Pikirkan Hal Berikut Sebelum Mengajukan Kartu Kredit Tambahan

Kartu Kredit Tambahan

Kartu kredit tambahan nampaknya semakin diminati nasabah karena dinilai manfaat pada kartu kredit akan berlipat seiring banyaknya kartu kredit yang dimiliki. Beberapa orang bahkan tidak perlu mengajukan permohonan ke bank terkait untuk mendapatkan kartu kredit tambahan. Sebaliknya, pihak banklah yang menawarkan pembuatan kartu kredit ekstra kepada nasabah.

Menentukan pilihan untuk memiliki kartu kredit tambahan itu tidaklah mudah. Meskipun terdapat beberapa kasus pihak bank memberi kartu kredit tambahan bagi nasabah. Itu hanya berlaku bagi nasabah yang selalu membayar lunas tagihannya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum mengajukan kartu kredit tambahan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Ada Biaya Ekstra

Salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan nasabah guna mendapatkan kartu kredit tambahan adalalah iuran tahunannya. Besar-kecilnya jumlah iuran tahunan kartu kredit bergantung dari jenis kartu kredit apa yang digunakan. Semakin besar limitnya, semakin besar pula biaya tahunannya. Oleh karena itu pertimbangkan secara matang sebelum mengajukan.

2Limit Kartu Kredit Tambahan

Banyak dari nasabah yang berpikir bahwa limit kartu kredit tambahan terpisah dari kartu kredit utama. Padahal, kartu kredit tambahan merupakan turunan dari kartu kredit utama. Itulah mengapa syarat terpenting yang harus dipenuhi nasabah untuk memperolehnya adalah dengan mendapatkan izin dari pihak bank terkait.

Meskipun tagihan antara kartu utama dan kartu kredit tambahan itu terpisah, limit kartu kredit tambahan terikat dengan kartu kredit utama. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik sebelum menghabiskan limit pada kartu kredit utama. Sering-seringlah mengecek limit pada kedua kartu agar tidak terjadi over limit.

3. Manfaat Kartu Kredit Tambahan

Biasanya pihak bank menawarkan berbagai keunggulan dari kepemilikan kartu kredit tambahan. Salah satu yang paling menarik adalah diskon dan promo barang-barang tertentu. Oleh karena itu, manfaatkan keunggulan tersebut sebaik-baiknya.

Kumpulkan informasi mengenai promo dan diskon yang didapatkan dari kartu kredit tambahan tersebut sebanyak mungkin. Semakin banyak informasi yang didapatkan, semakin banyak pula barang yang dapat kamu miliki dengan harga miring.

4. Kebutuhan Kartu Kredit Tambahan

kamu harus mempertimbangkan keputusan untuk memiliki kartu kredit tambahan dengan baik sebelum mengajukannya ke pihak bank. Hal ini menjadi penting karena kepemilikan kartu baru berarti menambah biaya tahunan dan suku bunga yang tidak bisa dibilang kecil.

Jika kamu tidak yakin dengan keputusan membuat kartu kredit tambahan, carilah solusi alternatif akan masalah yang dihadapi. Jangan sampai ketika membuat kartu kredit tambahan ternyata tidak ada memberikan manfaat atau keuntungan apapun bagi kehidupan finansial.

5. Tanggung Jawab bagi Pemegang Kartu Kredit Tambahan

Perlu diketahui bahwa seluruh tagihan dari kartu kredit tambahan akan dibebankan langsung kepada pemegang kartu kredit utama. Sehingga keterlambatan pelunasan yang dapat memicu bengkaknya tagihan akibat suku bunga yang cukup tinggi dan risiko penurunan credit score yang dapat menghilangkan kepercayaan bank harus dipertimbangkan dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan bahwa pemegang kartu kredit tambahan adalah seseorang yang dapat bertanggung jawab dengan fasilitas yang diberikan. Misalnya, anak atau istri. Jangan sampai penggunaan kartu kredit tambahan yang tidak dibutuhkan merusak manajemen finansial kamu yang sudah stabil.

6. Kemampuan Finansial

Kemampuan finansial adalah pertimbangan paling penting sebagai penentu kesanggupan kamu untuk memiliki kartu kredit tambahan. Jika membayar tagihan sendiri sudah dirasa sulit, jangan sekali-kali memikirkan untuk memiliki kartu kredit tambahan. Sebaliknya, jika dirasa mampu, silahkan mengajukannya.

Baca Juga: Waspadai 7 Dampak Negatif Kartu Kredit

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Tambahan

Syarat untuk Kartu Kredit Tambahan

Untuk mengajukan pembuatan kartu kredit tambahan, kamu dapat mengisi kolom “Kartu Tambahan” yang umumnya akan meminta untuk diisikan mengenai beberapa informasi dan data pribadi sebagai berikut:

  1. Nama lengkap,
  2. Tempat dan tanggal lahir,
  3. Nomor telepon/HP,
  4. Hubungan kamu dengan orang tersebut,
  5. Nama ibu kandung orang tersebut,
  6. Tanda tangan orang tersebut.

Baca Juga: Ini Cara Agar Kita Lepas Dari Kartu Kredit

Jangan Ajukan Kartu Kredit Hanya Karena Gengsi

Sekarang berapa kartu kredit yang kamu miliki? Apakah kartu kredit itu cukup atau memang harus ditambah? Pertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan kartu kredit tambahan. Jangan mengajukan hanya karena gengsi punya banyak kartu kredit. Hal tersebut tentu saja akan merugikan, mengingat kartu kredit sifatnya utang yang harus dibayarkan.

Baca Juga: 'Traveller' Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?