Perhatikan Hal ini Sebelum Ambil Kredit Motor Bekas

Memiliki kendaraan pribadi menjadi hal yang banyak diinginkan sebagian besar orang. Bisa jadi Anda adalah salah satunya. Hal ini tentu sangat beralasan mengingat kendaraan akan sangat membantu dan mempermudah pemiliknya dalam melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Kendaraan pribadi akan sangat mempersingkat waktu kita dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, bahkan saat terburu-buru sekalipun.

Motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari angka penjualannya yang semakin hari semakin tinggi saja. Moda transportasi roda dua ini sangat populer. Bukan hanya di kota, melainkan di seluruh pelosok Indonesia. Tingginya jumlah pengguna dan peminat kendaraan roda dua ini tentu menguntungkan dari sisi bisnis bagi produsen sehingga mereka berupaya dengan keras untuk bisa meraih penjualan yang tinggi.

Tentunya dengan menyesuaikan daya beli yang ada pada masyarakat luas. Namun, membeli motor secara tunai tentu menjadi kendala yang cukup besar bagi masyarakat. Mengingat harga motor bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah, tergantung pada tipe dan juga jenis motor yang akan dibeli.

Baca Juga: Perbedaan Motor Matic, Motor Bebek, dan Motor Sport

Mengajukan Kredit Motor Bekas

Tingginya harga jual motor sering kali menjadi kendala bagi banyak orang untuk membelinya secara kontan. Bahkan, proses pembelian dilakukan secara kredit sekalipun masih terbilang memberatkan. Bagi Anda yang membutuhkan motor dalam waktu dekat, pembelian dalam kondisi bekas bisa menjadi pilihan yang tepat. Kalau ternyata sejumlah dana yang Anda miliki juga tidak mencukupi untuk hal tersebut, pilihan untuk membeli motor bekas secara kredit bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Tidak ada salahnya mengajukan kredit untuk pembelian motor bekas apalagi kebutuhan tersebut sudah tidak bisa ditunda lagi. Meskipun memiliki sejumlah risiko, jika dilakukan dengan penuh pertimbangan dan perhitungan yang tepat, pembelian motor bekas secara kredit tetap bisa memberikan keuntungan yang maksimal bagi Anda. Terlebih motor tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda yang perlu akan sebuah kendaraan.

Jangan membeli dengan terburu-buru. Sebab akan sangat berisiko menimbulkan sejumlah kerugian bagi Anda. Simak beberapa poin di bawah ini yang harus Anda cermati saat akan membeli sebuah motor bekas dengan cara kredit.

1. Pahami Kebutuhan Anda dengan Tepat

Hitung Kredit Motor

Kenali Kebutuhan Terlebih Dahulu via spiible.com

 

Anda tentu paham betul bahwa saat ini ada berbagai jenis motor yang beredar di pasaran. Beragam manfaat dan peruntukan ditawarkan tiap-tiap jenis motor tersebut. Pastikan Anda memahami dengan baik jenis motor seperti apa sebenarnya yang paling tepat dan sesuai bagi kebutuhan saat ini. Sebab hal ini akan sangat memengaruhi keberhasilan dan manfaat pembelian yang akan Anda lakukan.

Tidak perlu memaksakan diri untuk membeli sebuah motor yang besar atau berat apalagi tidak nyaman untuk dikendarai. Pilih sebuah motor yang benar-benar tepat yang pas dengan kebutuhan Anda. Dan pastikan bahwa Anda yakin dengan keputusan tersebut.

2. Lihat Kondisi Keuangan

Beda jenis motor, beda juga harga jualnya. Semakin banyak fitur yang terdapat di dalamya bisa dipastikan akan semakin mahal harganya. Sekalipun itu dalam kondisi yang sudah bekas. Pahami hal ini sejak awal sehingga Anda memiliki gambaran kira-kira motor mana yang akan Anda bawa pulang.

Perhatikan kondisi keuangan Anda dengan cermat. Sebab pembelian ini akan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar. Meskipun membeli dalam kondisi kredit, setidaknya Anda akan membutuhkan uang muka minimal 25% dari harga motor yang akan Anda beli. Ini belum termasuk sejumlah biaya administrasi dan yang lainnya. Jadi, pastikan kondisi keuangan mencukupi untuk membayar semua itu.

3. Rencanakan Pembelian yang Cerdas dan Sesuai Kemampuan

Kredit Motor Terbaik

Rencanakan dan Perhitungkan Sebelum Membeli via iacpublishinglabs.com

 

Bukan hanya uang muka saja, pembelian motor secara kredit akan membutuhkan sejumlah cicilan bulanan yang tentunya telah dihitung beserta bunganya. Ini akan menjadi pos pengeluaran rutin di dalam keuangan selama kurun waktu yang cukup panjang. Jadi, perhitungkan kemampuan bayar bulanan Anda dengan tepat. Pastikan sejumlah dana tetap (sekian persen) dari penghasilan bulanan bisa dialokasikan untuk membayar sejumlah cicilan tersebut. Jumlah ini tidak akan memengaruhi pos lainnya di dalam keuangan Anda.

Jika dirasa terlalu berat, pilihan untuk membeli sebuah motor bekas dengan harga yang paling murah bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Selama kondisi motor yang akan Anda beli masih dalam keadaan baik hal ini bukanlah masalah. Bahkan hal ini akan jauh lebih baik ketimbang Anda memaksakan diri untuk membeli sebuah motor yang cicilan bulanannya akan membuat Anda kewalahan dan mengakibatkan keuangan Anda bermasalah.

4. Temukan Dealer Terbaik

Bila Anda telah mantap untuk membeli dan membawa pulang sebuah motor yang tepat, sudah waktunya untuk mencari dan memilih sebuah dealer terbaik untuk kebutuhan tersebut. Jangan terburu-buru dalam memilih hal ini. Sebab mungkin saja Anda harus mendatangi beberapa dealer terlebih dahulu untuk menemukan motor dan pelayanan terbaik dari mereka.

Pastikan dealer yang Anda pilih bisa memberikan layanan terbaik di dalam pembelian tersebut. Setidaknya ini bisa dilihat dari reputasi yang mereka miliki. Anda tentu akan sangat keberatan jika harus berurusan dengan dealer yang tidak profesional, bukan?

5. Pilih Leasing yang Tepat

Leasing Motor Terpercaya

Pilihan yang Tepat Membawa Keuntungan Lebih via carhappy.co.uk

 

Ada sejumlah leasing yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam pembelian yang akan Anda lakukan. Sangat penting untuk memilih salah satu yang terbaik dan tepat untuk kebutuhan Anda. Temukan leasing yang bisa dipercaya dan dapat membantu dengan baik kebutuhan pembelian yang akan Anda lakukan tersebut. Tidak perlu malu, tanyakan dan lakukan simulasi yang lengkap dengan mereka agar pembelian motor bisa sesuai dengan kemampuan keuangan yang Anda miliki saat ini.

Lakukan simulasi dan sesuaikan hal ini dengan kemampuan Anda agar kondisi keuangan tidak terganggu dengan adanya pembelian motor tersebut.

  • Jumlah uang muka yang harus Anda bayarkan.
  • Besaran biaya administrasi, asuransi, dan berbagai biaya lainnya yang dikenakan dalam pembelian tersebut.
  • Besaran bunga dan cara perhitungan bunga yang akan mereka terapkan di dalam pembelian yang akan Anda lakukan.
  • Tenor cicilan yang bisa Anda pilih dan yang paling tepat serta sesuai dengan keuangan Anda.
  • Jumlah cicilan yang akan Anda pilih dan bayarkan setiap bulannya.
  • Besaran penalti yang akan dikenakan pada Anda jika sewaktu-waktu melakukan pelunasan utang lebih cepat.
  • Jalur pembayaran cicilan yang tersedia (transfer bank atau datang langsung ke kantor cabang terdekat).

Berbagai poin di atas adalah hal wajib yang harus Anda tanyakan dan pahami sejak awal. Dengan begitu, selama berhubungan dengan mereka, Anda akan merasa nyaman dan tidak disulitkan oleh berbagai kebijakan mereka yang mungkin tidak Anda pahami sebelumnya.

6. Pastikan Kondisi Motor Masih Prima

Jangan lupa untuk memilih sebuah motor yang masih dalam kondisi prima di dalam pembelian tersebut. Sebab ini adalah poin pentingnya. Lakukan pengecekan secara detail terhadap mesin, bodi, dan juga surat-surat motor tersebut. Pastikan semua dalam kondisi baik dan layak dengan sejumlah harga yang akan Anda bayarkan. Apabila tidak yakin dengan kemampuan sendiri, ada baiknya meminta tolong kepada yang ahli dan bisa dipercaya, baik itu mekanik profesional atau kerabat maupun teman Anda yang paham dengan hal ini.

Baca Juga: Tips Tukar Tambah Motor Lama dengan Motor Baru

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Beli dengan Tepat dan Terencana

Saat akan membeli sebuah motor bekas secara kredit, sejumlah prosedur harus Anda lakukan dengan baik sehingga pembelian ini akan memberikan manfaat yang maksimal. Tentukan kebutuhan Anda sejak awal, termasuk besaran dana yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan tersebut sehingga mudah dalam menemukan sebuah motor yang tepat dan sesuai dengan keuangan. Pilih sebuah motor yang masih layak dan dalam kondisi prima. Hal ini akan sangat menentukan keberhasilan pembelian yang Anda lakukan tersebut.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Sepeda Motor untuk Perempuan