Pernah Jadi Penyanyi Café Hingga Sukses Sebagai Diva, Kini Mulan Jameela Cicipi Duduk di Kursi DPR

Sebelum berkiprah di dunia politik seperti sekarang, nama Mulan Jameela sudah dikenal publik sebagai penyanyi, aktris dan model. Namun debutnya di dunia hiburan baru melejit saat tergabung bersama Maia Estianty dalam grup duo Ratu

Saat itu, wanita kelahiran Garut, 23 Agustus 1979 ini pernah berjaya mencapai sejumlah prestasi dan meraih penghargaan berkat kekompakannya bersama Maia—termasuk mengantongi pundi-pundi uang.

Di tahun 2006-an, saat itu hits Ratu yang bertajuk Teman Tapi Mesra hingga Buaya Darat begitu melekat di hati para pecinta musik Tanah Air. Album mereka yang berjudul No. Satu telah mencetak rekor penjualan untuk grup wanita terbanyak, yakni menembus angka 200.000 keping di hari pertama diluncurkan.

Selain itu, dalam sejarah blantika musik Indonesia, Ratu tercatat sebagai grup band wanita paling laris dan sukses dalam dasawarsa 2000-an. Karya musiknya yang berkualitas didukung dengan penampilan energik di atas panggung. Sebagai entertainer, Mulan dan Maia saat itu turut mempopulerkan gaya busana Harajuku di Indonesia.

Rilis Album Solo Sejak Tahun 1999 dan Jadi Penyanyi Cafe

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mulan Jameela (@mulanjameela1) pada

Banyak yang tak tahu, Mulan sebenarnya sudah pernah menelurkan dua album solo sejak dulu. Namun sayang kedua album itu tak berhasil di pasaran. Ketika itu, pemilik nama lahir Raden Terry Tantri Wulandari ini meluncurkan album Aku Tetap Tersenyum di tahun 1999.

Waktu itu ia masih menggunakan nama panggung Wulan Ardina. Kemudian di tahun 2000, Mulan kembali merilis album Kekal yang masih mengusung genre yang sama dengan album sebelumnya—pop-rock ballad.

Suaranya yang mampu mencapai nada tinggi namun juga terdengar serak dan sengau itu sudah dapat dikenali sejak dulu. Namun keberuntungan belum berpihak padanya dan karya musiknya belum booming.

Setelah pindah ke Bandung, ia sempat bermusik sebagai penyanyi café untuk menyambung hidup bersama suami terdahulu dan anaknya. Mulan juga diketahui sempat bergabung dengan sejumlah band seperti Bandung All Star, Swara Coustic serta Dimensi Band. Hingga suatu ketika hidup mempertemukannya dengan Maia dan Ahmad Dhani.

Baca Juga: Pidi Baiq, Bintang Sesungguhnya Film Dilan yang Fenomenal Abis

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Meroket dan Mencetak Uang Bersama Ratu

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mulan Jameela (@mulanjameela1) pada

Sepak terjang Mulan di dunia keartisan memang tak bisa terlepas dari Ratu. Bersama Mulan, Ratu berhasil tercatat sebagai satu-satunya duo artis yang pernah dua kali memboyong Group/ Duo Artist of The Year dan Artist of The Year dari MTV Ampuh.

Mulan yang saat itu menggunakan nama panggung Mulan Kwok menggantikan posisi Pingkan Mambo di Ratu. Dengan Maia, Mulan berhasil menjadikan Ratu sebagai grup musik wanita yang paling sukses di Indonesia.

Selama dua tahun bersama Ratu (2005-2006), dua album berjudul Ratu& Friends dan No. 1 laku keras dan meledak di pasaran. Nama Mulan sukses bertengger bersama deretan vokalis papan atas lainnya. Album Ratu& Friends laris manis dan terjual hingga 400.000 kopi. 

Sedangkan album No. 1 mencapai angka penjualan 500.000 kopi. Namun kesuksesan Ratu dengan duet Mulan-Maia tak bertahan lama. Di tahun 2007, Mulan memilih hengkang karena persoalan transparansi keuangan dalam manajemen Ratu.

Lahirnya Diva Bernama Mulan Jameela

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mulan Jameela (@mulanjameela1) pada

Setelah keluar dari Ratu, Mulan lalu digandeng oleh Republik Cinta Management yang dimiliki Ahmad Dhani. Diarahkan musisi dan produser bertangan dingin, Mulan pun mempersiapkan album solonya.

Hingga kemudian memasuki tahun 2008, Mulan akhirnya berhasil meluncurkan album solonya yang berjudul Mulan Jameela. Nama Jameela yang dalam Bahasa Arab berarti “gadis cantik” sengaja dipilih untuk menampilkan image baru yang lepas dari embel-embel Ratu

Album yang digarap oleh Ahmad Dhani tersebut berhasil mencetak hits yang booming dan laris manis di pasaran. Sebut saja seperti Makhluk Tuhan yang Paling Sexy, Wonder Woman, Lagu Sedih, Pertama, Cinta Kau dan Dia hingga Jatuh Cinta Lagi.

Lewat album ini, Mulan berhasil menjadi salah satu solosi wanita terpopuler dan sukses di industri musik Indonesia. Dalam waktu 2 bulan kurang, album Mulan Jameela telah menembus angka penjualan 75.000 kopi dan mendapat platinum dari EMI.

Perusahaan besar yang bergerak di bidang telekomunikasi asal Malaysia, Maxis, ikut meliriknya. Menyusul kemudian, sekian nominasi penghargaan berhasil diterobosnya. Mulan Jameela juga menjadi satu-satunya penyanyi solo Indonesia yang menjadi nominasi dalam MTV Asia Awards 2008 di Genting, Malaysia.

Selanjutnya, pada Agustus 2008, Mulan berkolaborasi dengan vocal group asuhan Ahmad Dhani—Dewi-Dewi. Hits mereka yang berjudul Sakit Bukan Main dirilis dalam kompilasi The Best of Republik Cinta Artists Volume I.

Di tahun 2009, ia tergabung dalam kompilasi bertajuk D’Plong: Sensasi Rock’n’Dut bersama Ahmad Dhani, Avri D’Plong, Radja, Andra & The Backbone, Dewa 19, Nassar KDI, Trio Macan, Orkes Kasih Sayang dan lainnya. Lagu Bebaskan dinyanyikan Mulan di album ini.

Masih di tahun yang sama, Mulan berduet dengan Mitha The Virgin membawakan lagu berjudul Cinta Mati 2 dalam album kompilasi The Best of Republik Cinta Artists Volume II. Ia juga membawakan kembali lagu Bukannya Aku Takut di album ini.

Gaung kesuksesan Mulan terus berjalan meski kehidupan pribadinya mengalami pasang-surut. Di tahun 2013, ia kembali merilis album bertajuk 99 Volume 1. Deretan lagu-lagunya mencapai puncak populer dan menggebrak pasaran seperti Cinta Mati 3, Hilang, Sakit Minta Ampun, hingga Abracadabra.

Sempat Merambah ke Dunia Akting

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mulan Jameela (@mulanjameela1) pada

Mulan juga ikut merambah dunia akting dengan bermain dalam film berjudul Maaf Saya Menghamili Istri Anda (2007). Untuk akting di film perdananya ini, Mulan mendapat nominasi dalam MTV Indonesia Movie Awards 2007 untuk kategori Breakthrough Actor/ Actress. Di tahun yang sama, ia juga ikut membintangi sinetron Pasangan Heboh bersama Baim Wong.

Ibu dari lima anak bernama Tyarani Savitri, Muhammad Rafly Aziz, Safeea Ahmad, Ahmad Hasil (meninggal tahun 2014) dan Ahmad Syailendra Aerlangga ini juga mengasah kemampuan aktingnya dalam film televisi (FTV). 

Beberapa judulnya antara lain adalah Sang Primadona Mencari Surga (2006), Bodyguard Sang Penyanyi (2007), Penyanyi yang Difitnah (2007), Habis Manis Suami Dibuang (2007), serta Serumah Tapi Musuh (2007).

Baca Juga: Makin Sukses Berkiprah dalam Perfilman, Si Cantik Adinia Wirasti Tetap Membumi dan Hidup Hemat

 

Dari Penyanyi Café Hingga ke Kursi DPR

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mulan Jameela (@mulanjameela1) pada

Mulan yang sempat mengelola usaha kuliner Cilok Muncrat dan bisnis online fashion muslimah ini kini telah mengikuti jejak suami sirinya, Ahmad Dhani. Bersama Partai Gerindra, Mulan bahkan berhasil lolos ke Senayan dan duduk di kursi DPR.

Sebelumnya, ia maju sebagai caleg (calon legislatif) Gerindra di daerah pemilihan Jawa Barat XI (mencakup Kabupaten dan Kota Tasikmalaya). Kini ia telah terpilih menjadi anggota DPR untuk periode tahun 2019-2024 setelah dua nama calon terpilih lainnya dinilai tidak memenuhi syarat. 

Sedangkan untuk Mulan sendiri diketahui mendapat perolehan suara sebesar 24.192. Mulan berhasil melenggang ke Senayan bersama public figure lainnya, yakni Eko Patrio, Tommy Kurniawan, Primus Yustisio, Farhan, Rano Karno, Nico Siahaan, Dede Yusuf, Rachel Maryam Sayidina, Rieke Diah Pitaloka, Arzeti Bilbina, Krisdayanti, Nurul Arifin, serta Desy Ratnasari. 

Berani Ambil Risiko dan Hadapi Konsekuensinya

Perjalanan Mulan dari dunia musik dan penyanyi cafe, dalam dunia akting, hingga bermain dalam kancah perpolitikan tentu membutuhkan proses yang tak sebentar. Bahkan, prosesnya tak bisa dibilang mulus karena menuai pro kontra dan kontroversi sana-sini.

Belum lagi dengan kehidupan pribadinya yang memicu banyak hujatan dari para pembencinya. Namun terlepas dari semua itu, sosok Mulan tak akan bisa sukses seperti sekarang jika ia tak berani mengambil risiko dan tegar menghadapi konsekuensinya—hujatan yang kejam.

Setiap orang tentu pernah berbuat salah, demikian juga dengan Mulan. Namun hal itu tak lantas menghentikannya untuk terus maju, berprestasi dan berkarya. Alih-alih bersedih karena hujatan dari pembencinya, Mulan tetap berbesar hati dan menelan semuanya. Ia juga memperbaiki diri dengan berhijrah dan mengaji agama. Ia juga mengembangkan potensinya di dunia perpolitikan.

Untuk menjemput kesuksesanmu, kamu juga bisa meniru kekuatan mental seorang Mulan dan menjadi versi terbaik dari dirimu. Jika sudah begitu, niscaya kesuksesan pasti akan berada di dalam genggaman.

Baca Juga: 20 Artis Hip Hop dengan Bayaran Termahal di Dunia versi Forbes, Adakah Idolamu?