Perhatikan 8 Syarat ini Sebelum Mengajukan Kartu Kredit

kartu kredit

Pihak bank memiliki kriterianya sendiri sebelum menyetujui nasabah yang mengajukan penerbitan kartu kredit. Selain menilai kemampuan bayar Anda, pihak bank juga mempertimbangkan banyak faktor lain. Oleh karena itu, nasabah harus mengetahui hal tersebut dengan baik jika benar ingin mengajukan kartu kredit

Semakin banyaknya faktor pendukung yang dimiliki semakin besar kemungkinan disetujuinya permohonan pengajuan kartu nasabah. Lalu apa saja faktor-faktor pendukung tersebut? Simak beberapa faktor yang mempengaruhi penilaian pihak bank terkait proposal pengajuan kredit Anda berikut.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kredit Skor yang Baik

Faktor pertama ini menjadi penting sebab kepemilikan kartu kredit sebelumnya akan menunjukkan bahwa Anda memiliki skor kredit. Pihak bank dapat memantau riwayat kredit Anda sebelum memutuskan untuk menyetujui atau menolak proposal pengajuan.

Jadi track record inilah yang dapat menjadi poin plus nasabah yang telah memiliki kartu kredit. Jika pihak bank menilainya baik, seharusnya nasabah memiliki skor kredit yang baik pula. Sebaliknya, jika riwayat kreditnya buruk, mungkin Anda membutuhan poin tambahan dari faktor lain agar permohonan disetujui.

2. Karakter yang Sesuai

Pada dasarnya, manusia diciptakan dengan latar belakang dan watak yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pihak penyedia layanan kredit biasanya memberikan poin plus kepada nasabah yang memiliki karakter sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Pihak bank pada umumnya juga melakukan informasi terkait background knowledge nasabah pengaju kartu kredit. Tujuannya, mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk memutuskan apakah nasabah merupakan individu yang tepat untuk menggunakan kartu kredit.

Menyelidiki latar belakang calon nasabah kartu kredit dianggap penting oleh pihak bank. Sebab, kejujuran, perilaku pembelian, gaya hidup dan kedisiplinan calon debitur dalam melakukan pembayaran tergantung dari itikad baik sang nasabah dalam membayar kewajibannya.

Baca Juga: 'Traveller' Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?

3. Kemampuan Bayar

Faktor ini merupakan faktor utama untuk mendapatkan persetujuan permohonan kartu kredit. Bank hanya akan memberikan kredit kepada calon nasabah yang dinilai mampu untuk melunasi tagihannya. Sehingga mereka akan menilai dengan teliti komponen penghasilan Anda saat proses pengajuan dilakukan.

Seorang analis kredit harus dapat mengetahui dengan baik apakah pemohon kredit mempunyai sumber penghasilan yang memadai. Tujuannya, memastikan jika nasabah dapat memenuhi kewajiban dalam membayar tagihan kredit sebelum tenggat waktu terlewati. Jika tidak memiliki penghasilan yang memadai, permohonan kredit Anda kemungkinan besar akan ditolak.

4. Besarnya Modal

Calon nasabah kredit biasanya diminta pihak bank untuk menunjukkan aset kekayaan yang dimilikinya. Cara lain yang juga dilakukan pihak bank untuk melihat besarnya modal pemohon adalah melalui neraca lajur perusahaan pemohon kredit. Mengapa pihak bank melakukan hal tersebut?

Sebenanya, tujuan pihak bank melakukan hal tersebut adalah untuk melihat seberapa besar modal yang dimiliki pihak pemohon. Pada dasarnya, pihak penyedia layanan kredit tidak akan memberikan pinjaman kepada pemohon yang tidak punya modal sendiri atau nasabah yang memiliki harta minim.

5. Jaminan yang Diberikan

Bank tidak akan memberikan begitu saja pinjaman tanpa adanya jaminan yang diberikan pemohon kredit. Sebab, jaminan merupakan solusi terakhir untuk menyelesaikan masalah nasabah yang tidak mampu lagi membayar utang kredit mereka.

Besarnya pinjaman dana yang dapat diberikan pihak bank adalah sekitar 75% dari jumlah jaminan yang diberikan. Oleh karena itu, semakin besar jaminan yang diberikan, semakin besar pula limit kartu kredit yang akan diterima pemohon.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Pengajuan Kartu Kredit Supaya Disetujui

6. Kelengkapan Data

Faktor terakhir ini merupakan faktor termudah untuk dilengkapi. Ingatlah bahwa nasabah tidak perlu memberikan uang pelicin agar proses pengajuan berjalan lancar. Pasalnya, meskipun Anda melengkapi dokumen yang diminta, proposal pengajuan kartu kredit tetap berisiko ditolak jika pihak bank menilai Anda bukanlah orang yang cocok untuk menjadi pemegang kartu kredit.

Selain faktor modal, faktor jaminan merupakan penentu utama disetujuinya penerbitan kartu kredit Anda. Kelengkapan data hanya bertujuan melihat latar belangkang seperti, apakah usia nasabah telah memenuhi syarat untuk memiliki kartu kredit.

Penuhi Semua Persyaratan agar Pengajuan Diterima

Supaya pengajuan kartu kredit disetujui bank, tentunya Anda wajib memenuhi semua persyaratan yang diminta. Oleh sebab itu, pelajari persyaratan tersebut sedetail mungkin. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kepada teman yang sudah memiliki kartu kredit tentang persyaratan apa saja yang membuat pengajuan kartu kreditnya diterima.

Baca Juga: Tidak Punya Kartu Kredit? Ini Beragam Keuntungan yang Anda Lewatkan