Pilih Mana, KTA Konvensional atau KTA Online?

Perkembangan dunia perbankan di Indonesia yang demikian pesat, menjadikan beragam tawaran produk perbankan yang ditawarkan tak jarang cukup menggiurkan bagi banyak orang. Dari beragam tawaran produk yang dikeluarkan oleh perbankan, produk berupa pinjaman atau kredit menjadi salah satu bentuk pilihan yang paling dibutuhkan.

Salah satu jenis kredit yang lagi booming adalah model Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Tawaran kemudahan proses, tidak adanya agunan dan besarnya plafond menjadi gimmick marketing yang banyak menggoda nasabah baru maupun lama. Kredit Tanpa Agunan lazim dipilih sebagai bentuk kredit karena beragam alasan, antara lain;

  • Plafon pinjaman bahkan bisa mencapai Rp 200 juta
  • Bunga bersaing, bahkan tergolong relatif rendah mulai dari 0,99 % sampai 2%
  • Tenor fleksibel hingga 3 tahun sehingga meringankan angsuran
  • Pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memungkinkan untuk melapor jika merasa dirugikan sehingga nasabah merasa nyaman dalam menggunakan produk ini

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, selain model Kredit Tanpa Agunan Konvensional yang biasa dikeluarkan oleh pihak bank, kini ada juga model pinjaman Kredit Tanpa Agunan Online yang dimunculkan sebagai salah satu bentuk inovasi produk perbankan lainnya.

Mengenal Keuntungan dan Resiko Menggunakan Produk KTA Online

Ajukan Pinjaman Online

Mengajukan Pinjaman Online via mortgagesweb.info 

KTA Online sangat praktis dalam hal pengajuan dan persetujuan. Produk ini seolah mampu menjawab kebutuhan mobilitas di jaman digital yang tidak terikat waktu dan tempat. Selain itu ada berbagai macam keuntungan lain dari KTA Online ini diantaranya adalah:

  • Proses pengajuan kredit yang relatif cepat, kurang dari 1 minggu
  • Syarat dan dokumen ringan
  • Tidak memerlukan kartu kredit
  • Gaji calon kreditur, minimal Rp 1 juta per bulan
  • Tidak ada biaya atau penalti jika pelunasan dipercepat
  • Biaya administrasi dibagi rata selama jangka waktu pinjaman
  • Tenor fleksibel mulai dari 6 hingga 1 tahun
  • Pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK

Kerugian Menggunakan KTA Konvensional dan KTA Online

Setiap produk pasti mempunyai sisi positif dan negatif. Selain keuntungan di atas KTA baik Online maupun konvensional juga mempunyai kelemahan. Beberapa diantaranya seperti uraian berikut ini:

Pinjaman Secara Konvesional

Pinjaman Secara Konvensional via homeinsureloan.com  

Berikut ini adalah kerugian jika kita mengajukan KTA melalui sistem Konvensional:

  • Pemrosesan aplikasi tergolong lama antara 1 – 2 minggu
  • Dokumen yang diperlukan relatif banyak (NPWP, slip gaji, dan sebagainya)
  • Harus memiliki kartu kredit aktif minimal 1 tahun
  • Ada denda keterlambatan
  • Ada biaya administrasi
  • Tidak ada asuransi
  • Ada penalty/biaya jika pelunasan dipercepat

Sedangkan kerugian dari model KTA Online adalah;

  • Plafon pinjaman maksimal hanya Rp 10 juta
  • Area operasional masih terbatas di Pulau Jawa
  • Ada biaya keterlambatan per hari
  • Tidak ada asuransi

Beragam keuntungan maupun kerugian dari kedua bentuk sistem KTA tadi tidak lain menjadi bagian dari kelemahan maupun kekuatan sistem perbankan itu sendiri. Paling utama dan harus kita perhatikan adalah hal-hal yang menyangkut penilaian personal, kebutuhan serta kemampuan kita dalam melakukan cicilan Andai kata benar terjadi pencairan uang.

Lebih jauh lagi, baik kita akan mengambil KTA Online maupun Konvensional, kita tetap perlu untuk merancang dengan tepat hal-hal terkait dengan penggunaan pinjaman yang ada. Terutama terkait dengan model KTA Konvensional yang terkait dengan sistem bunga atau rate flat yang berlaku.

Ini penting karena perubahan besaran suku bunga yang tiba-tiba berubah bisa saja mempengaruhi nilai kewajiban Anda membayar cicilan KTA dan menjadi sangat besar dibanding pokok hutang.

Pastikan juga bahwa Anda mampu membayar angsuran tepat waktu karena jika mengalami gagal bayar, maka sangat mungkin Anda masuk dalam black list perbankan.

Baca Juga : Cara Menghitung Cicilan Kredit Tanpa Agunan Anda

Bijaksana, Ukur Kemampuan dan Pastikan Pilihan Anda

  Jenis pinjaman

Pilih Jenis Pinjaman dan Sesuaikan Dengan Kemampuan Anda via taishaaccountingservices.com.ng 

“Perbankan hadir sebagai solusi keuangan yang efektif dan inovatif”, demikian seharusnya dunia perbankan dijalankan untuk melayani masyarakat dalam memecahkan kerumitan ekonomi dan finansial.

Produk perbankan yaitu pinjaman, secara tematik dan minimal dihadirkan sebagai solusi bagi sebagian besar masyarakat yang mengalami kesulitan pendanaan.

Idealnya pinjaman dari bank diperlukan dan diajukan sebagai bagian dari permodalan, terkait dengan kebutuhan-kebutuhan untuk memperbesar atau memperluas usaha. Namun pada perkembangannya, banyak orang yang meminjam kepada bank untuk kebutuhan-kebutuhan yang bersifat konsumtif.

Tips Menggunakan Produk KTA Konvensional dan Online

Tips Menggunakan Pinjaman

 

Tips Menggunakan Pinjaman via cdn-ds.kilatstorage.com

Pada dasarnya, KTA Konvensional dan Online memang tidak membutuhkan jaminan seperti misalnya, surat-surat tanah dan atau sertifikat berharga atau BPKB motor atau mobil seperti layaknya produk pinjaman lainnya.

Tetapi pada proses dan mekanisme pinjaman pihak perbankan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menganalisa berdasarkan perilaku Anda dalam menggunakan kartu kredit. Dengan kata lain jaminan atau agunan yang dibutuhkan adalah data-data yang terkait dengan penggunaan kartu kredit yang Anda miliki.

Sekedar sebagai tambahan informasi dalam proses pencairan KTA Anda perlu untuk memahami beberapa hal berikut;

  • Manfaatkan beberapa kali pagu kartu kredit mendekati limit. Hal ini akan menjadi penentu besarnya nilai pencairan pinjaman tanpa agunan yang Anda ajukan. Pemakaian kartu yang hanya memanfaatkan sebagian kecil pagu akan berakibat kecilnya nilai cair.
  • Hindari mengalami “cacat/gagal bayar” atas tagihan kartu kredit Anda. Semakin sering Anda menunggak tagihan kartu kredit Anda, semakin besar kemungkinan penolakan dari pihak bank.
  • Sebaiknya ajukan pinjaman tanpa agunan ini jika credit card Anda telah berumur minimal 1 tahun.
  • Pastikan data diri dan kemudahan Anda untuk dihubungi.
  • Sebaiknya rekening pencairan juga berumur satu tahun.
  • Periksa saldo tabungan Anda, semakin besar saldo tabungan Anda semakin besar kemungkinan KTA Anda disetujui

Khusus KTA Online, salah satu yang utama harus diperhatikan dalam proses pengambilan KTA Online adalah bahwa besaran yang mungkin cair memiliki flat atau jumlah pencairan yang tidak terlalu besar (sekitar 10 juta rupiah).

Ini mungkin menguntungkan dari segi kemudahan Anda menjalani masa angsuran yang tentu tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan KTA konvensional. Tetapi harus tetap dihitung kecukupan jumlah pinjaman Anda jika dibandingkan dengan kebutuhan yang harus dicover.

Baca Juga : Mau Ajukan KTA? Ini Perbedaan Syarat Karyawan dan Wiraswasta

Apapun Jenis KTA yang Anda ambil, Pastikan sesuai dengan Kebutuhan Anda

KTA memang bisa jadi solusi darurat saat Anda butuh dana segera. Bagaimanapun setiap solusi keuangan dan produk perbankan tentu memiliki celah yang harus disikapi dengan bijaksana. Pastikan dan pahami untung-rugi, mekanisme dan sistemnya sebelum Anda memutuskan.

Baca Juga : Lagi cari Pinjaman KTA? Pilih-Pilih Dahulu!