Perlukah Anda Memiliki Asuransi Rawat Jalan? Ini Jawabannya

Hampir semua orang akan setuju bila dikatakan bahwa kesehatan merupakan salah satu aspek terpenting di dalam kehidupan kita dan wajib untuk selalu dijaga, mengingat kita akan sangat kerepotan jika sewaktu-waktu kesehatan kita terganggu. Bukan hanya aktivitas kita saja yang terganggu, namun ketika kita sakit, maka sejumlah biaya akan sangat membebani kita juga.

Bayangkan jika sewaktu-waktu kita sakit dan harus segera menjalani perawatan di rumah sakit dalam waktu yang lumayan panjang, maka sudah bisa dipastikan hal tersebut akan menguras isi kantong dan tabungan yang kita miliki, bukan?

Itu pun jika kita memiliki sejumlah dana untuk mendapatkan pengobatan, namun jika pada saat itu kita tidak memiliki dana yang bisa digunakan untuk pengobatan, bagaimana?

Jika kejadian seperti di atas menimpa diri kita, maka keuangan keluarga akan berantakan, berbagai pos pengeluaran tetap akan menjadi terganggu akibat pengalihgunaan dana kepada biaya pengobatan. Banyak masalah yang akan muncul kemudian, seperti: tunggakan dari berbagai tagihan rutin di rumah, berbagai kebutuhan dapur tidak dapat terpenuhi, atau bahkan sekolah anak-anak menjadi terganggu akibat adanya hal ini.

Begitu besarnya dampak yang bisa diberikan oleh gangguan kesehatan yang sewaktu-waktu bisa saja kita alami, karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan demi mencegah hal tersebut terjadi. Sebagai bentuk perlindungan, kita bisa menggunakan layanan asuransi kesehatan bagi seluruh anggota keluarga.

Baca Juga: BPJS Kesehatan, Apa Kelebihan dan kekurangannya?

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan via insurancemotion.com

Sebagaimana kita ketahui, asuransi kesehatan merupakan sebuah bentuk perlindungan yang diberikan sebagai jaminan atas biaya yang timbul akibat adanya gangguan kesehatan ataupun kejadian kecelakaan yang dialami oleh tertanggung yang merupakan pengguna layanan asuransi tersebut.

Asuransi kesehatan akan mengalihkan segala risiko kesehatan yang mungkin saja terjadi dan kita alami di dalam hidup kita, dengan begitu kita bisa menghindari sejumlah biaya pengobatan/perawatan yang timbul akibat terganggunya kesehatan ataupun akibat terjadinya kecelakaan.

Asuransi kesehatan akan memberikan kita ketenangan, sebab kita memiliki perlindungan dan penanggung resiko di dalam kesehatan kita, hal ini tentu akan kita dapatkan sesuai dengan ketentuan yang terdapat di dalam polis asuransi yang kita miliki.

Jenis Asuransi Kesehatan

Berdasarkan layanan yang diberikan, maka asuransi kesehatan dapat dibagi menjadi dua jenis yakni:

  1. Asuransi Rawat Inap
    Asuransi rawat inap merupakan jenis asuransi yang akan menanggung berbagai biaya perawatan kesehatan, seperti: biaya kamar, jasa dokter, obat-obatan, laboratorium/penunjang diagnostik, pembedahan, dan berbagai macam biaya lainnya. Di dalam asuransi rawat inap, penggolongan asuransi biasanya akan dilakukan berdasarkan kelas kamar dan sesuai dengan polis asuransi yang digunakan.
  1. Asuransi Rawat Jalan
    Asuransi rawat jalan biasanya diberikan sebagai manfaat tambahan dari asuransi rawat inap yang telah kita gunakan, di mana asuransi ini memberikan pertanggungan terhadap biaya dokter, biaya laboratorium dan biaya obat-obatan. Pada umumnya perusahaan asuransi selaku pihak penanggung akan menerapkan berbagai kebijakan dalam layanan asuransi rawat jalan, seperti: pembatasan pelayanan sehingga tertanggung wajib mendapatkan rujukan dokter umum untuk bisa mendatangi dokter spesialis, pembatasan frekuensi kunjungan/pengobatan dalam satu tahun, pembatasan rumah sakit yang didatangi oleh tertanggung, dan berbagai kebijakan lainnya.

    Meski kebijakan tersebut akan berbeda dalam setiap perusahaan asuransi, namun sebagai calon tertanggung dan pengguna layanan mereka, maka kita wajib untuk benar-benar memahami isi polis dan segala kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan asuransi. Hal ini akan membantu kita untuk bisa menghindari berbagai macam kerugian yang bisa saja timbul akibat adanya kesalahan penafsiran serta pemahaman yang berbeda mengenai isi polis yang kita miliki.

Asuransi Rawat Jalan dan Manfaatnya

Kegunaan Asuransi Rawat Jalan

Kegunaan Asuransi Rawat Jalan via tribalwomanmagazine.com

Sebagaimana dikatakan di atas, bahwa asuransi rawat jalan merupakan layanan asuransi tambahan dari asuransi rawat inap, maka bisa dipastikan kedua jenis asuransi ini akan memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda.

Asuransi rawat jalan merupakan layanan asuransi kesehatan yang penting untuk kita miliki, karena pada dasarnya sebagian besar orang akan lebih sering mendapatkan pengobatan rawat jalan bila dibandingkan dengan pengobatan rawat inap. Namun meski begitu, bukan berarti asuransi rawat inap tidak penting untuk kita miliki, jika memungkinkan maka akan sangat baik jika kita memiliki kedua jenis asuransi ini.

Di dalam penggunaan asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap, terdapat perbedaan yang sangat jelas, di mana asuransi rawat inap biasanya hanya bisa diklaim pada saat kita mendapatkan layanan kesehatan yang membuat kita harus menjalani perawatan inap di rumah sakit, dan bahkan beberapa perusahaan asuransi menetapkan minimal 2 hari perawatan untuk mendapatkan klaim atas hal tersebut.

Sedangkan di dalam asuransi rawat jalan, kita bisa melakukan klaim atas berbagai tindakan pengobatan yang kita dapatkan tanpa batas waktu tertentu, selama rumah sakit tersebut memiliki layanan kerja sama atau memenuhi ketentuan klaim yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi.

Dalam berbagai kasus, penggunaan asuransi rawat jalan akan lebih maksimal dan bermanfaat bagi banyak orang, karena pada dasarnya ketika kita sakit, maka kita lebih sering mendatangi rumah sakit dan mendapatkan pengobatan tanpa menjalani rawat inap. Sebagian besar orang justru memilih untuk tetap pulang dan menjalani pemulihan di rumah, hal ini mungkin lebih baik dan membuat mereka merasa nyaman.

Baca Juga: Ini Dia Tarif Iuran Bulanan Baru BPJS Kesehatan

Pertimbangan Sebelum Menggunakan Asuransi Rawat Jalan

Pertimbangan Penggunaan Asuransi Rawat Jalan

Pertimbangan Penggunaan Asuransi Rawat Jalan via killadj.com

Ketika kita akan menggunakan sebuah layanan asuransi, maka akan sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai macam aspek dan ketentuan yang diterapkan oleh perusahaan asuransi. Pada dasarnya, asuransi adalah sebuah hal yang kompleks dan membutuhkan pemahaman serta pertimbangan yang matang bagi penggunanya, untuk itu cermati beberapa poin di bawah ini sebagai bahan pertimbangan:

  • Jumlah Premi dan Kemampuan Keuangan Kita
    Asuransi adalah sebuah pos pengeluaran yang akan berlangsung dan menetap di dalam anggaran keuangan kita dalam kurun waktu yang cukup lama, untuk itu akan sangat penting memperhitungkan serta mengukur kemampuan keuangan kita sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan asuransi ini.

  • Pahami Sistem yang Digunakan
    Secara garis besar ada dua sistem yang digunakan di dalam mendapatkan layanan asuransi, yakni sistem reimburse dan sistem cashless. Kedua sistem ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka kita sebagai penggunanya  wajib memilih dan menyesuaikan sistem mana yang paling cocok untuk kita gunakan. Meski sistem cashless terbilang lebih menguntungkan, namun sistem ini akan mewajibkan kita untuk melakukan pengobatan di rumah sakit tertentu yang memiliki jalinan kerja sama dengan perusahaan asuransi, karena itu pastikan lokasi rumah sakit tersebut mudah dijangkau dan tidak akan membuat kita kesulitan jika sewaktu-waktu membutuhkan layanan kesehatan.

  • Asuransi Bersama (Polis Keluarga)
    Saat ini ada perusahaan asuransi yang memberikan layanan asuransi kesehatan keluarga, di mana dalam layanan ini kita dan seluruh anggota keluarga bisa mendapatkan layanan asuransi dalam satu polis saja. Ini akan sangat menguntungkan dan bisa dipertimbangkan, karena jumlah premi yang harus kita bayarkan akan jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan menggunakan layanan asuransi secara individual/terpisah.

  • Ketahui Apa Saja yang Bisa Diklaim
    Setiap perusahaan asuransi tentu akan memiliki kebijakan masing-masing mengenai klaim dan juga aturan dalam mengajukannya, karena itu cari tahu dan pahami hal ini sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan dari sebuah perusahaan asuransi. Ini merupakan salah satu aspek paling penting yang wajib untuk kita cermati sejak awal, karena sangat berpengaruh besar pada layanan yang akan kita dapatkan di kemudian hari. Kita tentu tidak ingin mengalami kerugian hanya karena klaim kita ditolak oleh perusahaan asuransi, bukan?

Dapatkan Layanan dari Perusahaan Terbaik

Dalam memilih asuransi, kita harus yakin bahwa layanan yang akan kita dapatkan adalah yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan kesehatan kita dan keluarga. Jika kita tidak memiliki referensi serta pemahaman yang cukup mengenai berbagai hal di dalam asuransi, maka ada baiknya mempertimbangkan penggunaan jasa pihak ketiga (broker asuransi) untuk mendapatkan referensi serta pertimbangan mengenai perusahaan asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan begitu, kita tidak akan sembarangan memilih dan menggunakan layanan asuransi kesehatan yang bisa saja berpotensi untuk menimbulkan kerugian di masa yang akan datang.

Baca Juga: 9 Strategi Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat