Pernah Jadi Putri Sumut, Begini Perjalanan Karier Cut Meyriska yang Kerap Mainkan Peran Antagonis

Cut Meyriska digadang-gadang sebagai salah satu "Ratu Sinetron" yang berjaya di dunia keartisan Tanah Air. Sudah bermain dalam puluhan judul sinetron, film layar lebar, dan FTV, sosoknya sudah sangat mahir berakting. Saking andalnya, kesan antagonis terlanjur melekat dengan sosoknya.

Tak hanya sukses sebagai aktris, wanita bernama lengkap Cut Ratu Meyriska ini juga aktif menjadi penyanyi dan model. Namanya kian melambung ketika berperan sebagai Adriana di sinetron Anak Jalanan dan Hellena Karin dalam Catatan Hati Seorang Istri di tahun 2014.

Berkat kepiawaiannya dalam seni peran ini istri dari Roger Danuarta ini berhasil memenangkan Pemeran Wanita Terpuji Serial Televisi dari ajang Festival Film Bandung tahun 2017 lalu.

Pernah Menjadi Putri Sumatera Utara

View this post on Instagram

A post shared by Cut Meyriska (@cutratumeyriska) on

Dari kecil, wanita kelahiran 1993 ini memang sudah tampak menonjol dengan segudang bakatnya. Meski lahir di Kota Medan, namun putri dari Ir. Suryadi AK dan Cut Suharnita ini mewarisi darah Aceh dari kedua orang tuanya. 

Sejak remaja, Cut Meyriska telah menjajal dunia beauty pageant dan pernah menyabet juara pertama. Alhasil, ia pun sukses dinobatkan sebagai Putri Sumatera Utara. Bahkan di tahun 2008, Cut Meyriska berhasil memenangkan runner up di Top Guest Aneka (majalah remaja Aneka).

Kontes kecantikan tingkat daerah lantas membuatnya hijrah ke ibu kota. Dari situlah ia mendapat jalan untuk berkarier di dunia akting. Di umurnya yang 14 tahun, Chika lantas semakin tenar berkat sering tampil di layar televisi.

Baca Juga: Inspiratif! Sukses Sebagai Aktris dan Presenter, Enzy Storia Pernah Jadi Kernet

Berjaya Sebagai "Ratu Sinetron"

View this post on Instagram

A post shared by Cut Meyriska (@cutratumeyriska) on

Dengan kemahiran akting yang mendalam, Chika berhasil berperan di berbagai judul sinetron, layar lebar, dan film televisi. Petualangannya sebagai "Ratu Sinetron" dimulai di tahun 2007 ketika ia bermain dalam Suci dan Cinta Bunga. 

Pada tahun 2008, Chika berakting untuk sinetron Kepompong yang mendapat sambutan hangat masyarakat. Selanjutnya di tahun 2009, ia kembali bermain dalam Buku Harian Baim, Ulat Kepompong, serta Arti Sahabat yang juga menjadi favorit publik.

Memasuki tahun 2010, Meyriska kembali muncul dalam Arti Sahabat Season II yang disusul dengan Dewa yang tayang tahun 2011. Kemudian di tahun 2012, Chika menjajal sinetron Karunia dan Kutunggu Kau di Pasar Minggu. 

Ia juga melakoni sejumlah sinetron seperti Berkah, Tendangan Dari Langit The Series, hingga Magic yang tayang tahun 2013. Pada tahun berikutnya, Chika membintangi Kau Yang Berasal Dari Bintang, Cinta Anak Cucu Adam, Catatan Hati Seorang Istri, serta 7 Manusia Harimau.

Hingga tibalah di tahun 2015, namanya kian melejit dengan melakoni Anak Jalanan. Ketenarannya kian meningkat seiring dengan penampilannya yang memikat dalam Catatan Hati Seorang Istri (2016).

Dengan kariernya yang naik daun, Chika lalu menjadi bintang untuk sinetron Berkah Cinta, Putri Titipan Tuhan, Boy, Saur Sepuh The Series, serta Dia di tahun 2017. Tahun berikutnya, ia melakoni Cinta Kedua, Anak Langit, dan Dosa. Kemudian di tahun 2019, Chika masih produktif berakting untuk Istri-Istri Akhir Zaman.

Bermain Film dan FTV

View this post on Instagram

A post shared by Cut Meyriska (@cutratumeyriska) on

Selain menjajal akting lewat sinetron, ia juga aktif menjajal layar lebar dan film televisi. Di layar lebar sendiri, ia telah membintangi Suka Ma Suka (2009), Seandainya dan Yowis Ben di tahun 2012. 

Kemudian di tahun 2018, ia kembali bermain dalam Jaran Goyang dan Kesempatan Kedua. Memasuki 2019, Chika lantas membintangi Yowis Ben 2 dan Ajari Aku Islam yang lebih bergenre religi.

Adapun film televisi dan TV movie yang telah ia bintangi antara lain ialah Pacarku Banyak Aturan, Anak-Anak Merah Putih, Cintaku Kejedot Angkot, 10 Pemuda Untuk Bung Karno dan tak ketinggalan Pacarku Superstar.

Raih Segudang Prestasi

View this post on Instagram

A post shared by Cut Meyriska (@cutratumeyriska) on

Selain berhasil menjadi Putri Sumatera Utara dan juara kedua model Top Guest Aneka tahun 2008, Chika juga menyabet sejumlah prestasi membanggakan lainnya. Pada tahun 2009, ia memenangkan Juara 1 Hilo Teen Search.

Kemudian di tahun 2010, ia mengantongi Aktris Paling Favorit UMI. Lama bertekun di dunia akting kemudian membawanya meraih keberhasilan di tahun 2017. Ia berhasil meraih penghargaan Pemeran Wanita Terpuji dari Festival Film Bandung 2017 untuk kategori Serial Televisi.

Kemenangan tersebut berhasil dicapainya berkat akting yang natural dan memukau di sinetron Putri Titipan Tuhan. 

Baca Juga: Belajar dari Roger Danuarta, Begini Caranya Dapet Restu Calon Mertua

Merambah Dunia Tarik Suara

View this post on Instagram

A post shared by Cut Meyriska (@cutratumeyriska) on

Kesuksesannya kemudian meluas hingga ke dunia tarik suara. Sejauh ini, ia telah mencetak sejumlah single yang meramaikan belantika musik Tanah Air. 

Bersuara merdu, di tahun 2016 ia merilis single berjudul Jilbab Traveler. Lagu tersebut merupakan original soundtrack dari film Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea.

Cut Meyriska juga pernah berkolaborasi dengan Matoma dan merilis Wonderful Life (Mi Oh My). Belakangan lagu tersebut dijadikan OST untuk film The Angry Birds Movie. Sedangkan di tahun 2017, ia meluncurkan single Aku Tetap Setia Meski Kamu Mendua.

Memutuskan untuk Berhijab

View this post on Instagram

A post shared by Cut Meyriska (@cutratumeyriska) on

Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya Cut Meyriska memutuskan untuk berhijab. Ada banyak faktor dan pertimbangan yang membuatnya mengambil keputusan tersebut. Salah satunya, ia ingin tampil lebih santun dan anggun sebagai muslimah.

Menurutnya, di usia 26 merupakan momen tepat baginya untuk hijrah. Ia sudah merasa cukup menikmati masa mudanya. Lagi pula, dalam salah satu interview dengan media, ia mengaku ingin lebih banyak beribadah sebelum berpulang.

Merasa mantap untuk memperdalam kajian agama, Cut Meyriska pun membulatkan tekadnya untuk hijrah dan berhijab. Apalagi mengingat banyak pihak yang mendukung keputusannya ini, terutama dari Roger Danuarta.

Menikah dengan Roger Danuarta

View this post on Instagram

A post shared by Cut Meyriska (@cutratumeyriska) on

Dalam perjalanan kisah kasih Chika dan Roger, publik sempat digemparkan dengan keputusan Roger untuk menjadi mualaf. Rumor beredar menyebutkan peran besar Chika dalam keputusan besar tersebut.

Hubungan keduanya memang sempat terkendala karena restu orang tua yang tak kunjung datang. Disebutkan, masa lalu Roger yang sempat tersandung kasus narkoba menjadi salah satu penyebabnya.

Namun belakangan, disebutkan juga bahwa Roger memilih memeluk Islam atas keinginannya sendiri, bukan demi menikahi Chika. Aktor tampan tersebut mempunyai sejumlah pertimbangan lain yang membuatnya resmi menjadi muslim.

Sebelum keduanya melangsungkan pernikahan pada Agustus 2019 lalu, baik Chika maupun Roger pernah hampir menikah namun gagal. 

Kini, pasangan yang kerap menjadi teladan untuk berhijrah ini telah hidup bahagia. Mereka tengah menantikan kelahiran keturunan pertama mereka. 

Aktif Terjun ke Dunia Bisnis

View this post on Instagram

A post shared by Cut Meyriska (@cutratumeyriska) on

Menyadari berkiprah di dunia hiburan tak dapat terus ditekuni, Chika pun mendengarkan anjuran dari sang ibu untuk berbisnis. Hasil kerja keras yang ia dapatkan dari stripping sinetron dan lainnya kemudian dialokasikan ke beraneka usaha.

Salah satunya yaitu usaha rumah kost untuk para mahasiswa di Kota Medan. Dengan bantuan orang tua dan keluarganya, Chika merintis usaha tersebut. Berbarengan dengan itu, ia juga memulai bisnis ready to wear fashion serta busana muslimah.

Berikan yang Terbaik untuk Hasil Terbaik

Kini Cut Meyriska telah sukses meraih keberhasilan di usia muda. Ia juga tengah menuju babak baru kehidupannya untuk menjadi seorang ibu. 

Setiap babak kehidupan akan memerlukan sisi lain dari diri kita. Teruslah berkembang dan bertumbuh seiring dengan perjalanan hidup yang terus melaju. 

Selain sukses finansial, hendaklah berimbang agar kesuksesan rohani juga dapat diraih sesegera mungkin. Dengan begitu, semoga kehidupan yang kita bangun akan lebih bermakna, selamat, sejahtera, dan berbahagia.

Baca Juga: Ingin Sukses? Yuk, Baca Kumpulan Quote Sukses dari Pengusaha Sukses