya sangat mudah, hanya dengan menelepon pihak bank akan segera memberikan bantuan.

3. Pemberitahuan Melalui SMS

layanan sms kartu
Layanan Pemberitahuan Melalui SMS

Pengecekan transaksi secara rutin, baik pada debit maupun kredit perlu dilakukan. Hal ini akan memudahkan Anda mengetahui adanya transaksi yang mencurigakan, sehingga bisa langsung menghubungi pihak bank agar cepat diidentifikasi dan permasalahan cepat teratasi.

Nah, seluruh perbankan pastinya memiliki fitur pemberitahuan melalui SMS ini dengan mengirim pemberitahuan secara otomatis setiap kartu digunakan saat transaksi. Manfaatkanlah agar pengecekan transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hubungi pihak bank untuk mendaftarkan diri pada layanan pemberitahuan SMS tersebut.

4. PIN ATM

pin
Pin ATM

Setiap perbankan menerapkan fitur pin ATM kepada pengguna. Tujuannya memberikan perlindungan berupa keamanan dalam keseharian disetiap penggunaan kartu, baik itu saat belanja di mall maupun online. Dengan adanya pin rahasia, orang lain tidak bisa mengakses atau menggunakan kartu debit atau kredit yang dimiliki, sebab hanya Anda yang mengetahui kode pin tersebut. Jagalah sebaik mungkin jangan sampai ada orang lain yang mengetahuinya. Bila lupa, segera hubungi pihak bank untuk meminta pin yang baru.

5. Perlindungan Bebas Kewajiban Bayar

free
Perlindungan Bebas Kewajiban Bayar

Perbankan yang menerbitkan mastercard, membebaskan biaya kepada pengguna atas transaksi berbelanja di mall ataupun melalui online. Pihak bank hanya mengingatkan setiap pengguna kartu debit dan kredit hanya memiliki kebijakan untuk melindungi dan menjaga dengan baik terhadap semua kartu yang dimiliki.

Menjaga Kartu Tetap Aman

Tidak dapat dipungkiri, kejahatan seperti pencopetan dompet bisa datang tanpa diduga. Namun, hal ini tentunya bisa dicegah dengan melakukan beberapa tips menjaga kartu agar tetap aman sebagai berikut ini.

1. Pilih Kartu yang Sesuai

nama or ttd
Pilih Kartu yang Sesuai

Saat mengajukan pembuatan rekening di bank, pastinya Anda akan diberikan kartu sebagai alat transaksinya. Sebelumnya, pihak bank penerbit akan memberikan pilihan, yaitu ingin kartu yang tercetak nama pemilik atau tidak. Bila memilih kartu yang tercetak nama pemilik, tentunya harus menunggu kurang lebih tiga hari dan kartu akan dikirim ke alamat rumah.

Namun, kebanyakan orang saat ini memilih yang cepat, yaitu hanya nunggu beberapa menit kartu langsung jadi dan bisa langsung digunakan tapi nama pemilik tidak tercetak pada kartu. Maka, sebagai gantinya pihak bank akan menyuruh Anda untuk menandatangani kartu bagian belakang dan ini bisa dilakukan dengan menggunakan tinta pulpen biasa.

Keduanya memiliki tujuan yang sama, diantaranya selain sebagai tanda bahwa kartu tersebut resmi milik Anda, kartu juga tidak tertukar dengan milik orang lain.

2. Simpan ditempat yang Aman

simpan kartu di domper
Simpan Kartu ditempat yang Aman

Jangan menaruh kartu disembarang tempat. Simpanlah kartu di tempat yang paling aman. Bila disimpan di dompet yang biasa dimasukkan ke saku celana, baiknya cek secara rutin saku celana untuk memastikan dompet masih ada atau bisa disimpan dalam tas kecil yang bisa dikalungkan dan letakkan tas tersebut dibagian depan badan. Hal ini perlu dilakukan demi menjaga kartu agar tetap aman.

Baca Juga: Cara Menghindari Penipuan Kartu Debit dan Kartu Kredit

3. Jaga Kerahasiaan Informasi

rahasia
Jaga Kerahasian Informasi dengan Baik

Informasi yang ada pada kartu tentunya harus dijaga dengan baik jangan sampai ada orang lain yang mengetahuinya. Jaga kerahasiaan mulai dari nomor kartu, PIN, username, password dan sebagainya. Hati-hati pada penipuan yang mengatasnamakan pihak bank dan meminta data rahasia, ini merupakan salah satu dari aksi penipuan. Sebab, pihak bank tidak akan pernah meminta data informasi pribadi yang bersifat rahasia.

4. Baca Laporan Bank atau Tagihan dengan Teliti

laporan kartu kredit
Baca Laporan Bank atau Tagihan Kartu Kredit dengan Teliti

Inilah yang sering diabaikan kebanyakan orang, yaitu tidak membaca laporan bank atau tagihan dengan teliti. Padahal, bila hal tersebut dilakukan akan menguntungkan pemilik kartu, salah satunya adalah bisa mengetahui informasi baru dari bank, bisa memeriksa daftar transaksi dan sebagainya. Bacalah laporan bank dan tagihan dengan teliti, jangan lupa bayar tagihan tepat waktu dan jaga limit kredit.

Baca Juga: Kartu Debit vs Kartu Kredit, Inilah Waktu yang Tepat untuk Menggunakannya

5. Segera Lapor kepada Pihak Bank

cs bank
Segera Lapor kepada Pihak Bank

Bila Anda mengalami kehilangan, pencurian, atau terdapat transaksi yang mencurigakan sebaiknya segera lapor kepada pihak bank agar masalah yang dialami bisa dengan cepat diatasi, sehingga kartu bisa digunakan kembali dengan cepat.

Tetap Waspada

Sebagai pemilik kartu debit atau kredit, tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan. Selain harus menggunakannya dengan bijak, kartu tersebut juga perlu dijaga dengan baik. Sebab, zaman sekarang banyak yang melakukan aksi tindak kejahatan seperti penipuan, pembobolan rekening ATM dan sebagainya. Maka, tetaplah berhati-hati agar kartu tetap aman dan tidak menjadi korban tindak kejahatan.

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Pertama Anda