Pilih Pesta Pernikahan Sederhana atau Mewah? Simak 4 Pertimbangan ini!

Menikah dan mengadakan pesta merupakan hal yang lazim dilakukan baik dalam skala mewah atau sederhana yang terpenting pesta pernikahan menjadi momen berbagi kebahagiaan pasangan pengantin dengan keluarga dan para sahabat. Jika Anda dan pasangan telah memiliki rencana untuk menikah, maka sudah bisa dipastikan sudah mulai sibuk memikirkan hal ini.

Sekarang ini, ada banyak konsep pesta pernikahan yang bisa dipilih mulai dari memakai adat, modern, indoor, outdoor dan sebagainya, sehingga momen bahagia ini akan menjadi sesuatu yang istimewa. Namun apapun konsep yang dipilih, tentunya akan membutuhkan sejumlah biaya yang tidak sedikit harus dikeluarkan. Maka sangat penting untuk mempersiapkannya sejak awal.

Tidak dapat dipungkiri, pastinya setiap pasangan calon pengantin akan mengalami kebingungan dalam memilih konsep pesta mewah atau sederhana.

Banyak pasangan yang rela menunda pernikahannya dan mengumpulkan sejumlah dana besar terlebih dahulu agar bisa menggelar pesta pernikahan yang mewah dan besar. Disisi lain, ada juga pasangan yang justru memilih konsep pesta sederhana yang bisa menekan biaya pernikahan. Lalu, pesta seperti apa yang akan menjadi pilihan Anda bersama pasangan?

Bagi calon pengantin yang masih bingung dalam menentukan pesta mewah atau sederhana, sebaiknya simak empat pertimbangan berikut ini:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Bagaimana Kondisi Keuangan

kondisi keuangan
Bagaimana kondisi keuangan

Pesta pernikahan mewah ataupun sederhana yang akan digelar tentu akan membutuhkan sejumlah biaya. Namun, sebagai pasangan janganlah menuruti ego masing-masing dalam menentukan konsep pernikahan. Pastikan melihat kondisi dan kemampuan keuangan terlebih dahulu baik dari Anda dan pasangan.

Hal ini sangat penting, mengingat setelah pernikahan nanti masih memiliki banyak kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi. Misalnya saja, kebutuhan bulanan, bayar cicilan dan sebagainya.

Baca Juga: Meski Sederhana, Lakukan Ini Agar Pernikahan Anda Selalu Terkenang

2. Dengar Saran dari Keluarga

orang tua
Dengar saran dari keluarga

Dalam mempersiapkan rencana pernikahan, meminta saran dari keluarga sangat diperlukan. Anda dan pasangan bisa mendiskusikannya dengan pihak keluarga masing-masing terutama orang tua, sehingga memiliki gambaran yang lebih jelas terkait dengan konsep pesta pernikahan yang akan digelar.

Bukan hanya itu saja, kemungkinan besar pihak keluarga juga akan membantu merancang pernikahan mulai dari nol hingga acara pernikahan berlangsung.

3. Lihat Prioritas Bersama Pasangan

prioritas
Lihat prioritas bersama pasangan

Merayakan pernikahan bersama dengan keluarga besar dan para sahabat memang akan menjadi momen bahagia dan istimewa di dalam hidup. Namun hal ini juga harus dengan penuh pertimbangan dan juga perhitungan.

Lihat kembali prioritas Anda bersama pasangan setelah menikah nanti, apakah memiliki rencana penting lainnya yang membutuhkan dana besar, misalnya saja membeli rumah, kendaraan melanjutkan kuliah, atau bahkan melakukan investasi. Sesuaikan kembali prioritas dengan kondisi keuangan serta budget pernikahan.

Baca Juga: Mau Nikah? Ini Tempat Pernikahan Termurah di Jakarta

4. Bandingkan Beberapa Konsep

  ide
Bandingkan beberapa konsep, temukan ide

Sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih antara pesta pernikahan mewah atau sederhana, tidak ada salahnya untuk melihat beberapa konsep pernikahan terlebih dahulu. Cobalah mengingat-ingat kembali pernikahan teman atau kerabat, sehingga bisa memiliki beberapa gambaran pesta pernikahan sebagai pertimbangan.

Temukan ide-ide yang menarik untuk menentukan konsep pernikahan yang unik tapi sesuai dengan kondisi keuangan. Jika perlu, meminta saran dari para sahabat yang sudah menikah juga akan sangat membantu.

Pilih Konsep Sesuai dengan Kemampuan

Pernikahan sederhana ataupun yang mewah tentu sama-sama menarik, asalkan bisa mengemasnya dengan cara yang tepat. Ini kembali lagi dengan keputusan bersama pasangan. Intinya pilihlah konsep pernikahan yang memang sesuai dengan kemampuan. Agar lebih mudah, sekarang ini banyak wedding planner yang siap membantu Anda dalam merencanakan pesta pernikahan sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: Tips Hemat Wujudkan Resepsi Pernikahan Impian