Penjelasan Dan Cara Memilih Gadai BPKB Motor Terbaik

Kita sebagai manusia memang tidak akan pernah ada yang tahu apa yang terjadi pada kehidupan kita di masa depan. Maka dari itu karena kita tak punya kuasa dalam menghadapi kehidupan di masa depan ini, maka kita seringkali dihantui banyak ketakutan akan datangnya hal-hal yang tak terduga tersebut. Jika hal-hal di luar kuasa itu baik mungkin tidak ada masalah, namun jika sesuatu di luar kuasa itu membuat kita pusing karena harus segera mendapatkan dana tunai. Belum lagi beberapa siklus kehidupan dari manusia yang memang seringkali membuat mereka diharuskan mengeluarkan dana besar. Sebut saja pernikahan, melahirkan, masuk perguruan tinggi dan lain sebagainya.

Jika Anda adalah orang yang memang berkepentingan untuk memajukan kehidupan Anda, maka seharusnya Anda peduli pada hal ini dengan mempersiapkan beberapa dana simpanan untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga tersebut. Namun bagaimana jika kita adalah orang yang tidak bisa menyiapkan dana tersebut karena faktor penghasilan yang pas-pasan. Memang agak sulit bagi mereka yang tidak memiliki tabungan jika dihadapkan dengan permasalahan yang datang mendadak dan diluar kuasa ini. Mau tak mau jika Anda tidak memiliki dana simpanan maka Anda harus mau menjual aset atau menggadaikan barang.

Gadai BPKB Motor Sebagai Solusi

Saat ini memang banyak cara yang bisa digunakan seseorang untuk mendapatkan jaminan dana tunai. Jika Anda merasa sayang dan tidak ingin menjual aset berharga, Anda bisa mengajukan pinjaman dan tunai ke lembaga pembiayaan dengan jaminan BPKB motor Anda. Kepemilikan motor yang sudah merupakan transportasi umum yang banyak dimiliki orang memang hal yang paling realistis untuk Anda yang sedang membutuhkan pinjaman dana tunai dengan cepat. Gadai BPKB motor saat ini sendiri sudah menjadi salah satu pilihan tepat bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat untuk berbagai keperluan. Cara ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana tunai tetapi tidak memiliki asset seperti tanah atau rumah untuk dijaminkan.

Tips Menggadaikan BPKB Motor dengan Aman

Meskipun hanya sekedar motor yang umumnya harganya tidak sebesar mobil, tapi saat Anda menggadaikan BPKB, Anda perlu berhati-hati dan waspada. Mengapa demikian? Ini karena dalam sistem pinjaman dana dari gadai ini bisa berakibat pada penyitaan aset (dalam hal ini motor) jika Anda mengalami kredit macet hingga Anda tidak sanggup lagi melunasi cicilan. Selain itu faktor keamanan juga harus Anda perhatikan agar terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh sejumlah oknum. Berikut adalah beberapa tips agar Anda terhindar dari kredit macet dan penipuan saat melakukan pinjaman dengan menggadaikan BPKB motor.

1. Gunakan Dana Pinjaman untuk Sesuatu Yang Krusial

Dana Pinjaman

Gunakan Dana Pinjaman Untuk Hal Krusial via utcourts.gov

 

Tips pertama untuk terhindar dari kredit macet adalah dengan menggunakan dana pinjaman hanya untuk sesuatu yang penting dan krusial. Maka dari itu sebelum benar-benar mengajukan dana pinjaman ini maka Anda harus bertanya kepada diri Anda sendiri apakah Anda memang membutuhkan dana itu? Jika dana pinjaman itu cair apakah kebutuhan utama yang akan Anda penuhi? Apakah kebutuhan Anda bersifat konsumtif? Atau pinjaman tersebut untuk modal usaha dan sesuatu yang produktif?  Atau ada keluarga yang sakit dan membutuhkan dana darurat?

Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa meminjam dengan rasa yang aman dan nyaman tanpa ada kekhawatiran akan mengalami kredit macet. Setelah Anda mempertimbangkan alasan Anda mengajukan pinjaman uang ini dan memang keadaannya adalah hal tersebut merupakan sesuatu yang penting dan krusial, maka pilihan Anda untuk melakukan gadai BPKB motor untuk mendapatkan dana pinjaman memang sudah tepat dan bisa segera Anda ajukan segera.

2. Sisihkan Sejumlah Dana Untuk Membayar Angsuran

Sisihkan Dana

Sisihkan Dana Untuk Hal krusial via businessinsider.com

 

Namanya kredit dana pinjaman berarti Anda harus mampu mencicil atau mengangsurnya tiap bulan. Nah disinilah Anda sebagai debitur sebaiknya menyipakan dana angsuran ini dengan baik. Jika Anda memiliki tabungan atau simpanan itu akan lebih baik. Karena dengan adanya tabungan ini Anda sudah tidak akan dipusingkan lagi dengan pengeluaran bulanan ini. Jika Anda tidak memiliki tabungan atau simpanan maka mau tak mau Anda harus menyisihkan sejumlah dana dari gaji atau penghasilan Anda untuk membayar cicilan. Anda bisa menyisihkannya di amplop atau dompet terpisah atau menyimpannya ke rekening tersendiri. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah komitmen. Anda harus berkomitmen apapun yang terjadi uang yang telah Anda sisihkan harus dialokasikan untuk pembayaran angsuran kredit Anda.

3. Bayar Angsurannya Tepat Waktu

Bayar angsuran tepat waktu

Bayar Angsuran Tepat Waktu via wisegeek.com

 

Berikutnya, tips untuk terhindar dari kredit macet dan merasakan kenyamanan dalam mengajukan dana pinjaman BPKB motor adalah dengan mengangsurnya tepat waktu. Kenapa harus tepat waktu? karena dengan adanya pembayaran cicilan tepat waktu Anda akan terhindar dari denda atau penalty dari pihak lembaga kreditur. Tentu Anda tidak ingin mengeluarkan dana lebih untuk angsuran Anda bukan? Maka dari itu untuk terhindar dari denda dan penalty ini Anda harus bisa membayar cicilan ini tepat pada waktunya. Saat mengajukan pinjaman dana tunai ini Anda memang memiliki tanggung jawab untuk membayar angsurannya tepat waktu sesuai perjanjian.

Baca Juga: Dapatkan Uang Tunai Secara Instan Lewat Pegadaian

4. Pilihlah Leasing Yang Kredibel 

Leasing Kredibel a

Pilih Leasing Yang Kredibel via econocom.com

 

Terakhir, tips untuk terhindar dari adanya penipuan adalah dengan memilih lembaga kreditur atau leasing yang kredibel dan memberikan kemudahan pembayaran anggaran. Kenapa harus memilih tempat yang menyediakan layanan kreditur ini? Karena selain jumlahnya yang sudah cukup banyak, ternyata ada beberapa lembaga pembiayaan (oknum) yang harus Anda waspadai karena bisa saja melakukan penipuan. Para oknum ini biasanya melakukan kejahatan terhadap Anda dan membawa surat penting yang seharusnya dapat digunakan untuk hal lain, malah dipalsukan atau untuk memeras Anda.

Maka dari itu untuk terhindar dari penipuan ini Anda harus bisa memilih tempat leasing yang sudah kredibel dan terpercaya. Kemudahan dalam pembayaran angsuran juga cukup penting Anda telusuri agar saat Anda bepergian ke luar kota Anda masih bisa membayarnya via ATM atau internet banking. Pastikan juga Anda membayar ke rekening perusahaan bukan atas nama pribadi.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Cari Informasi Lebih Banyak

Sebelum Anda mengajukan pinjaman dengan menggadaikan BPKB motor Anda, ada baiknya Anda bertanya dan mencari informasi mengenai pinjaman dengan jaminan BPKB motor. Hal ini tentu saja akan membantu serta mempermudah Anda dalam hal pengajuan pinjaman, dan tentu saja memperkecil kemungkinan Anda akan tertipu oleh pihak-pihak yang tidk bertanggung jawab. Oleh karena itu mencari tahu lebih banyak informasi menjadi hal yang tak kalah penting.

Baca Juga: Gadai BPKB Mobil: Pilih Ke Bank Atau Multi Finance?