Pilih Beli Emas Kredit atau Tunai? Ini Plus Minusnya

Emas merupakan jenis logam mulia yang terbilang paling banyak dipilih sebagai investasi. Hal ini bahkan tidak hanya menjadi tren selama beberapa waktu belakangan ini saja, namun sejak zaman dahulu emas memang telah dikenal sebagai salah satu barang berharga yang layak dijadikan sebagai simbol kekayaan untuk menunjukkan status sosial seseorang.

Sebagaimana kita ketahui, emas memang menjadi bentuk investasi yang cukup mudah diuangkan, jika sewaktu-waktu dalam kondisi darurat pemiliknya membutuhkan sejumlah dana tunai. Bukan hanya itu saja, harga emas juga terbilang stabil dan bahkan cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, sehingga sebagian besar orang berpendapat bahwa berinvestasi dalam bentuk emas akan selalu menguntungkan.

Baca Juga : Penipuan Investasi Emas, Ini Modus dan Cara Menghindarinya

Perhiasan Emas atau Emas Batangan?

gold bar and jewelry

Emas Batangan dan Emas Perhiasan via 2.bp.blogspot.com

 

Di dalam perkembangannya, investasi emas tidak lagi hanya dilakukan dalam bentuk sejumlah perhiasan saja, sebab hal ini sudah mulai dianggap sedikit merepotkan dan mengandung sejumlah risiko keamanan. Sebagian besar orang mulai menggemari investasi emas dalam bentuk batangan, karena emas batangan dianggap memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan. Selain harganya jual kembalinya yang lebih stabil, emas batangan juga dianggap lebih mudah dan aman untuk disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

Selama belasan tahun terakhir, pemerintah memberikan kemudahan bagi masyarakat luas untuk bisa melakukan investasi dalam bentuk emas batangan. Melalui PT. Aneka Tambang (Antam), pemerintah menyediakan layanan penjualan dan juga pembelian kembali emas batangan mulai dari ukuran yang paling kecil, yakni 1 gram. Hal ini tentu mempermudah masyarakat dalam melakukan investasi dalam bentuk emas batangan, di mana investasi dapat dilakukan meski hanya dengan dana yang terbilang kecil sekalipun.

Bukan hanya melalui PT. Antam saja, emas batangan juga bisa dibeli di PT. Pegadaian, toko emas tertentu, dan bahkan beberapa bank yang memberikan layanan tersebut. Sebagian besar masyarakat justru memilih untuk membeli emas pada beberapa tempat tersebut, sebab mereka akan lebih mudah menjangkau tempat-tempat tersebut, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah.

Kredit atau Tunai?

membeli emas

Membeli Emas via www.hargaemas.com.my

 

Bagi yang memiliki sejumlah dana yang mencukupi, membeli sejumlah emas sekaligus dalam bentuk tunai tentu tidak akan menjadi masalah. Hal ini bahkan akan menguntungkan, sebab bisa saja nilai investasi tersebut akan mengalami kenaikan dalam kurun waktu yang singkat saja. Bagaimanapun juga, emas adalah salah satu bentuk investasi yang nilainya jarang mengalami penurunan, jadi tidak ada salahnya melakukan investasi emas dalam jumlah yang cukup besar sekalipun.

Melihat tingginya minat masyarakat terhadap investasi emas, membuat tempat-tempat penjualan emas juga memberikan layanan ekstra terkait dengan hal tersebut. PT. Pegadaian dan juga perbankan lainnya yang menyediakan layanan investasi emas batangan, memberikan layanan pembelian kredit terhadap logam mulia tersebut. Dengan begitu, siapa saja bisa berinvestasi dalam bentuk emas dengan mudah, bahkan PT. Pegadaian memberikan layanan ini dalam nilai cicilan yang cukup kecil.

Pembelian dalam bentuk kredit ini tentu akan sangat menggiurkan, terutama jika selama ini kita memang memiliki kendala dalam membeli sejumlah emas secara tunai karena harganya yang cukup tinggi. Namun meski demikian, hal tersebut tetap harus dipertimbangkan dengan matang, sebab selain kemudahan serta keuntungan tersebut pembelian dalam bentuk kredit juga akan dibarengi dengan sejumlah kerugian lainnya. Jangan sampai kita yang awalnya berniat untuk melakukan investasi, justru mengalami sejumlah kerugian dari kegiatan tersebut.

Simak beberapa keuntungan dan juga kerugian pembelian emas dalam bentuk kredit berikut ini sebagai bahan pertimbangan:

Keuntungan

keuntungan dan kerugian

Benefit and loss via shoppi.ng

 

  • Bisa dibeli Meski Hanya Memiliki Dana yang Kecil

Berbeda dengan pembelian secara tunai yang akan membutuhkan sejumlah dana yang terbilang besar, pembelian secara kredit justru bisa dilakukan dengan sejumlah dana yang terbatas, bahkan kita bisa menyesuaikan sejumlah cicilan tersebut dengan kemampuan keuangan kita sendiri. Hal ini akan sangat mempermudah kita dalam mengelola keuangan dan juga kebutuhan lainnya yang harus ditutupi secara rutin.

  • Bisa dijadikan Sebagai Jaminan

Ketika kita melakukan kredit emas di pegadaian dan sewaktu-waktu kita membutuhkan sejumlah dana darurat, maka emas tersebut bisa digadaikan meskipun cicilannya belum terlunasi seluruhnya. Pihak pegadaian akan menghitung besaran dana yang bisa kita dapatkan serta besaran cicilan yang baru yang akan kita bayarkan setiap bulannya.

  • Berada di Tempat yang Aman

Ini akan membuat kita merasa nyaman dan tidak khawatir akan beragam risiko kehilangan yang bisa saja terjadi kapanpun, sebab selama dalam masa kredit yang kita lakukan, emas tersebut akan disimpan oleh pihak pegadaian atau bank tempat kita membelinya.

Baca Juga : 5 Cara Investasi Emas Batangan Antam untuk Pemula

Kerugian

  • Dikenakan Biaya Tambahan

Pembelian emas dalam bentuk kredit, akan dikenakan sejumlah biaya tambahan, yang tentu saja akan disesuaikan dengan ketentuan di mana kita membeli emas tersebut. Sebagaimana pembelian kredit lainnya, biaya ini biasanya berbentuk biaya administrasi, biaya bunga, serta biaya lainnya yang dipungut oleh pihak pemberi kredit.

  • Risiko Fluktuasi

Kenaikan dan penurunan harga emas tentu saja bisa terjadi sewaktu-waktu, termasuk selama kita melakukan pencicilan emas dalam bentuk kredit tersebut. Bisa saja kita mencicilnya ketika harga emas sedang tinggi dan saat kita selesai melunasinya mungkin saja harganya sedang merosot di pasaran.

  • Emas Ditahan

Selama masa cicilan tersebut berlangsung, maka emas akan berada di tangan pihak pegadaian atau bank. Ini akan berlangsung sampai kita bisa melunasi seluruh cicilan emas tersebut.

  • Risiko Gagal Bayar

Dalam pembelian emas secara kredit, kita tentu akan memiliki risiko gagal bayar terhadap cicilan tersebut yang mungkin saja akan membuat kita menunggak sejumlah cicilan dan gagal melakukan pelunasan. Jika hal ini sampai terjadi, maka pihak pegadaian atau bank akan melakukan penyitaan yang dilanjutkan dengan pelelangan untuk melunasi sejumlah cicilan hutang tersebut.  

Pertimbangkan yang Paling Tepat

Emas menjadi salah satu primadona investasi. Hal ini bahkan dipilih oleh sebagian besar masyarakat, bahkan mereka yang memiliki sejumlah dana yang besar sekalipun. Harganya yang terbilang tinggi membuat sebagian orang memilih untuk membeli emas secara kredit, tentu hal ini akan dibarengi dengan sejumlah cicilan bulanan serta biaya lainnya. Baik pembelian emas secara tunai ataupun kredit, akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk itu akan sangat tepat jika mempertimbangkan dan memilih jenis pembelian yang paling tepat bagi keuangan kita pribadi.

Baca Juga : 3 Fakta Mengejutkan Seputar Investasi Emas