Pernah Berlibur di Lima Tempat Ini? Ternyata Inilah Maknanya

Apakah Anda pernah berpikir kenapa lebih memilih liburan ke pantai dibandingkan ke museum? Atau pernahkah merasa bahwa hobi yang Anda sukai adalah mendaki gunung, tetapi pada suatu ketika ingin pergi ke taman bermain? Perasaan tertekan dan stres karena pekerjaan atau masalah lainnya adalah hal lumrah yang dialami manusia. Tak heran kebanyakan orang akan celetuk kalau mereka butuh liburan. Berlibur bisa dibilang sama dengan mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Lantas, adakah maknanya di balik tempat-tempat berlibur yang dikunjungi? Berikut ini ulasannya.

Baca Juga: Liburan Itu Penting! Ini Dia 7 Alasannya

1. Museum, Toko Buku, atau Taman Kota

loader

Museum Nasional di Jakarta via tenda.biz

 

Bagi yang sering pergi ke tempat tenang seperti yang disebutkan di atas, itu berarti Anda membutuhkan tempat di mana pengetahuan atau pemikiran baru bisa didapatkan. Tempat semisal museum, toko buku, dan taman kota yang tidak sepi, tetapi tidak terlalu ramai mendorong Anda untuk berpikir tanpa bikin pusing. Selain itu, Anda akan menikmati liburan di tempat-tempat tersebut tanpa adanya yang berkomentar atau dikomentari. Sangat cocok untuk Anda yang tidak bisa duduk dengan diam. Atau ingin rehat sejenak dari berbagai kegiatan, tetapi tetap menggunakan pikiran dengan normal.

2. Pantai, Danau, atau Alam Terbuka

loader

Danau Toba via indonesia.travel

 

Mendengar suara air memang terbukti melegakan dan menenangkan jiwa. Hal ini sudah dibuktikan dalam dunia psikologi. Lantas, apa artinya bagi yang memilih liburan ke ketiga tempat tersebut? Di tiga tempat ini Anda dapat menikmati liburan tanpa sibuk memikirkan hal-hal berat dan pekerjaan yang menumpuk atau kegiatan yang harus segera dikerjakan. Tempat seperti ini juga membantu pikiran Anda terbuka lebih luas. Serta mendorong Anda untuk berimajinasi lebih baik dari sebelumnya. Tempat liburan seperti ini menandakan bahwa Anda butuh kebebasan.

3. Gunung, Taman Alam, Bukit, Dataran Tinggi, dan Curug

loader

Gunung Bromo via kingofwallpapers.com

 

Ketiga tempat liburan ini memang berbeda dari yang sebelumnya. Anda memerlukan usaha dan kegigihan untuk dapat melakukan hal-hal berat. Setelah itu, Anda baru bisa menikmati hal-hal dan merasakan puas. Tempat liburan jenis ini cocok bagi Anda yang ingin menyalurkan energi positif, tetapi tetap merasa puas dan menyenangkan.

Jika memang Anda tipe yang berenergi dan sangat suka tantangan, ketiga tempat tersebut dapat membantu Anda lebih baik lagi dalam berkegiatan atau bekerja. Terlebih bila Anda berada dalam kondisi penat dan hampa. Berlibur ke tempat-tempat tersebut akan membantu Anda untuk memotivasi diri lebih baik, lebih kuat, mandiri, dan pantang menyerah dalam menjalani hidup.

4. Wahana Bermain

loader

Dunia Fantasi (Dufan) via wordpress.com

 

Wahana bermain sudah banyak didirikan, khususnya di Indonesia. Anda tinggal mengunjungi kota besar lalu mengunjungi tempat berlibur dan menikmatinya. Khusus yang senang di keramaian sekaligus ingin melepaskan tekanan, berlibur di wahana bermain boleh dibilang cocok untuk Anda. Selain itu, wahana bermain bisa menjadi tempat untuk merasakan quality time bersama keluarga atau teman. Wahana bermain pastinya akan sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur dalam waktu yang singkat sehingga tidak perlu repot-repot untuk mencari tempat liburan.

5. Taman Buah dan Kebun Binatang

loader

Kebun Binatang Ragunan via pegipegi.com

 

Ada beberapa orang yang cenderung ingin berlibur ke tempat wisata, seperti taman buah dan kebun binatang. Kalau Anda memilih untuk berlibur ke tempat-tempat tersebut, boleh dikatakan Anda merupakan pekerja yang menginginkan berwisata secara simpel dan tak menyita banyak waktu. Selain itu, Anda menginginkan tempat yang ramai untuk melepaskan penat, tetapi tidak terlalu membuat tubuh dan pikiran menjadi lelah. Berwisata atau berlibur ke tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berjalan santai bersama-sama keluarga atau sahabat. Dan untungnya, berlibur ke tempat wisata tersebut tidak menghabiskan banyak uang.

Baca Juga: 6 Cara Hemat Liburan Ke Luar Negeri

Liburan Itu Perlu dan Berguna

Terlepas dari tempat wisata yang Anda ingin kunjungi, liburan itu perlu dan berguna bagi kita, terutama yang sehari-harinya disibukkan rutinitas. Ya, minimal 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Sekadar menghabiskan waktu dan berbincang dengan orang-orang terkasih juga termasuk liburan untuk menghilangkan penat dan tekanan. Jangan memaksakan diri  untuk mengunjungi tempat wisata bila tidak memungkinkan. Sebab berlibur dan berwisata bukanlah hal yang wajib dan harus dilakukan.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal