Pernah Berjualan dan Mengontrak Rumah, Kini Penghasilan Sule Minimal Rp1 Miliar Sebulan

Entis Sutisna, atau yang lebih familiar disapa Sule, merupakan salah satu entertainer Tanah Air yang paling populer di kalangan masyarakat. Pria berdarah Sunda ini punya banyak penggemar karena kehebatannya melempar lelucon segar yang lucu dan spontan. Nama Sule meroket lantaran kreativitasnya yang responsif sebagai pelawak. 

Bahkan kini, ayah dari empat anak ini sudah berhasil mengenyam kesuksesan finansial. Jadi tajir melintir, konon total kekayaan Sule saat ini melebihi harta dan aset yang dimiliki Syahrini juga Nagita Slavina. Bagaimana kisah perjalanannya dan apa saja sumber penghasilan yang tengah dikelolanya?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Ikut Audisi API

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sule prikitiew (@ferdinan_sule) pada

Selama ini, wajah Sule yang berprofesi sebagai presenter, penyanyi dan aktor dapat ditonton di layar kaca pertelevisian. Sule yang lahir di Cimahi, 15 November 1976, tidak berasal dari keluarga berada. Saat masih menjadi pelawak lokal bersama kedua rekannya dalam grup lawak SOS, Sule hanya mendapat bayaran Rp 20 ribu sehari. 

Selain melawak, demi memenuhi kebutuhan hidupnya, Sule berusaha menambah penghasilan dengan berdagang kebaya dan menjual ayam goreng. Meski begitu, ia mendapat peluang memasuki dunia entertainment dan mengubah nasib setelah mengikuti API (Akademi Pelawak Indonesia) 1 di TPI pada tahun 2004.

Saat itu, Sule bersama kedua rekannya berhasil keluar sebagai pemenang dalam kontes lawak yang diadakan oleh salah satu stasiun televisi swasta dalam negeri tersebut. Ketika itu, ketiganya tergabung dalam grup lawak SOS. Bersama Obin Wahyudin dan Ogi Suwarna, Sule dan SOS menjadi juara dan dari situlah perubahan dimulai.

Memasuki tahun 2005, Sule—nama panggung yang merupakan akronim dari “Sunda Bule” ini juga berhasil memenangkan Superstar Show, sebuah ajang variety show tanah air. Dari sini, masalah keuangan Sule yang tadinya belum sejahtera perlahan namun pasti menjadi semakin mantap.

Baca Juga: Kisah Inspirasi Nadine Chandrawinata! Dari Puteri Kecantikan, Kini Sukses Berbisnis

 

Pernah Berjualan Jagung Rebus

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sule prikitiew (@ferdinan_sule) pada

Lulusan STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) Bandung yang kini berganti nama menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung ini menikah dengan Lina pada tahun 1997.  Saat itu Sule masih mencari nafkah sebagai penjual jagung rebus. 

Dari pernikahan selama 20 tahun tersebut, keduanya dikaruniai empat orang anak bernama Rizky Febrian Adriansyach Sutisna, Putri Delina Andriyani, Rizwan Adriansyach dan Ferdinan Ardiansyach. Sayang, keduanya bercerai pada tahun 2018 lalu, di saat Sule justru telah menjadi salah satu pelawak terkaya di Indonesia.

Saat Upah Rp20 Ribu Menjadi Rp20 Juta

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sule prikitiew (@ferdinan_sule) pada

Pintu rezeki Sule mulai terbuka seluas-luasnya setelah ia berhasil memenangkan API di TPI. Perlahan namun pasti, penghasilan Sule terus bertambah besar. Setelah banjir order dan job, Sule menerima perubahan fee

Roda hidup berputar. Dari yang tadinya hanya mendapat Rp20 ribu sekali tampil, pada tahun 2010, Sule dibayar Rp20 – Rp40 juta per sekali perform di acara Opera van Java (OVJ). Seperti diketahui, program acara OVJ berkonsep “wayang orang” yang digawangi Sule, Parto Patrio, Nunung, Azis Gagap, Wendy Cagur, Andhika Pratama dkk ini memang menghibur dan menyegarkan.

Dan bagi Sule, namanya tak hanya kian melejit dalam acara OVJ, tapi juga berbagai program acara lainnya yang tak kalah menarik, seperti sitkom Awas Ada Sule di Global TV. Karena jadwal yang semakin padat dan kekurangan waktu untuk keluarga, Sule lantas memutuskan untuk hengkang dari OVJ di tahun 2014, yang lantas ikut disusul oleh Andre Taulany.

Lelucon Cerdas dan Berkelas

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sule prikitiew (@ferdinan_sule) pada

Tak lama berselang, keduanya tandem kembali dalam acara Ini Talkshow di salah satu stasiun televise swasta Nusantara. Lelucon cerdas dan berkelas yang menghibur penonton tanpa harus menyinggung atau menghina fisik secara kasar merupakan salah satu ciri khas dari Sule. 

Masyarakat yang semakin terhibur dan cinta padanya seakan ikut terpengaruh dan mengikuti jargon “Prikitiew” hingga ungkapan “Ooh tidak bisa” yang kerap dilontarkannya. Dan di saat yang bersamaan, penghasilan Sule terus meroket hingga dikabarkan tembus ke angka Rp 1 miliar per bulan. 

Kehebatan Sule dalam akting humor dan improvisasi tersebut tak pelak membuatnya sempat masuk ke dalam list 5 komedian dengan bayaran paling mahal di Indonesia.

Dulu Mengontrak Rumah, Kini Punya 5 Rumah

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sule prikitiew (@ferdinan_sule) pada

Sule yang sudah kenyang mencicipi pahit manis asam garam kehidupan pernah mengalami tinggal di rumah kontrakan yang sempit. Namun kini setelah mengenyam kesuksesan, pelawak yang kerap tandem dengan Andre Taulany ini sudah memiliki satu rumah seharga Rp15 miliar! 

Bahkan bukan cuma satu, tak tanggung-tanggung kini Sule juga mempunyai lima rumah yang semuanya tersebar di Bekasi, Jakarta dan Bandung. Rasanya tak berlebihan jika bangunan megah seharga Rp15 miliar itu disebut istana. 

Berisi kolam renang, taman dan gazebo yang indah dengan pilar-pilar mewah, rumah Sule juga dilengkapi dengan ruang kerjanya sendiri. Ruang tersebut didesain dengan nuansa modern, cozy dan fantastis layaknya ruang kerja bos-bos besar pada umumnya. 

Selain itu, Sule juga mempunyai ruang studionya sendiri. Studio pribadi tentunya merupakan modal tersendiri bagi setiap orang seniman. Demikian juga dengan Sule yang mempunyai home recording digital di rumahnya. Selain membuat vlog, karya Sule di dunia musik juga bisa dinikmati oleh khalayak. Lagu-lagunya yang berjudul Bola Salju, Susis, hingga Sinyal Cinta kerap menghibur masyarakat luas.

Baca Juga: Dulu Penyanyi Cilik, Kini Berkarier di Politik. Intip Kisah Sukses Tina Toon yang Menginspirasi

 

Koleksi Kendaraan Mewah

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sule prikitiew (@ferdinan_sule) pada

Sule juga ikut berkiprah meramaikan dunia layar lebar Indonesia. Sejumlah film berjudul Sule Ay Need You, Sule Detektif Tokek, Janda Kembang, hingga Hongkong Kasarung telah ikut meramaikan cinema dalam negeri.

Sepak terjang dan prestasi yang ditorehkan dalam karirnya berimbas besar pada penghasilannya yang juga semakin besar. Terbukti dari sederet kendaraan mewah yang telah berhasil dikoleksinya.

Mulai dari kendaraan roda dua hingga roda empat yang mewah dan terkenal kini terparkir di garasi Sule. Yang pertama ialah mobil sport MCLaren MP4-12C. Mobil asal Inggris yang termasuk ke dalam kategori supercar ini tentunya dibanderol dengan harga fantastis. 

MCLaren MP4-12C ini juga dimiliki oleh Cristiano Ronaldo alias CR7, si pemain sepakbola terkenal asal Portugal. Berapa harganya? Di luar negeri, kisarannya berada di angka Rp2,2 miliar. Namun setelah masuk ke Indonesia, plus pajak dan sebagainya, maka mobil ini bisa dikenai harga mencapai Rp 7 miliar saja.

Tak hanya MCLaren MP4-12C saja, Sule juga mempunyai mobil mewah lainnya yang digarap di Jerman, yakni Mercedes-Benz. Belum lagi dengan Harley-Davidson Forty Eight yang harganya mencapai Rp500 juta – Rp1,2 miliar, Harley Davidson Sportster, hingga Kawasaki Ninja 250 yang merupakan motor sport full fairing dengan model yang kini sudah tak diproduksi lagi.

Masih ada lagi. Selain Jeep Mini seharga mencapai Rp50 juta, Sule juga mempunyai Volkswagen putih yang harganya Rp1 miliar, dan Jeep Wrangler Rp900 juta. Jika ditotal, kemungkinan besar koleksi kendaraan mewah Sule saja sudah bernilai lebih dari Rp5 miliar. Hal ini diketahui dari vlog YouTube Raffi Ahmad yang menggerebek Sule di kediamannya.

Penuturan Sule, ia bersyukur atas segala keinginannya yang kini telah terwujud menjadi kenyataan. 

Tekun Mengelola Beragam Bisnis Lainnya

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sule prikitiew (@ferdinan_sule) pada  

Selain dari acara televisi dan membintangi film serta sinetron, Sule juga diketahui membintangi berbagai iklan. Iklan helm, sarung, provider telekomunikasi hingga mie instan sudah dijajalnya. Sule juga mengelola bisnis lain seperti rumah produksi yang diberi nama Sule Enterprise. Sebelumnya, ia juga dikabarkan mengelola berbagai bentuk usaha lain seperti clothing line di Bandung, salon, warung internet (warnet) dan juga wartel (warung telepon).

Sule juga merambah bisnis kuliner dengan membuka PCR alias Parte Ceker Rempah sejak April 2019 lalu. Kedai yang digerai di Tebet, Jakarta Selatan, ini mengusung tema politik acara Pemilu (Pemilihan Umum). Para pengunjung yang hendak memesan makanan harus mencoblos menu yang diinginkannya terlebih dahulu agar bisa order.

Kilas balik, Sule mencoba peruntungan di dunia kuliner karena mengikuti jejak sang ayah yang dulunya juga berjualan bakso. 

Jatuh Bangun adalah Proses Mencapai Sukses

Sebagai bagian dari proses mencapai sukses, jatuh bangun memang tak bisa dihindari. Demikian juga dengan pengalaman Sule yang memulai semua kesuksesannya dari nol hingga akhirnya memiliki penghasilan di angka fantastis. 

Tak hanya tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi jatuh bangun berputarnya roda kehidupan. Sosoknya yang pekerja keras, rendah hati dan sederhana meski sudah tajir melintir pun patut ditiru dan diteladani. Bukan kacang yang lupa kulit, Sule tetap mengikutsertakan orang-orang terdekatnya untuk turut andil dalam mengelola bisnis dan kesuksesan yang dititipkan Tuhan kepadanya.

Baca Juga: 7 Artis Cantik Indonesia Ini Sukses Raih Gelar Sarjana Hukum