Perbedaan Risiko antara Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Dalam perkembangan bisnis asuransi dan perbankan, sejumlah produk dimunculkan dan dijual dengan sejumlah keuntungan serta fitur di dalamnya. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Secara garis besar, hal ini memang menjadi keuntungan tersendiri bagi nasabah. Mereka memiliki banyak pilihan produk yang bisa dipertimbangkan. Namun di sisi lain, hal ini juga bisa menjadi bumerang. Sebab jika tidak dipahami dengan benar, produk-produk tersebut justru tidak bisa dijadikan investasi.

Tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan adalah dua produk yang boleh dikatakan hampir sama, tetapi tetap memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Nasabah beranggapan keduanya adalah produk perbankan. Jika sejak awal pemahamannya sudah tidak tepat, besar kemungkinan penggunaannya juga tidak akan tepat guna.

Baca Juga: Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

Pahami Perbedaannya Sebelum Membeli

Tabungan Pendidikan

Ilustrasi Mengenali Perbedaan antara Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan via contractax.com

 

Meskipun keduanya sama-sama diperuntukkan sebagai dana pendidikan, tabungan pendidikan dengan asuransi pendidikan memiliki perbedaan yang jauh. Namun, sebagian besar masyarakat tidak menyadarinya dengan baik sehingga tak jarang mereka membeli produk yang salah/kurang tepat bagi anak-anaknya. Kedua produk ini umumnya dijual di bank. Boleh jadi inilah yang membuat banyak orang berpikir bahwa keduanya merupakan produk perbankan yang tak ada bedanya satu sama lain.

Nyatanya, hanya produk tabungan pendidikan yang menjadi produk milik bank. Sementara produk asuransi pendidikan adalah milik perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan bank yang bersangkutan. Staf penjualannya pun juga berbeda. Yang menjual produk tabungan pendidikan adalah pegawai bank. Sementara yang menjual produk asuransi pendidikan adalah staf perusahaan asuransi.

Pemahaman yang salah terhadap kedua produk ini bisa berakibat tidak baik terhadap keuangan. Dan tak menutup kemungkinan tujuan investasi menjadi tidak tercapai sekalipun telah direncanakan dengan matang. Kenali dan pahami perbedaan kedua produk ini dengan baik sehingga pemilihan produk dana pendidikan anak dapat dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah sejumlah perbedaan dari sisi risiko antara tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan.

1. Sistem Penjaminan

Tabungan pendidikan merupakan salah satu produk keuangan yang dipasarkan bank. Otomatis, tabungan ini dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga jumlah tertentu yang telah ditetapkan dan mengikuti jumlah bunga maksimum yang berlaku. Dengan jaminan LPS, apabila sewaktu-waktu bank kolaps, tabungan tersebut tetap aman.

Sementara asuransi pendidikan yang pada umumnya berupa asuransi unit link bukanlah produk perbankan dan tidak memiliki jaminan. Produk keuangan itulah yang dijual perusahaan asuransi dalam bentuk dana pendidikan. Dalam kegiatan tersebut, bank hanya turut serta menjadi agen penjual produk tersebut.

2. Tingkat Keuntungan

Bunga yang diterapkan dalam produk tabungan pendidikan adalah bunga tetap atau pasti. Artinya, sejumlah bunga yang ditetapkan tersebut akan dibayarkan pihak bank secara penuh kepada nasabahnya. Pada umumnya, bunga ini bersifat flat sehingga nasabah akan selalu menerima bunga dalam jumlah yang sama (tetap). Hal ini membuat nilai tabungan selalu bertambah dan tidak pernah berkurang. Sebab penerapan bunga ini pasti dan akan selalu dibayarkan.

Sementara dalam produk asuransi pendidikan, bunga/pendapatan yang akan diperoleh nasabah tidak pasti. Sebagaimana asuransi unit link biasa, sejumlah dana nasabah yang disetorkan setiap bulannya sebagai premi tersebut akan diinvestasikan pihak perusahaan asuransi ke dalam beberapa instrumen investasi. Kegiatan inilah yang kemudian menjadi sumber pendapatan bagi nasabah pemegang asuransi pendidikan.

Investasi sudah tentu memiliki risiko, termasuk naik turunnya nilai dana investasi itu sendiri. Hal ini bisa menyebabkan jumlah dana menjadi berkurang, tetap, atau bahkan bertambah, tergantung pada kondisi pasar saham. Jika investasi tersebut berjalan dengan baik dan lancar, nilainya akan meningkat dan menghasilkan pendapatan yang besar bagi pemegang asuransi pendidikan. Di sisi lain, kalau terjadi penurunan yang signifikan terhadap investasi yang dilakukan, bukan hanya tergerus saja, sejumlah uang tabungan tersebut juga bisa hilang.

Terdapat risiko yang sangat tinggi dalam asuransi pendidikan. Berbeda halnya dengan tabungan pendidikan yang selalu stabil dan tetap menghasilkan. Namun, sejumlah risiko tersebut juga berbanding lurus dengan peluang keuntungan yang bisa didapatkan atas investasi yang dilakukan.

3. Nilai Perlindungan

Nilai perlindungan yang diberikan tabungan pendidikan akan jauh lebih rendah dibandingkan nilai perlindungan yang diberikan asuransi pendidikan. Alasannya, di dalam tabungan pendidikan, premi tersebut akan dibayarkan pihak bank. Dan jumlah pertanggungannya terbatas. Sementara di dalam asuransi pendidikan, nilai pertanggungan akan jauh lebih besar karena dibayarkan nasabah.

Baca Juga: Biaya Pendidikan Kurang? Ini Cara Mengatasinya

Cara Membedakannya

Asuransi Pendidikan

Ilustrasi Menanyakan kepada Petugas Penjual via weinbergpartners.com

 

Sebelum membeli produk pendanaan bagi pendidikan anak, selalu pastikan untuk memilih produk yang tepat. Setidaknya pahami perbedaan antara tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan terlebih dahulu. Di bawah ini adalah cara bagaimana membedakannya.

  • Daripada mengambil risiko yang besar, akan sangat tepat jika langsung menanyakan kepada petugas yang menjualnya. Tanyakan apakah produk tersebut memiliki jaminan dari bank. Kalau ternyata jawabannya tidak, produk tersebut bukan produk tabungan asuransi.
  • Tanyakan juga apakah produk tersebut memiliki bunga/pendapatan yang tetap atau tidak. Kalau tidak, produk tersebut adalah produk asuransi pendidikan.

Pilih yang Paling Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Mempersiapkan dana pendidikan sekarang ini menjadi hal wajib bagi sebagian besar orang, terutama orang tua. Pastikan untuk memahami dengan baik perbedaan antara asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan sehingga bisa memilih produk yang paling tepat dan sesuai kebutuhan. Tidak perlu malu, tanyakan hal ini secara langsung kepada petugas yang menjualnya agar informasi yang didapatkan jelas dan akurat.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Tabungan Untuk Anak