Penyakit-Penyakit Dengan Biaya Pengobatan Termahal

Sehat itu mahal. Yap! Dengan meningkatnya biaya pengobatan tiap tahunnya, wajar saja jika banyak orang sependapat sehat itu mahal. Ditambah lagi biaya pengobatan beberapa penyakit yang tergolong mahal dibandingkan penyakit lainnya.

Berikut penyakit-penyakit dengan biaya pengobatan termahal :

1. Mental

Penyakit Gangguan Mental via sehatfresh.com

Gangguan mental atau sering disebut juga sebagai penyakit kejiwaan adalah pola psikologis atau perilaku yang pada umumnya terkait dengan stres atau kelainan mental yang tidak dianggap sebagai bagian perkembangan normal manusia. Gangguan tersebut didefinisikan sebagai kombinasi perilaku, afektif, komponen kognitif  atau persepsi yang berhubungan dengan fungsi tertentu pada daerah otak atau sistem saraf yang menjalankan fungsi sosial manusia. Proses penyembuhan penyakit ini pun tidak sebentar dan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di Amerika ongkos penanganan penyakit ini mencapai USD 142,2 miliar, dan meningkat 6% per tahun.

2. Jantung

Penyakit Jantung via webpraktis.com

Penyakit jantung koroner atau yang juga dikenal dengan istilah jantung Iskemik. Termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan sekitar 35% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung. Tidak heran jika penyakit ini disebut juga sebagai penyakit pembunuh No. 1 di dunia. Penyakit ini bahkan mengalami peningkatan biaya per tahun 5%. Di Amerika total ongkos penanganan penyakit ini telah mencapai USD 123,1 miliar. Salah satu penyebab penyakit ini adalah pola hidup yang tidak sehat seperti, jarang berolahraga dan makan makanan berkolestrol, juga semakin banyaknya orang yang merokok, menjadi pemicu penyakit ini. Jantung sendiri merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia yang berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

3. Trauma

Penyakit Trauma via actualidadclinica.files.wordpress.com

Penyakit Trauma, adalah penyakit yang terjadi pada bagian saraf. Terjadi karena benturan-benturan kecil yang mengkibatkan fraktur pada penyakit ini, dan benturan keras yang dapat merusak tubuh inilah yang disebut trauma. Trauma sendiri terbagi dalam tujuh bentuk, trauma mekanik, trauma panas, trauma bahan kimia, trauma listrik, trauma biologis, trauma radiasi, dan trauma emosi. Biaya untuk pengobatan penyakit ini pun berbeda-beda, karena setiap kasus mempunyai perbedaan dalam hal cara pengobatannya. Biaya untuk penyakit ini mengalami peningkatan sebesar 6% per tahun. Total ongkos penanganannya sendiri di Amerika mencapai USD 100,2 miliar.

4. Kanker

Penyakit kanker via 1.bp.blogspot.com 

Kanker dengan biaya pengobatan termahal adalah Kanker Usus Besar, kanker payudara, Kanker Paru-Paru, dan Kanker Prostat. Pengobatan untuk penyakit ini meningkat 7% per tahun. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telh mencapai USD 99,5 miiar. Kanker sendiri adalah sekolompok penyakit yang terjad ketika sel-sel tubuh yang tidak normal tumbuh dan menyebar dengan cepat. Penyakit ini sendiri bisa dihindari dengan menjaga asupan makanan sehat dan menghindari rokok.

5. Paru-paru

Penyakit Paru-paru via blog.logisera.com

Asma, Emphysema (Pembengkakan atau radang paru-paru), dan penyakit Chronic Obstructive adalah penyakit yang termasuk dalam penyakit paru-paru. Radang paru-paru atau Pneumonia adalah kondisi inflamasi pada paru, utamanya mempengaruhi kantung-kantung udara mikrospik yang dikenal sebagai alveolus. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan lebih jarang mikroorganisme. Peningkatan biaya pengobatan penyakit ini meningkat 6% setiap tahunnya. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai USD 64,6 miliar

6. Hipertensi

Penyakit Hipertensi via websehat.net

Banyaknya jumlah obat-obatan yang diberikan pada pasien penderita ini juga harga obat yang terhitung mahal, menjadi alasan Hipertensi menjadi salah satu penyakit dengan biaya termahal berikutnya. Total ongkos penangan yang mencapai USD 50,2 miliar di Amerika, serta peningkatan biaya per tahun sebanyak 9%. Hipertensi atau darah tinggi sendiri bisa meningkatkan resiko jantung dan stroke. Karena itu banyak makan buah-buahan, sayur, olahraga, serta membatasi alkohol adalah cara menghindari penyakit ini, Dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara mengelola stres Anda.

7. Osteoarthritis (radang sendi/rematik)

Penyakit Radang Sendi via tipsdewa.com

Obesitas dan ukuran pinggang yang membesar adalah faktor yang memperbesar resiko penyakit ini. Mahalnya harga obat-obatan untuk menangani penyakit ini menambah sulit penyembuhan radang sendi ini. Untuk biaya penanganan penyakit ini sendiri meningkat 8% tiap tahunnya, dengan total ongkos mencaapai USD 48 miliar.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik: BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan?

8. Ginjal

 

Penyakit Ginjal via suherlin.com

Adanya metode dialysis atau cuci darah untuk pengidap penyakit ginjal membuat biaya penangan penyakit ini menjadi begitu mahal. Biaya pengobatan penyakit ginjal sendiri meningkat sebanyak 13% per tahun. Total biaya pengobatan penyakit ginjal bahkan mencapai USD 35,9 miliar.

9. Punggung

Sakit Punggung via 3.bp.blogspot.com

Tingginya biaya obat bius yang digunakan dalam setiap kali operasi menjadi salah satu faktor banyaknya biaya yang digunakan dalam menangani penyakit ini. Pasalnya pengobatan penyakit jenis ini lebih sering menggunakan dengan cara operasi. Di Amerika, ongkos penangann penyakit ini mencapai USD 40,1 miliar per tahun, atau meningkat hingga 8% setiap tahunnya.

10. Diabetes

Penyakit Diabetes via sehatdanfit.com

Saat ini di Amerika biaya pengobatan penyakit ini mencapai USD 35,8 triliun. Dan meningkat sebanyak 8% per tahun. Penyakit yang sebagian besar dipicu oleh obesitas ini tidak hanya mahal, akan tetapi juga dapat memicu munculnya penyakit lain seperti kanker maupun penyakit jantung. Ironisnya adalah hampir seperempat orang dengan diabetes tidak tahu mereka memiliki penyakit itu.

Baca juga: 7 Fakta Unik Tentang BPJS Kesehatan

Sehat Itu Mahal

Melihat betapa tingginya biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengobati penyakit. Sudah sepatutnya Anda mulai menjaga kesehatan Anda dengan pola hidup sehat. Untuk menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan?

Baca juga: Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik? Ini Kriterianya