Persiapkan 3 Hal Berikut Sebelum Mengajukan KPR

Ketika Anda memutuskan untuk memiliki rumah, Anda mungkin berpikir lebih dari dua kali untuk meyakinkan diri Anda sendiri, benarkah Anda sudah siap untuk mempunyai rumah pribadi. Memiliki tempat tinggal pribadi membutuhkan dana yang cukup besar mulai dari perizinan, perancangan, pembangunan, hingga perawatan dan berbagai biaya pajak yang harus dibayarkan.

Biaya-biaya yang akan timbul ini terkadang menjadi momok bagi sebagian orang sehingga mereka memilih untuk menunda kepemilikan rumah hingga memiliki cukup dana setidaknya untuk mencapai biaya pembangunan hingga selesai.

Untuk membantu masyarakat mengatasi masalah finansial mereka terkait dengan rumah sebagai kebutuhan pokok, bank berlomba menawarkan berbagai produk yang merupakan pinjaman pada masyarakat untuk tujuan memiliki rumah. Produk ini kita kenal dengan sebutan Kredit Pemilikan Rumah.

KPR sendiri menjadi produk bank yang sangat banyak peminatnya mengingat properti yang mendapatkan dana pinjaman tersebut adalah salah satu dari kebutuhan primer yang tentunya harus dipenuhi.

Produk KPR sendiri diketahui sebagai produk bank yang memiliki tipe kredit dalam jangka waktu lama untuk pelunasannya. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil KPR, Anda harus bertanya dan meyakinkan diri sendiri apakah Anda mampu dan siap untuk berkomitmen dalam jangka waktu lama dan apakah persiapan yang Anda miliki sudah cukup?

Untuk membantu Anda mempersiapkan beberapa hal tersebut, kami menyajikan 3 hal yang harus menjadi perhatian dan persiapan dalam pengambilan KPR.

Baca Juga: Beli Rumah dengan KPR, Ini Langkah-Langkahnya

1. Survei dan Bandingkan Rumah

Lakukan Perbandingan untuk Rumah yang akan Dibeli

Lakukan Perbandingan untuk Rumah yang akan Dibeli via handyman.net.au

Untuk membangun dan menyelesaikan pembangunan rumah, akan dibutuhkan dana yang cukup besar. Berusahalah untuk melakukan survei terhadap harga pasaran rumah serta jangan malas untuk membanding-bandingkan serta menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Hal ini harus menjadi pertimbangan utama karena akan berpengaruh pada pilihan rumah yang akan dibeli. Beberapa aspek yang menjadi pertimbangan antara lain adalah ukuran rumah, lokasi rumah, kondisi rumah yang merupakan rumah baru atau pernah dihuni oleh orang lain, serta hal-hal lainnya. Yang paling utama, selalu pertimbangkan kemampuan finansial Anda.

2. Memilih Produk KPR

Membandingkan Beberapa Produk KPR

Membandingkan Beberapa Produk KPR via indecomm.net 

Setelah Anda melakukan survei dan memperoleh gambaran mengenai rumah yang Anda inginkan setelah dipertimbangkan dengan banyak faktor, Anda bisa memulai untuk survei produk KPR dari setiap bank. Hal ini akan membantu Anda mengetahui dana yang harus disiapkan guna mengakses fasilitas dari produk kredit satu ini mulai dari uang muka sampai dengan cicilan dan bunga pinjaman.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih produk KPR, di antaranya reputasi penyedia KPR, fasilitas dari suku bunga, serta berbagai manfaat layanan dan bantuan yang bisa Anda dapat ketika KPR berjalan.

Baca Juga: Simulasi KPR Bagi Masyarakat Berpenghasilan di Bawah 5 Juta

3. Siapkan Dana

Persiapkan Dana Pembayaran KPR

Persiapkan Dana Pembayaran KPR via boks.sr 

Tentunya, dana menjadi hal yang paling penting sebelum Anda mengajukan KPR. Kesiapan dana serta komitmen jangka panjang menjadi hal yang harus Anda miliki. Dari segi finansial, Anda harus siap dengan menyediakan uang muka yang berkisar 20 hingga 30% dari total harga rumah. Sisa dari harga tersebut akan dicicil selama masa tenor berlaku. Meski Anda bisa memanfaatkan KPR, bukan berarti Anda bisa menggunakannya tanpa persiapan dana berupa tabungan atau investasi sama sekali.

Fungsi dari dana investasi ini adalah melipat-gandakan dana yang Anda miliki supaya bisa mencapai target persiapan dana yang akan digunakan untuk membayar uang muka. Investasi yang disarankan untuk Anda lakukan adalah investasi dalam jangka pendek karena risiko yang dibawa relatif lebih kecil dibanding dengan investasi jangka panjang.

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Jangan Tunda Menabung

Itulah 3 aspek persiapan yang harus Anda miliki sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR. Sekali lagi, perlu ditekankan bahwa KPR bukan modal pengganti Anda untuk membangun atau membeli rumah. Anda harus memiliki dana tunai sendiri paling tidak untuk menyelesaikan pembayaran uang muka yang merupakan tanda jadi antara Anda dengan pihak penjual. Maka, selagi Anda masih memiliki waktu untuk menabung atau melakukan investasi, lakukan saja.

Jangan menunda waktu terlalu lama. Semakin lama Anda memulai menabung atau berinvestasi, semakin sulit Anda mengumpulkan dana yang Anda butuhkan dalam jangka waktu pendek. Semoga dengan uraian singkat ini Anda mendapatkan informasi yang padat dan membantu Anda untuk segera mengambil keputusan mengenai KPR.

Baca Juga: 8 Strategi Miliki Rumah Sebelum Usia 30 Tahun