Perbedaan Secured Credit Card dengan Kartu Debit

Walau namanya tidak sepopuler kartu kredit, namun Secured credit card (SCC) sekarang ini sudah mulai ramai diperbincangkan dikalangan masyarakat. Banyak masyarakat bertanya-tanya dan belum mengetahui apa sebetulnya secured credit card itu sendiri. Masyarakat banyak yang penasaran, dan mulai secara terang-terangan mencari tahu layanan produk ini melalui internet. Mereka menganggap bahwa penggunaan secured credit card ini sama saja dengan penggunaan kartu debit atau kartu kredit reguler.

Perbedaan Secured Credit Card dan Kartu Kredit Reguler

Secured Credit Card

Perbedaan Keduanya via sintelsystems.com

 

Padahal perbedaan dari kedua kartu ini sangatlah jelas. Secured credit card dan kartu debit memiliki perbedaan mendasar jika dilihat dari berbagai sisi. Salah satu perbedaan kedua kartu ini terletak pada keuntungan dalam penggunaannya. Namun sebenarnya masih banyak lagi perbedaan keduanya yang akan dikupas tuntas melalui uraian di bawah ini:

1. Periode Pembayaran

Saat bertransaksi menggunakan secured credit card, rekening tabungan kita tidak langsung terkena potongan. Karena pada kartu ini, terdapat grace period atau waktu tenggang yang diberikan dalam periode pembayaran. Grace period berfungsi untuk memberikan waktu kepada kita untuk melunasi tagihan kita pada masa grace periode ini. Apabila kita belum membayar tagihan melebihi grace period ini, barulah bank akan mengambil tindakan dengan memotong rekening pada tabungan kita.

Hal ini jelas berbeda jika dibandingkan dengan kartu debit, di mana kartu debit tidak memiliki grace period, jadi pada saat bertransaksi rekening tabungan secara langsung terpotong. Apabila rekening tabungan tidak cukup, maka transaksi yang akan dilakukan pun akan mengalami kegagalan.

2. Penerimaan Merchant Untuk Transaksi

Penggunaan secured credit card, bisa dilakukan di semua merchant baik dari dalam ataupun luar negeri seperti layaknya anda menggunakan kartu kredit reguler. Sedangkan dalam kartu debit, tidak semua merchant memiliki mesin EDC bank yang sesuai dengan kartu debit kita. Penggunan EDC dengan Bank yang berbedapun akan merogoh uang yang kita miliki karena akan terkena charge atau biaya administrasi. Transaksi dengan merchant luar negeri pun sulit, karena sangat sedikit yang menerima transaksi menggunakan kartu debit Indonesia, bahkan hampr tidak ada.

3. Mekanisme Belanja Online

Dengan menggunakan secured credit card ini, belanja online akan semakin mudah. Karena hanya dengan memasukkan kode nomor yang terdapat di belakang kartu ini, maka transaksi sudah selesai dilakukan dan kita hanya tinggal menunggu barang yang kita pesan datang. Lain halnya dengan kartu debit, di mana belanja online yang dilakukan sedikit berbeda yaitu melalui mekanisme proses pembayaran melalui transfer uang antar bank terlebih dahulu. Setelah melakukan proses transfer, kita tinggal menunggu barang pesanan kita datang.

4. Fitur dan Manfaat

Sama halnya dengan kartu kredit biasa, penggunaan secured credit card ini juga memiliki fitur menarik dengan berbagai manfaat yang diberikan kepada para penggunanya. Fitur manfaat yang diberikan ini diantaranya cicilan 0%, Cashback, miles reward, reward point, dan kemudian juga diskon merchant. Sedangkan kartu debit, tidak memiliki fitur manfaat seperti itu. Apabila ada manfaat dalam bentuk cashback, namun nominalnya tidak sebanyak SCC atau bahkan jarang sekali Anda jumpai.

Selain 4 perbedaan SCC dan kartu debit seperti uraian di atas, untuk lebih jauh mengenal produk ini mari kita simak uraian fitur, manfaat dan proses pembuatan SCC dan kartu debit berikut ini:

Baca Juga: Butuh Kartu Kredit Tambahan? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini

Manfaat Menggunakan Secured Credit Card

Kartu Debit

Manfaat Secured Credit Card via wordpress.com

 

SCC ini sebenarnya sama dengan kartu kredit hanya mekanisme pendaftaran dan beberapa fiturnya saja yang berbeda. Ada banyak alasan mengapa seseorang harus mempunyai SCC dibandingkan dengan kartu kredit biasa, yaitu:

1. Proses dan Syarat Pendaftaran yang Mudah Sehingga Cocok untuk Pekerja Freelance dan Mahasiswa

Persyaratan mendaftar SCC ini sangat mudah yaitu:

  • Minimal usia 21 tahun
  • Jenis pekerjaan karyawan, wiraswasta, profesional, dan pensiunan, atau bahkan mahasiswa
  • Siapa saja bisa mendaftar SCC ini
  • Tidak ada penghasilan minimal per bulan, namun harus membuka rekening dengan saldo minimum Rp50.000,-

2. Transaksi Tanpa Bunga dan Promo Menarik Lainnya

Secured credit card memberi layanan bunga 0% dan banyak  promo menarik seperti cashback 0,5% yang diberikan tanpa batas maksimal untuk transaksi ritel apa saja! Syaratnya adalah tagihan bulanan dibayarkan secara penuh dan tepat waktu untuk menikmati keuntungan ini.

3. Gratis Iuran Tahunan Selamanya

Secured Credit Card membuat Anda lebih hemat dengan bebas iuran tahunan seumur hidup dan cocok untuk mereka yang berusaha untuk mendapatkan kartu kredit pertama. Produk ini direkomendasikan sebagai langkah pertama untuk membangun nilai kredit yang baik.

4. Banyak Fitur Menarik yang Bisa Dimanfaatkan Melalui SCC

Banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan melalui SCC ini meliputi:

  • Suku Bunga Per Tahun 0.00%
  • Suku Bunga Per Bulan 0.00%
  • Biaya Tarik Tunai 2.95%
  • Biaya Tahunan Rp0
  • Biaya Tahunan Kartu Tambahan Rp0
  • Denda Keterlambatan Pembayaran. Apabila terlambat bayar setelah 14 hari jatuh tempo, maka uang tabungan akan langsung dipotong dan Secured Credit Card akan otomatis diblokir
  • Limit yang bebas ditentukan sendiri

Perbedaan Kartu Debit dan Secured Credit Card

Kartu Debit

Kartu Debit via huffpost.com

 

Biasanya kartu debit diterbitkan bank untuk nasabah yang membuka rekening tabungan secara otomatis dan memiliki logo bank maupun jaringan yang bekerja sama seperti Visa dan MasterCard. Masyarakat lebih mengenal kartu ini sebagai kartu ATM. Nasabah harus memiliki saldo dan batas transaksi didasarkan jumlah tabungan pemilik kartu debit. Artinya jika saldo kosong, berarti transaksi tidak bisa dilakukan. Proses administrasi cukup ringan, di mana tidak ada iuran tahunan dan biaya transaksi langsung dipotong dari saldo nasabah pemilik kartu debit. Sementara kartu kredit reguler atau SCC justru berasal dari bank penerbit, atau dengan kata lain kita akan berutang jika menggunakan alat ini. Selain itu, tarik tunai yang dilakukan di ATM bank penerbit tidak dikenakan biaya, sementara kartu kredit dan SCC justru sebaliknya. Sejauh ini penggunaan kartu debit masih terbatas pada transaksi online dan tidak sebanyak kartu kredit maupun SCC.

Proses pembuatan kartu debit sudah otomatis mengikuti proses pembukaan rekening di sebuah bank, artinya saat seseorang membuka rekening bank, maka otomatis bank akan menawarkan kepemilikan kartu debit ini kepada nasabahnya.

Kedua jenis kartu ini sama-sama diterbitkan langsung oleh bank dan harus mengikuti ketentuan yang berlaku pada bank tersebut. Kedua kartu juga sama-sama membutuhkan PIN dan tanda tangan saat transaksi di merchant tertentu dan juga bisa melakukan tarik tunai. Namun ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok diantara fitur keduanya seprti uraian di atas. Seiring perkembangan teknologi saat ini penggunaan tanda tangan pada transaksi dengan menggunakan kartu sudah semakin dikurangi dan digantikan dengan otorisasi pin demi kenyamanan dan keamanan pengguna kartu.

Baca Juga: Kartu Kredit Virtual: Pengertian dan Manfaat yang Diberikan

Beberapa Kelebihan Kartu Debit

Transaksi Kartu Kredit

Manfaat Debit Card via coindesk.com

 

  • Kartu debit layaknya tabungan bergerak yang bisa Anda bawa ke mana-mana karena dapat digunakan untuk menarik uang dari tabungan Anda di mesin ATM atau melakukan transfer ke rekening lain 24 jam selama ada mesin ATM.
  • Penggunaan kartu debit sangat praktis, yaitu Anda cukup datang ke ATM, dan kemudian menggesek kartu debit untuk mengambil uang dari rekening tabungan Anda, tentu dengan nominal tidak melebihi saldo di rekening.
  • Beberapa merchant sudah melayani transaksi gesek kartu debit (EDC) sehingga memudahkan Anda dalam belanja misalnya saja di toko, supermarket, department store, salon, hingga restoran tertentu yang menerimanya.
  • Kartu debit tidak mengenal bunga atau denda karena pada prinsipnya yang terpakai ketika menggesek kartu berasal dari saldo tabungan pemilik kartu debit.
  • Kartu debit tidak mengenal cicilan bulanan sehingga Anda akan bebas dari cicilan bulanan lantaran transaksi yang dilakukan berdasarkan jumlah uang di tabungan. Belanja akan langsung dibayar lunas dari tabungan Anda dan maksimal adalah sesuai saldo rekening.
  • Bisa melakukan transaksi dalam jumlah besar bahkan sampai dengan puluhan atau ratusan juta selama tidak melebihi saldo tabungan.
  • Kartu debit identik dengan kartu tabungan sehingga tidak mengenal utang, sehingga saat Anda menggunakan kartu debit, Anda tidak dianggap berutang oleh bank karena uang digunakan adalah berasal dari tabungan.
  • Karena berfungsi sebagai kartu tabungan, maka dengan kartu debit, kita akan lebih mudah mendapatkan uang tunai. Sehingga ketika membutuhkan uang tunai, pengguna kartu debit tidak akan disulitkan oleh berbagai masalah seperti biaya penarikan serta tidak dikenakan bunga dari bank.

Gunakan Semua Kartu di Atas dengan Bijak

Secured credit card, kartu kredit reguler, dan kartu debit ini sangat bermanfaat jika digunakan sebagai mana mestinya. Apalagi untuk SCC sendiri tidak mmberikan syarat pekerjaan, sehingga seorang ibu rumah tangga atau mahasiswa sekalipun akan dengan mudah dapat memperoleh kartu ini. Kemudahan ini hendaknya diiringi dengan penggunaan kartu secara bijak dan penuh tanggung jawab karena apabila kita salah dalam penggunaan kartu ini, maka kita juga yang akan rugi nantinya.

Baca Juga: Tindak Kejahatan Phishing Makin Marak, Ini Cara Menghindarinya