Pernah Dibully Waktu Kecil, Kini Irish Bella Jadi Pemain Sinetron yang Bersinar

Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan sosoknya. Si cantik blasteran Indonesia - Belgia ini terjun ke dunia entertainment sejak 2009. Wajah Irish Bella kerap menyapa pemirsa televisi melalui sinetron dan berbagai iklan. Namun, dirinya mulai dikenal ketika memerankan Bening di Binar Bening Berlian.

Berjalannya waktu, wanita yang akrab disapa Ibel ini kariernya di dunia hiburan makin bersinar. Tapi bagaimana kisah perjalanan karir suksesnya? Bagi yang belum tahu, simak ulasannya berikut ini yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Menjadi Model Hingga Mengasah Akting

View this post on Instagram

A post shared by Irish Bella (@_irishbella_) on

Sebelum sukses sebagai pemain sinetron, Irish Bella terjun ke dunia modelling melalui agensi model di Kota Bandung. Langkah ini membuatnya menarik perhatian studio film domisili ibukota.

Anak sulung dari pasangan Susanti Arifin dan Johan de Beule ini pun berhasil mengantongi kontrak eksklusif untuk ikut andil dalam sinetron Tangisan Issabela. Dari situ, ia yang baru berusia 14 tahun langsung didapuk untuk kembali tampil di sinetron Di Mana Melani?

Kesibukannya yang bertambah padat dalam menekuni karier, membuat Irish memutuskan pindah ke Jakarta. Tak lama berselang, datanglah berbagai tawaran untuknya menjadi bintang iklan di beberapa produk.

Pernah Jadi Korban Bully

Meski kini sudah sukses berjaya sebagai aktris dengan banyak penggemar, namun siapa sangka jika pemilik nama Yris Jetty Dirk de Beule pernah menjadi korban bully. Semasa kecilnya, kakak dari Sean Ivan de Beule ini pernah mengalami perundungan lantaran wajahnya yang bule. 

Selain itu, namanya yang terbilang sulit diucapkan bagi masyarakat awam pun kerap mendapat celaan. Menurut pengakuannya dalam saat wawancara, Irish bahkan kerap mendapat bully sejak masih di sekolah dasar.

Sewaktu SD, ia menjadi satu-satunya siswi berdarah blasteran di kelas. Hal itu membuatnya jadi bahan perisakan. Ditambah lagi namanya yang unik dan sulit dilafalkan menjadi objek ejekan teman-teman. 

Namun beruntung keadaan berubah setelah sang ayah memutuskan untuk pindah dari Cirebon ke Bali. Kondisi di Bali terasa jauh lebih menyenangkan karena teman-teman Irish pun berasal dari berbagai belahan dunia dan bangsa.

Pasalnya, Irish sempat mengalami penurunan prestasi karena perundungan yang terjadi. Nilai-nilainya tak hanya menjadi jelek, guru pun kerap memarahinya. Tapi bersyukur, kondisi menyedihkan yang sempat membuatnya tertekan itu sudah lama berlalu.

Membintangi Layar Lebar

View this post on Instagram

A post shared by Irish Bella (@_irishbella_) on

Wanita kelahiran Cirebon, 23 April 1996, kini sudah cukup lama malang- melintang di dunia perfilman. Kemampuan aktingnya kian terasah setelah makin banyak film yang dibintanginya. Di tahun 2010, ia melakoni Heart 2 Heart dan Love in Perth.

Memasuki 2011, Irish ikut berpartisipasi dalam film Virgin 3 sebagai Sherry. Ia juga turut andil dalam film horror bertajuk Kuntilanak Kesurupan yang diproduksi oleh Rapi Films

Sedangkan di tahun 2015, ia kembali berakting di Tiger Boy. Tahun 2016, film 2 Batas Waktu dan Me vs Mami ia lakoni. Sementara itu, di tahun 2018, Irish Bella memerankan tokoh Alisa untuk film Kembang Kantil.

Aktif Bermain Sinetron

Sinetron layar kaca perdana yang dilakoni Irish Bella ialah Tangisan Issabela yang tayang tahun 2009 di SCTV. Menyusul kemudian di tahun 2010, ia berperan sebagai Serena untuk Di Mana Melani?.

Tahun 2011, Irish Bella turut membintangi Antara Cinta dan Dusta di MNCTV, serta Anugerah pada tahun 2011–2012. Ia juga turut tampil dalam sinetron Binar Bening Berlian, Karunia hingga Berkah (2013).

Kemudian Irish juga tampil menghibur pemirsa televisi di sinetron Anak-Anak Manusia, Kita Nikah Yuk (2014), Jakarta Love Story (2015), Ngantri Ke Surga, Rajawali, hingga Jawara (2016).

Ia juga turut andil dalam Anugerah Cinta dan berperan sebagai Naura. Selain itu, ia membintangi Berkah Cinta (2017), Rahmat Cinta (2017–2018) serta Cinta Suci (2018–2019). 

Ia juga pernah melakoni sejumlah TVM (TV Movie) seperti Allah Tahu Siapa yang Aku Sayang dan My Lovely Brother di tahun 2013, Umrah ke Tanah Abang (2015), Dua Perempuan Kepo (2016) dan tak ketinggalan 3 Jomblo (2017).

Baca Juga: Kontroversi hingga Idap Bipolar, Bikin Artis Cantik Marshanda Jadi Motivator

Dapat Julukan 'Ratu Sinetron'

View this post on Instagram

A post shared by Irish Bella (@_irishbella_) on

Saking banyaknya judul sinetron kejar tayang yang ia lakoni sejak 2009, maka predikat Ratu Sinetron pun diberikan kepadanya. Di usianya yang masih relatif muda, sudah banyak peran yang dimainkannya. Terutama dalam ranah sinetron.

Tak hanya berwajah cantik dengan kepribadian yang menarik. Skill Irish Bella dalam berakting pun terbukti mendapat tempat di hati masyarakat dan dicintai pemirsa layar kaca.

Jadi Bintang Iklan dan Buka Jasa Endorsement

Wajah cantik Irish Bella juga telah menghiasi sejumlah iklan seperti Slai Olai, Permen Kiss dan Clean & Clear (2010). Tahun 2011 ia menjadi bintang iklan Laurier. Sedangkan di tahun 2014, ia membintangi iklan Biore/ Biore Antibakteri.

Iklan Marina UV White SPF 30 Body Essence (2014), Nutrafor Radiance Beauty (2017) dan Torabika Creamy Latte (2017) juga melibatkan Irish Bella dalam promosi produknya.

Model video klip Semakin dari D'Masiv (2009) ini tak hanya membintangi sejumlah iklan terkenal, ia juga membuka jasa endorsement di media sosial Instagram pribadinya. Alhasil berbagai brand pun ikut mempromosikan produknya agar penjualan semakin meningkat.

Baca Juga: Kontroversi hingga Idap Bipolar, Bikin Artis Cantik Marshanda Jadi Motivator

Pencapaian Prestasi dan Penghargaan

View this post on Instagram

A post shared by Irish Bella (@_irishbella_) on

Sepanjang karirnya, Irish Bella tak hanya berhasil mengantongi pundi-pundi Rupiah. Ia pun berhasil mencetak prestasi serta meraih sejumlah penghargaan bergengsi.

Salah satunya seperti di tahun 2016, Irish mendapat penghargaan Pasangan Sinetron Tersilet (bersama Giorgino Abraham dalam Anugerah Cinta) dari Silet Awards 2016.

Memasuki 2017, namanya masuk nominasi Pasangan Terbaik (bersama Cut Mini Theo) dari Indonesian Movie Actors Awards 2017, untuk film Me vs Mami. Ia juga dinobatkan sebagai Aktris Terpopuler oleh Indonesian Television Awards 2017.

Masih di tahun 2017, Irish kembali mendapat predikat Aktris Terfavorit dari Panasonic Gobel Awards 2017. Ia juga meraih Pemeran Utama Wanita Terpuji Serial Drama dari Festival Film Bandung 2017.

Kemudian SCTV Awards 2017 kembali memberinya penghargaan Aktris Utama Paling Ngetop berkat aktingnya dalam Rahmat Cinta. Di tahun 2018, SCTV Awards 2018 kembali memberikannya predikat Aktris Utama Paling Ngetop untuk aktingnya dalam Cinta Suci.

Sementara itu, di tahun 2019, Indonesian Television Awards 2019 memasukkan nama Irish Bella ke dalam nominasi Aktris Terpopuler. Namanya juga tercantum dalam nominasi Aktris Terfavorit.

Panasonic Gobel Awards 2019 (belum diputuskan). Ia juga termasuk dalam nominasi Aktris Utama Paling Ngetop dari SCTV Awards 2019 (belum diputuskan).

Berani Mengambil Kesempatan dan Keluar dari Zona Nyaman

Irish Bella kini sudah sukses dalam berkarir. Ia juga telah berbahagia setelah menikah dengan aktor Ammar Zoni. Sebelum sesukses sekarang, Irish Bella berani berubah dan mengambil kesempatan untuk meraih pencapaian.

Ia dengan cepat mengambil setiap peluang yang datang dan ditawarkan kepadanya. Bahkan meskipun ia harus pindah domisili dan keluar dari zona nyamannya.

Ibu dari almarhumah Aiora Khadijah Bella Akbar dan Aiona Aisyah Bella Akbar ini pun terus berprestasi dan total dalam menekuni pekerjaannya. Jika ada kesempatan potensial mendatangimu, segera ambil meski Kamu belum sepenuhnya siap. Karena dalam hidup, kesempatan yang sama persis tidak akan datang dua kali dan Kamu tidak akan pernah betul-betul siap. Siapa tahu di balik kesempatan itu, ada sumber rezeki yang mengalirkan pundi-pundi Rupiah untukmu dengan derasnya, seperti kisahnya Irish Bella.

Baca Juga: Jago Akting, Intip Karier Laudya Cynthia Bella menjadi Salah Satu Artis Termahal