Pilih Sekolah Terbaik untuk Si Kecil, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Pendidikan si kecil tentu menjadi hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Sebab ini akan menjadi bekal bagi masa depannya kelak. Memberikan pendidikan terbaik adalah impian kebanyakan orang tua. Barangkali Anda salah satunya. Bagaimanapun juga kualitas sekolah yang akan dimasuki si kecil patut menjadi perhatian khusus bagi Anda, bukan?

Tidak hanya belajar semata, sekolah juga akan menjadi tempat bersosialisasi bagi anak Anda. Anak akan menghabiskan banyak waktunya di sekolah, termasuk pada usia emasnya di mana pertumbuhan dan perkembangannya sedang dalam masa terbaik.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sangat penting untuk menemukan sekolah yang paling tepat dan sesuai bagi anak. Pemilihan sekolah yang tepat diharapkan bisa membuat anak belajar dan bersosialisasi dengan baik sehingga anak memiliki kecerdasan yang baik dan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhannya.

Selain kualitas pendidikan sekolah itu sendiri, berbagai hal penting lainnya juga wajib diketahui sebelum akhirnya Anda memilih sekolah untuk si kecil. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diketahui dalam memilih sekolah untuk si kecil.

Baca Juga: Khusus Para Orangtua, Siapkan Dana Pendidikan Anak melalui Asuransi Pendidikan

1. Metode Belajar yang Diterapkan

Metode Belajar Anak
Ketahui Bagaimana Metode Belajar yang Digunakan di Sekolah Saat Memilih Sekolah

Metode belajar di satu sekolah dengan sekolah lainnya sangat mungkin berbeda. Hal ini patut diketahui Anda sebagai orang tua, terutama jika berniat untuk menyekolahkan si kecil di sekolah swasta. Bukan hanya itu, beberapa metode belajar tambahan sangat mungkin diterapkan pihak sekolah.

Bahkan, bisa saja metode belajarnya diadopsi dari luar negeri. Pastikan Anda mengetahui dengan rinci tentang metode belajar yang diterapkan tersebut agar bisa mempertimbangkan kesesuaiannya dengan anak Anda.

2. Jenis Sekolah yang Tepat

Di Indonesia, ada banyak pilihan jenis sekolah yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, seperti sekolah negeri, sekolah swasta, homeschooling, sekolah internasional, dan yang lainnya. Mulailah mencari informasi yang lengkap terkait jenis sekolah-sekolah ini, termasuk berbagai poin yang Anda anggap penting sebagai pertimbangan. Hal ini akan membantu Anda lebih kenal dan paham sehingga bisa memilih salah satu yang paling tepat bagi anak.

3. Kesesuaian dengan Sifat Anak

Masih terkait dengan poin di atas, Anda juga wajib tahu bagaimana kesesuaian antara sifat anak dan sekolah yang akan dipilih nanti. Jangan sampai Anda memilih jenis sekolah yang bertolak belakang dengan sifat anak Anda. Sebab hal ini bisa saja membuatnya tidak betah dan malas bersekolah. Jam belajar yang diterapkan juga wajib Anda cermati sejak awal agar Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi dan minat si kecil.

4. Bagaimana Jarak dari Rumah ke Sekolah?

Sekolah yang terlalu jauh dari rumah akan terasa merepotkan, terutama jika si kecil baru akan masuk TK atau SD. Bukan hanya menghabiskan waktu yang panjang di jalan, hal ini juga bisa membuat anak merasa kelelahan.

Anak bisa saja lelah saat tiba di sekolah dan tidak memiliki semangat belajar yang tinggi. Begitu juga saat telah pulang sekolah dan tiba di rumah. Jangankan belajar dan bermain, bisa saja anak akan lesu dan hanya banyak diam setelah kembali dari sekolahnya.

5. Apa Bahasa Pengantar yang Digunakan?

Bahasa Pengantar Sekolah
Apa Bahasa Pengantar yang Digunakan? Itu Juga Perlu Diketahui Orang Tua

Sebagian besar orang tua tentu akan senang jika melihat anaknya memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, bahkan meski anak mereka baru akan menginjak usia prasekolah. Hal inilah yang perlu diketahui orang tua ketika akan memasukkan anak ke sekolah. Apakah sekolah tersebut menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantarnya atau tidak? Setidaknya, kombinasi bahasa Indonesia dengan bahasa asing sudah cukup bagus.

Namun, sangat penting untuk melihat kemampuan dasar anak dalam berbahasa. Sebab hal ini akan sangat memengaruhi kemampuan belajarnya di sekolah. Jangan sampai anak mengalami kendala dalam belajar hanya karena Anda memasukkannya ke sekolah dengan bahasa pengantar yang sulit dikuasainya dengan baik.

6. Kondisi dan Lingkungan Sekolah

Anak akan menghabiskan waktu yang panjang di sekolah sehingga penting bagi Anda untuk memilih sekolah dengan lingkungan yang nyaman dan aman untuknya. Bukan hanya itu saja, kebersihan lingkungan sekolah dan fasilitas di dalamnya juga patut Anda cermati dengan baik. Hal ini bukan hanya akan memengaruhi kualitas belajar si kecil saja, tetapi juga kesehatannya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

7. Prestasi dan Pencapaian

Anda tentu menginginkan sekolah terbaik bagi si kecil, baik itu dari segi kualitas pendidikan maupun pencapaian di sekolah selama menjalani pendidikan. Pertimbangkan prestasi apa saja yang telah diraih sekolah tersebut, baik itu di bidang akademik maupun yang lainnya semisal dalam kegiatan ekstrakurikuler.

8. Kemampuan Tenaga Pengajar

Sekolah terbaik tentu akan memiliki tenaga pengajar berkualitas baik pula di mana guru-guru ini memiliki kemampuan akademik yang memadai. Tidak hanya dalam mengajar saja, tetapi kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi juga akan sangat perlu ada dalam seorang guru. Mengingat guru akan menangani banyak siswa sekaligus dalam kelasnya. Hal ini wajib Anda cermati dengan baik karena akan sangat menentukan kualitas belajar si kecil selama di sekolah nanti.

9. Reputasi Sekolah

Reputasi Sekolah
Bagaimana Reputasi Sekolah Tersebut? Ini Juga Penting Diketahui

Sejumlah sekolah favorit akan menjadi idaman banyak orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Selain prestasi akademik, reputasi sekolah tersebut juga patut Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Bagaimana pun juga Anda tentu tidak ingin menyekolahkan si kecil di sekolah yang juara tawuran, bukan?

10. Pertimbangkan Pilihan Anak

Bagaimana pun juga pertimbangkan pilihan Anda. Artinya, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan pilihannya. Dengarkan keinginan anak dan berdiskusilah dengannya agar Anda bisa memiliki gambaran sekolah yang paling tepat untuknya. Selain itu, Anda juga bisa membawanya ke sekolah yang dianggap tepat dan mendengarkan pendapat dan pilihannya.

11. Biaya Sekolah

Setiap sekolah akan menerapkan besaran biaya yang berbeda-beda dan ini wajib menjadi pertimbangan Anda. Hitung semua biaya yang harus dibayarkan untuk sekolah si kecil dan jangan lupa untuk melakukan perbandingan antara satu sekolah dan sekolah lainnya supaya Anda bisa menemukan yang paling sesuai dengan keuangan.

12. Kemampuan Keuangan

Jika telah memiliki estimasi biaya sekolah si kecil, jangan lupa untuk melihat kemampuan keuangan Anda. Sekolah tidak selesai dalam satu atau dua tahun saja. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menyesuaikan kemampuan keuangan Anda dan mempersiapkan biaya sekolah hingga si kecil menyelesaikan jenjang sekolah tertingginya kelak. Hitung dan rencanakan dengan baik supaya Anda bisa menyekolahkan si kecil hingga ke bangku kuliah nanti.

Baca Juga: Cara Cermat Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Kumpulkan Informasi Sejak Awal dan Pertimbangkan dengan Matang

Pendidikan si kecil merupakan salah satu hal terpenting yang harus Anda siapkan dengan baik. Untuk memilih sekolah terbaik, kumpulkan informasi yang akurat sejak awal dan pertimbangkan poin-poin penting di atas terkait dengan hal tersebut.

Pastikan Anda menyediakan waktu dan perhatian khusus untuk hal ini. Dengan begitu, si kecil bisa mendapatkan pendidikan terbaik di sekolah yang paling tepat.

Baca Juga: Nasib Asuransi Pendidikan Seandainya Anak Meninggal