Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dan Bisnis Menarik untuk Dijalankan di 2017

Sebentar lagi tahun baru 2017 akan segera tiba. Seperti biasa, ketika akan menyambut tahun baru selalu ada banyak prediksi yang muncul. Salah satunya mengenai seperti apa ekonomi Indonesia di tahun depan, karena ini akan berhubungan dalam banyak sektor kehidupan negara. Lalu, apakah sudah ada prediksinya? Tentu saja sudah! Ini dia pembahasannya.

Prediksi Ekonomi Indonesia di 2017

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi via wp.com

 

Di mana Bank Indonesia (BI) menyatakan sangat optimis terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Gubernur BI, Agus Martowardoyo menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2017 akan berada pada kisaran 5 hingga 5,4 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut akan ditopang oleh permintaan domestik. Dengan perkiraan itu, pada tahun 2017 ekonomi indonesia diprediksi akan tumbuh mendatang kondisi perekonomian nasional masih cenderung kondusif. Meskipun begitu keadaannya tidak sekuat realisasi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2010 hingga 2012 lalu.

Sementara itu, inflasi akan berada di kisaran target 4 plus minus 1 persen, pertumbuhan kredit pada tahun 2017 mendatang berada di kisaran 10 hingga 12 persen. Lalu pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) diproyeksikan berada pada kisaran 9 hingga 11 persen. Sementara defisit transaksi berjalan diprediksi bakal sedikit meningkat. Meski begitu, capaian defisit transaksi itu masih tetap berada di level yang sehat, yaitu di bawah 3 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Dalam jangka menengah, Bank Indonesia memperkirakan perekonomian Indonesia akan tumbuh lebih tinggi lagi. Salah satu penyebabnya adalah karena struktur perekonomian negara kita yang lebih kuat dan berkualitas. “Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2018 sampai 2021 akan berada di kisaran 5,9 hingga 6,3 persen. Hal ini banyak ditopang oleh inflasi yang rendah,” kata Agus. Terakhir, defisit transaksi berjalan juga diprediksi akan menurun. Meski begitu, defisit transaksi berjalan ini juga masih dianggap berada pada level aman di bawah 3 persen dari PDB.

Baca Juga: Mau Bisnis Pulsa? Ini Dia Tips Suksesnya

Sektor Usaha yang Bagus di Tahun 2017

Usaha Menggiurkan

Bisnis Menggiurkan via youngmoneymakertips.files.wordpress.com

 

Bila membahas pertumbuhan ekonomi, rasanya tidak lengkap kalau kita tidak membahas masalah usaha mana saja yang akan tetap dan akan kinclong di tahun 2017. Apa hubungan bisnis dan pertumbuhan ekonomi? Karena semakin tinggi pertumbuhan ekonomi tentu akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Kemudian, pendapatan masyarakat yang meningkat tentu akan mendorong daya beli mereka menjadi lebih tinggi karena mereka mampu membeli barang dari para pebisnis. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan meningkatkan peluang bisnis, meningkatkan penjualan, dan profit perusahaan.

Kembali ke masalah awal, lalu, bisnis apa saja yang akan sangat bagus dijalankan pada tahun 2017? Ada beberapa, ini diantaranya:

1. Bisnis Online

Bisnis online atau internet marketer (IM) akan menduduki posisi teratas dalam peluang bisnis dan usaha yang akan menjadi trend untuk tahun 2017. Hal ini tidak terlalu mengherankan karena dalam beberapa tahun terakhir terbukti bisnis ini sangat berkembang pesat sehingga bisa dibilang cukup menjanjikan untuk ditekuni. Meningkatnya bisnis online banyak didukung oleh semakin banyaknya pengguna internet, karena internet telah menjadi kebutuhan hidup masyarakat sehari-harinya.

Di samping itu, bisnis online bisa dimulai dengan modal kecil, yang terpenting adalah harus memiliki fasilitas online serta akses internet. Tidak hanya itu, bisnis online bisa dilakukan dari mana dan kapan saja bahkan memungkinkan anda untuk bekerja tanpa harus beranjak dari kamar tidur.

2. Bisnis Waralaba

Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemauan besar untuk memiliki usaha tapi terkendala dengan kurangnya ide serta belum memiliki pengalaman usaha sama sekali. Bisa dikatakan paling cocok untuk seorang pemula karena menjalankan model bisnis waralaba ini karena Anda akan dibantu oleh pemilik waralaba (pemegang merek) mulai dari training hingga pada tahap prosesnya.

Sebagai seorang pemula tidak akan dipusingkan dengan konsep bisnis yang akan dijalani, Anda hanya tinggal menjalankan sesuai kemampuan modalnya dengan tetap bernaung di bawah nama merek perusahaan waralaba yang dipilih itu.

3. Industri Hiburan

Bisnis di bidang entertainment atau hiburan sudah pasti akan berkembang lebih pesat lagi seiring dengan pertumbuhan ekonomi negeri ini. Untuk jenis usaha ini memang tergolong sangat cepat mendatangkan uang dan sangat menguntungkan karena selalu melibatkan orang orang berduit yang akan menjadi konsumennya.

Meskipun begitu, dari segi modal, bisa dikatakan bisnis ini bukanlah bisnis yang murah karena membutuhkan dana yang tidak sedikit sebagai modal. Namun jika anda jeli membaca peluang, sebenarnya masih banyak ragam bisnis hiburan yang bisa dimulai dengan modal kecil.

Baca Juga: 5 Cara Mengalahkan Tantangan Pada Bisnis Anda

4. Bisnis Properti

Seiring dengan makin hot-nya sektor properti di Indonesia, bisnis di bidang ini juga akan mengikutinya. Tapi, sudah pasti untuk terjun dalam bisnis ini membutuhkan modal yang luar biasa besar. Lalu bagaimana hasilnya? Sudah tentu akan sebanding dengan tingkat keuntungan yang sangat menggiurkan.

5. Industri Kreatif

Anda punya keahlian serta daya kreatifitas yang tinggi? Anda sangat cocok untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Bisnis ini membutuhkan daya imajinasi yang tinggi untuk menghasilkan sebuah produk yang bernilai jual. Munculnya ide untuk memulai atau menekuni bisnis kreatif bisa bermula dari bakat atau bahkan dari yang semula hanya merupakan hobi saja. Di samping itu, ini adalah sebuah terobosan peluang usaha yang cukup layak untuk dipertimbangkan karena ada pernyataan bahwa pekerjaan paling menyenangkan karena merupakan hobi yang dibayar.

6. Bisnis Jasa

Menyikapi tentang pertumbuhan masyarakat yang kian pesat serta dengan aneka kesibukannya, maka dengan hal ini dapat menumbuhkan beragam peluang usaha baru diantaranya adalah bidang jasa. Bisnis jasa yang dicari adalah yang cenderung untuk memudahkan berbagai aktivitas masyarakat.

Manfaatkan Kesempatan Sebaik Mungkin

Seperti yang sudah disebutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh dan berada di level kondusif. Karena itu, manfaatkan momen ini sebaik mungkin untuk mendirikan bisnis yang memiliki pasar bagus di tahun itu. Selama daya beli masyarakat masih tinggi, maka kemungkinan bisnis untuk berkembang juga ikut semakin besar. Jadi, mau mendirikan bisnis apa?

Baca Juga: 18 Peluang Bisnis yang Cocok Bagi Mahasiswa