Perpanjang STNK Online: Info yang Wajib Anda Ketahui

Setiap tahunnya, hampir sebagian besar dari Anda akan direpotkan dengan pengurusan perpanjangan masa berlaku surat tanda nomor kendaraan (STNK) dengan keharusan mendatangi kantor samsat (sistem administrasi manunggal satu atap). Tetapi kini menariknya, pengurusan atas perpanjangan STNK tersebut tidak lagi terlalu merepotkan. Pasalnya, hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 Pasal 16 yang berbunyi:

“…untuk pelayanan atas penerimaan pembayaran pajak STNK dapat dilakukan melalui transaksi elektronik.”

Dengan demikian, untuk saat ini kita tidak perlu lagi mengorbankan waktu untuk mendatangi samsat, mengantri berjam-jam hanya untuk sekadar membayar pajak tahunan kendaraan Anda. Bahkan Anda juga tidak perlu lagi menahan godaan memikat dari para calo yang menawarkan jasa pengurusan pembayaran STNK secara ilegal yang juga meminta bayaran tinggi.

Samsat Online per Wilayah

Samsat Outlet

Samsat Outlet via kelilingbogor.com

 

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang dan akhirnya sering menggunakan jasa calo, Anda akan tertolong dengan adanya sistem perpanjangan STNK online ini. Sebelum adanya peraturan terkait mengenai pembayaran transaksi elektronik, di tiga wilayah, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten telah diberlakukan sistem perpanjangan STNK secara online.

Dengan demikian, orang yang mempunyai KTP Bekasi dapat mengurus pajak STNK di Jakarta walaupun tidak semua samsat yang ada di Jakarta dapat melayani pengurusan STNK online. Dibawah ini ada pengaturan wilayah samsat yang dapat diakses secara online, yaitu:

  1. Wilayah DKI Jakarta yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dapat dilayani online di Samsat BSD, Samsat Cinere, dan Samsat Cikokol.
  2. Wilayah Banten seperti BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja, dapat memproses STNK onlinenya di Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Cinere.
  3. Wilayah Jawa Barat meliputi kawasan Depok, Cinere, dan Cikarang-Bekasi, kepengurusan nya dapat dilakukan di Samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, dan Samsat Cikokol.

Cek Pajak Online

Situs Samsat Jakarta

Situs Samsat Jakarta via samsat-pkb.jakarta.go.id

 

Anda dapat melakukan pengecekan pajak STNK secara online di kantor Samsat dan Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta tepatnya yang ada di situs Samsat Jakarta. Dengan catatan, jika plat nomor di tengah yang Anda miliki kurang dari 4 angka, maka Anda dapat memasukkan angka 0 di bagian depan.

Sebagai contoh kasus plat nomor B 123 RFS. Jika dilakukan pengecekan maka Anda harus menambahkan angka 0 seperti B 0123 RFS. Apabila setelah dilakukan pengecekan tidak ada keterangan, maka kemungkinan besar plat nomor tersebut tidak terdaftar di samsat DKI. Jika proses pengecekan berhasil, muncul semua informasi yang berkaitan dengan pajak kendaraan, termasuk kapan jatuh temponya.

Samsat Terpadu di Jawa Barat

Samsat Bekasi

Samsat Kota Bekasi via photobucket.com

 

Polda Jawa Barat dan pihak terkait, pada tahun 2010 membuat inovasi hebat dengan meluncurkan perpanjangan STNK online yang diklaim sudah dapat dilakukan di semua wilayah yang ada di Polda Jawa Barat.

Walaupun prosesnya melalui online, namun untuk proses akhirnya tetap harus dilakukan di samsat yang terdekat. Sebagai contoh jika Anda tinggal di Bekasi namun STNK nya dari samsat Cirebon, maka tidak perlu repot ke Cirebon. Anda tinggal mengurus pengesahannya di Bekasi saja.

Samsat Online Terpadu Polda Jawa Barat buka setiap hari kerja dari pukul 08.00-16.00 WIB. Wilayahnya antara lain:

  • Wilayah Polda Jabar: Seluruh Samsat Polda Jabar
  • Wilayah Polda Metro Jaya: Samsat Bekasi dan Samsat Cikarang

E-Samsat Jawa Barat

Samsat Kota Depok

Samsat Kota Depok via dpok.go.id

 

Pihak Polda Jawa Barat kembali melakukan inovasi dengan membuat E-Samsat yang menggandeng Bank BJB. Melalui program ini, maka para nasabah Bank BJB  dapat melakukan pembayaran pajak STNK melalui ATM Bank BJB. Dengan syarat, data dari pemilik rekening harus sama dengan data di STNK.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini ada tahapan pembayaran STNK melalui E-Samsat Jawa Barat:

  1. Anda mengirimkan SMS dari wajib pajak dengan format: esamsat [no.chasis] [no.KTP] [email] lalu kirim ke ke 08112119211. No ini adalah SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat,
  2. Kemudian dilakukan pengecekan status terkait data NIK/KTP, curanmor, dan juga blokir ke server polda,
  3. Ada SMS jawaban yang kemudian dikirim ke wajib pajak yang isinya kode bayar, data kendaran, dan jumlah tagihan,
  4. Apabila data kendaraan beserta dengan jumlah penetapan sudah disepakati, maka wajib pajak dapat membayarnya di ATM Bank BJB,
  5. Anda dapat mengikuti langkah pembayaran di ATM dengan cara memilih opsi pajak kendaraan dengan memasukkan kode pembayarannya,
  6. Jika sudah selesai maka Anda akan mendapatkan struk tanda bukti bayar pajak serta memperoleh SMS yang berisi konfirmasi atas pembayaran pajak motor Anda,
  7. Setelah itu Anda dapat mendatangi kantor samsat untuk menukar struk pembayaran dengan SKPD.

Samsat Drive Thru DKI

Samsat Drive Thru

Samsat Drive Thru Jakarta Timur via wordpress.com

 

Apabila di wilayah Jawa Barat sudah mempunyai E-Samsat, wilayah DKI tidak ingin ketinggalan dengan membuat Samsat Drive Thru. Sehingga bagi Anda para pemilik rekening Bank DKI dimudahkan dalam hal pembayaran pajak STNK melalui ATM terdekat. Sedangkan bagi Anda yang bukan nasabah Bank DKI dapat membayar pajak melalui loket bank. Selain itu tersebar juga beberapa gerai Samsat Drive Thru seperti:

  1. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur
  2. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara
  3. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Selatan
  4. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat

Model Samsat Drive Thru ini terbilang cukup praktis, karena Anda hanya memberikan STNK, BPKB, dan KTP atas nama BPKB, kemudian Anda membayarnya dan urusan bayar pajak sudah selesai.

E-Samsat Jawa Timur

E-Samsat Jawa Timur

E-Samsat Jawa Timur via esamsat.jatimprov.go.id

 

Tidak hanya wilayah Jawa Barat saja yang memiliki E-Samsat, karena inovasi ini ternyata juga dimiliki oleh Jawa Timur. Bahkan bisa dibilang fiturnya lebih bagus jika dibandingkan dengan E-Samsat Jawa Barat. Hal ini dikarenakan tidak hanya dapat dibayar melalui ATM, namun juga dapat dibayar di teller Bank Jawa Timur, hingga dapat diakses melalui mobile banking dan Internet banking.

Sedangkan untuk tahapan pembayarannya, Anda dapat mengunjungi situs dari Bank Jatim. Di mana Anda hanya cukup memasukkan data ke web e-samsat Jatim, kemudian ada beberapa tahapan yang harus diikuti untuk proses selanjutnya.

Samsat Online Jawa Tengah

Samsat Online Jawa Tengah

Samsat Online Jawa Tengah via dppad.jatengprov.go.id

 

Untuk mempermudah pembayaran pajak, pihak Provinsi Jawa Tengah juga menerapkan Samsat Online. Sama halnya dengan yang ada di wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur, Samsat Online yang ada di Jateng menggandeng bank Jateng.

Namun untuk membayar pajak online, para pembayar pajak dilakukan di ATM Samsat-Bank Jawa Tengah. Dimana ATM ini memang diperuntukkan bagi orang-orang yang membayar pajak secara online.Untuk lebih jelasnya terkait informasi pajak kendaraan, Anda dapat mengakses situs Dispenda Jateng.

Baca Juga: Berhenti Merokok = Dapat Motor Baru

SMS Pemeriksaan STNK

SMS Pemeriksaan STNK

Pemeriksaan Keaslian STNK dengan SMS via huffpost.com

 

Kemudahan lain membayar pajak STNK, ternyata dapat dilakukan melalui SMS. Sayangnya tidak semua provinsi memiliki layanan cek STNK melalui SMS. Di sini tidak hanya pajak yang di cek, namun juga dikaitkan dengan keasliannya.

Sehingga jika ada orang yang menjual motor, menggunakan STNK palsu. Anda dapat melakukan pengecekan datanya melalui samsat. Dibawah ini ada beberapa layanan SMS cek STNK yang ada di empat provinsi di Indonesia:

Jawa Timur
SMS : JATIM <spasi> PlatNomorKendaraan
contoh: JATIM L2222DS
Lalu kirim ke 7070

DKI Jakarta
SMS : METRO <spasi> PlatNomorKendaraan
Contoh: METRO B1234PUT
Lalu kirim ke 1717

Jawa Barat
SMS : poldajbr <spasi> PlatNomorKendaraan
contoh: poldajbr D4545JK
Lalu kirim ke 3977

Jawa Tengah
SMS : JATENG <spasi> PlatNomorKendaraan
contoh: JATENG AD4784KD
Lalu kirim ke 9600

DI Yogyakarta
SMS: DIY<spasi>PlatNomorKendaraan
contoh: DIY AB2345UO
Lalu kirim ke 9600

Twitter Samsat

Samsat juga memiliki akun di Twitter. Bahkan tak jarang ada beberapa kantor samsat yang gaul dikarenakan mempunyai akun media sosial ini. Sehingga tidak hanya Pak Polisi ataupun Ibu-ibu Polwan yang main twit, namun Samsat juga memanfaatkan jejaring sosial twitter untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Informasi ini biasanya berkaitan dengan lokasi SIM dan STNK Keliling. Untuk mengecek apakah daerah samsatmu memiliki akun Twitter, Anda dapat langsung searching di Google. Caranya cukup mudah, Anda hanya mengetik “Twitter”<spasi>”Samsat”<spasi>”Nama Daerah” lalu klik “search”.

Sebagai contoh “Twitter Samsat Sleman”. Jika samsat sleman memiliki akun twitter maka akan keluar, namun jika belum memiliki maka tidak aka nada informasi terkait twitter dari samsat yang Anda maksudkan.

Baca Juga: Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Kredit Motor

Mudah dan Murah

Demikian beberapa informasi yang harus Anda ketahui berkaitan dengan kepengurusan STNK online. Memang belum semua daerah menggunakan fasilitas online, namun hal ini juga masih untuk membayar pajak tahunan. Akan tetapi, diharapkan ke depannya seluruh masyarakat Indonesia dapat membuat sistem seperti ini dan dipergunakan untuk membayar pajak STNK lima tahunan. Karena dengan adanya sistem online, selain memudahkan, masyarakat juga dapat terhindar dari calo yang mahal.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Motor